sign up SIGN UP

3 Risiko Menggunakan WhatsApp Mod, Salah Satunya Mengancam Data Privasi Kamu!

Meydiana Adinda | Sabtu, 21 Aug 2021 08:00 WIB
3 Risiko Menggunakan WhatsApp Mod, Salah Satunya Mengancam Data Privasi Kamu!
caption

WhatsApp Mod (WhatsApp Modifikasi) adalah aplikasi modifikasi dari WhatsApp yang memiliki beragam fitur dan fungsi tambahan yang tidak bisa ditemui di aplikasi WhatsApp itu sendiri. GB WhatsApp, WhatsApp Gold, JT WhatsApp, NS WhatsApp, Yo WhatsApp, dan WhatsApp Plus adalah beberapa contoh aplikasi modifikasi WhatsApp.

Penggunaan aplikasi modifikasi ini kian hari kian meningkat lantaran menawarkan beragam fitur unik, seperti dapat mengubah tema dan ikon, menghilangkan status “sedang mengetik”, menghilangkan centang dua, membaca pesan yang sudah dihapus, mengganti gaya huruf, dan masih banyak lagi. Padahal aplikasi ini tidak resmi dikeluarkan oleh WhatsApp sehingga tidak bisa kamu temukan di Playstore.

Karena bersifat tidak resmi, aplikasi modifikasi ini tentu sebaiknya kamu hindari, Beauties. Pasalnya, ada banyak risiko berbahaya yang dapat muncul jika menggunakan aplikasi modifikasi ini. Untuk lebih lengkapnya mengenai bahaya WhatsApp Mod, simak penjelasan berikut ini!

1. Privasimu Tidak Aman

Bahaya WhatsApp Mod
Percapakan di WhatsApp Lebih Aman/foto: freepik.com/freepik

WhatsApp Mod bukanlah aplikasi resmi yang dapat menjamin keamanan percakapanmu, Beauties. Tidak ada jaminan pesan ini terenkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption) seperti aplikasi WhatsApp resmi.

Dilansir dari Techidence, pesan yang dikirim melalui WhatsApp Mod berisiko melewati server pihak ketiga sebelum mencapai penerima. Hal ini dapat membahayakan keamanan atau bahkan menyebabkan kebocoran informasi pribadimu, lho.

Bayangkan saja, ada orang ketiga yang bisa melihat pesanmu dengan orang-orang sekitarmu. Tentu ini berisiko memberikan informasi pada mereka tentang privasi, baik itu tentang pekerjaan, alamat, bahkan hingga sandi akunmu. Sebaliknya, WhatsApp resmi menawarkan keamanan pesan dengan enkripsi sehingga pesanmu disimpan di server yang tidak bisa diintip siapapun, termasuk pihak WhatsApp.

2. Rentan terhadap Malware/Spyware

Bahaya WhatsApp Mod
WhatsApp Mod membawa virus/foto: freepik.com/rawpixel.com

Aplikasi WhatsApp Mod rentan membawa virus seperti Malware dan Spyware ke dalam perangkatmu karena WhatsApp Mod di-hosting dari server tidak resmi yang kurang aman. Hal ini tentu dapat membahayakan data yang tersimpan dalam ponselmu.

Apalagi, saat mengunduh aplikasi, kamu mengizinkan aplikasi ini untuk mengakses kamera dan mikrofon pada ponselmu. Sehingga ada kemungkinan kamu juga mungkin mengizinkan mereka untuk melihat dan mengakses sumber daya perangkat tanpa sepengetahuanmu.

3. Rentan Diblokir

Bahaya WhatsApp Mod
Tidak Bisa Menggunakan WhatsApp/foto: pexels.com/torstendettlaff

Pihak aplikasi WhatsApp tentu menyadari penggunaan aplikasi modifikasi ini sehingga berupaya untuk membatasi penggunaannya. Hal ini dikarenakan pihak WhatsApp tidak bisa menjamin keamanan dari aplikasi modifikasi tersebut.

Jika kamu terus menggunakannya, WhatsApp tidak segan untuk memblokirmu dari penggunaan aplikasi WhatsApp, lho. Selama diblokir kamu tidak akan bisa berkomunikasi lewat WhatsApp sehingga akan menyulitkanmu.

Melihat risiko di atas, ada baiknya kamu menghindari penggunaan WhatsApp Mod, Beauties. Jika kamu sudah terlanjur menggunakan WhatsApp Mod, maka segeralah beralih ke aplikasi resmi sebelum akunmu diblokir oleh pihak WhatsApp. Jika sudah diblokir, kamu berisiko tidak akan bisa beralih ke WhatsApp resmi hingga masa pemblokiran berakhir.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id