sign up SIGN UP

LIFE

Akun Whatsapp Kena Hack? Ikuti Cara Ini Untuk Mengembalikan Akunmu!

Cynthia Claudia | Kamis, 22 Jul 2021 09:30 WIB
Akun Whatsapp Kena Hack? Ikuti Cara Ini Untuk Mengembalikan Akunmu!
Whatsapp/ Foto: Pexels/ Tracy Le Branc

Perkembangan teknologi di era digital membuka kesempatan yang lebih luas bagi oknum penipuan. Terutama di masa sekarang di mana masyarakat menggunakan media sosial, khususnya whatsapp untuk berkomunikasi dengan sesama.

Hal ini dijadikan kesempatan bagi kaum hacker untuk meretas akun whatsapp seseorang demi mendapatkan informasi yang bermanfaat, entah informasi mengenai rekening bank, kartu kredit, ataupun yang lainnya. Namun, jangan khawatir beauties! Ketika kena hack whatsapp, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk mengembalikan akun whatsappmu:

1. Uninstall Whatsapp yang Telah Dihack

Whatsapp
Whatsapp/ Foto: Pexels/Anton

Untuk mengembalikan akun whatsappmu, kamu disarankan untuk uninstall dan install ulang aplikasi whatsapp. Upaya ini dilakukan untuk mendapatkan kembali akunmu sehingga nggak bisa diakses kembali oleh hacker. Kamu hanya tinggal login ke whatsapp yang baru terinstall dan masukan kode OTP yang dikirimkan ke no. HPmu. Jika memang diminta, kamu bisa memasukkan pin verifikasi yang telah dibuat sebelumnya untuk login ke dalam whatsapp.

Karena whatsapp hanya bisa diakses oleh satu akun saja, maka upaya ini akan menyebabkan akun yang digunakan oleh hacker keluar dengan sendirinya dari HP mereka.

2. Membuat Laporan ke Pihak Whatsapp Jika Cara Sebelumnya Tidak Berhasil

Ilustrasi menelpon menggunakan whatsapp
Ilustrasi menelpon menggunakan whatsapp/ Foto: Pexels/Cottonbro

Ketika cara sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa menghubungi pihak whatsapp dan membuat laporan hack WA untuk mencari solusinya. Bisa saja hacker cukup lihai sehingga kamu tidak bisa mengambil kembali akunmu meskipun telah menggunakan cara sebelumnya.

Dengan memberikan laporan ke pihak whatsapp, mereka akan memahami bahwa akunmu berada pada pihak yang tidak benar. Kamu bisa mengirimkan laporan melalui email yaitu [email protected]. Laporan ini harus berisi berita kehilangan dan pastikan kamu mencantumkan ‘lost/stolen’ di subject email yang hendak kamu kirimkan.

Isi emailmu bisa berupa menceritakan apa yang terjadi pada akun whatsappmu dan kamu ingin request agar akunmu segera dinonaktifkan. Penting untuk menulis laporan dalam Bahasa Inggris agar laporanmu diproses dengan cepat oleh pihak whatsapp.

Menonaktifkan akun whatsapp berarti menghapusnya. Dengan begitu, tidak ada siapa pun yang bisa mengakses akun tersebut lagi. Cara ini memang lebih aman dibandingkan kalau akunmu masih bisa diakses pihak yang tidak benar meskipun kamu sudah tidak bisa mengaksesnya lagi. Kamu masih bisa membuat akun whatsapp yang baru di kemudian hari.

3. Aktifkan Whatsappmu Kembali dengan Email yang Berbeda

Whatsapp
Whatsapp/ Foto: Pexels/ Alok Sharma

Setelah akun yang lama dinonaktifkan, kamu bisa mengaktifkan kembali akun whatsapp yang baru dalam nomor HP yang sama tetapi pastikan menggunakan email yang berbeda. Untuk pendaftaran email yang berbeda pun bisa dilakukan dengan cara menghubungi whatsapp melalui email yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati; pernyataan ini sudah sering kita dengarkan di mana-mana. Dalam arti sebaiknya kita lebih baik melindungi diri dari hacker dengan melakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah hack wa yang marak terjadi sekarang:

  • Mengaktifkan fitur two-step verification dalam settings agar lebih aman karena mengharuskan kita memasukan 6-digit PIN ketika log in ke akun whatsapp.
  • Ingat untuk log out akun whatsappmu setiap kali kamu mengakses whatsapp lewat web.
  • Hindari membuka link yang mencurigakan ketika dikirimkan via whatsapp, karena berpotensi menjadi link berbahaya yang sumbernya dari hacker.
  • Hindari membuka whatsapp menggunakan wi-fi publik yang tidak dikenal.
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id