sign up SIGN UP

LIFE

4 Posisi Tidur Terbaik yang Akan Membuat Tidur Nyenyak

Intan Dwi | Senin, 16 Nov 2020 21:15 WIB
4 Posisi Tidur Terbaik yang Akan Membuat Tidur Nyenyak
caption
Jakarta -

Tidur menjadi salah satu hal yang sangat penting dan berharga dalam hidup kita, karena kamu bisa istirahat setelah melakukan aktivitas seharian. Meskipun terkadang kita tidak mendapatkan waktu tidur selama delapan jam, tapi mendapatkan tidur yang nyenyak sudah lebih dari cukup.

Posisi tidur kamu berperan besar dalam kualitas tidur, yang berarti kamu harus mengubahnya untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Beda posisi tidur berbeda pula dengan manfaat yang akan didapatkan. Berikut ini adaa empat posisi tidur terbaik yang bisa membuat tidur kamu pulas.

Posisi Fetal

Tidur dengan posisi fetal menjadi posisi tidur yang paling populer, selain nyaman posisi ini juga memiliki banyak manfaat.
Posisi Fetal/worldoffemale.com

Tidur dengan posisi fetal menjadi posisi tidur yang paling populer, selain nyaman posisi ini juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bagus untuk nyeri punggung bawah, posisi ini sangat bagus untuk wanita hamil karena meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dan janin serta mencegah rahim menekan hati.

Tidur dalam posisi fetal dapat mengurangi dengkuran. Selalu pastikan postur tubuh kamu relatif longgar, agar tidur tetap nyaman dan tidak membatasi pernapasan dalam saat tidur.

Menyamping

Posisi ini juga membantu mengurangi refluks asam lambung dan membantu membuka saluran udara untuk memungkinkan aliran udara yang stabil ke paru-paru.
Menyamping/freepik.com

Tidur menyamping merupakan posisi paling umum untuk orang dewasa. Posisi ini juga membantu mengurangi refluks asam lambung dan membantu membuka saluran udara untuk memungkinkan aliran udara yang stabil ke paru-paru. Dengan posisi ini tulang belakang kamu memanjang sehingga mencegah sakit punggung dan leher.

Karena saluran udara tetap terbuka saat tidur kamu cenderung tidak mendengkur. Oleh karena itu, ini menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang mengalami apnea tidur.

Telentang

Posisi tidur telentang memiliki manfaat kesehatan yang paling banyak, selain melindungi tulang belakang dengan posisi ini juga bisa membantu meredakan nyeri pinggang dan lutut.
Telentang/freepik.com

Posisi tidur telentang memiliki manfaat kesehatan yang paling banyak, selain melindungi tulang belakang dengan posisi ini juga bisa membantu meredakan nyeri pinggang dan lutut.

Saat tidur telentang memungkinkan kepala, leher dan tulang belakang beristirahat dalam posisi netral. Artinya, tidak ada tekanan ekstra pada area tersebut sehingga cenderung tidak mengalami rasa sakit.

Tidur menghadap ke langit-langit juga ideal untuk menangkal refluks asam lambung. Selalu pastikan untuk menggunakan bantal yang cukup mengangkat dan menopang kepala kamu.

Tengkurap

. Meskipun posisi ini bagus untuk meredakan dengkuran atau sleep anea, tetapi buruk untuk hal lainnya.
Tengkurap/freepik.com

Terakhir ada posisi tengkurap yang menjadi daftar posisi tidur terbawah. Meskipun posisi ini bagus untuk meredakan dengkuran atau sleep anea, tetapi buruk untuk hal lainnya.

Tidak seperti posisi tidur lainnya, tengkurap tidak memiliki banyak manfaat yang baik. Karena dengan posisi ini akan menyebabkan sakit punggung dan leher karena sulit menjaga tulang belakang tetap netral.

Selain itu, orang yang tidur dengan posisi ini dapat memberikan tekanan pada otot dan persendian mereka. Hal ini dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, nyeri dan saraf yang teriritasi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id