sign up SIGN UP

LIFE

Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah

Astari Dewi Larasati | Minggu, 15 Nov 2020 17:25 WIB
Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah
caption

Kondisi pandemi virus covid-19 dan segala macam hal yang terjadi bisa membuatmu stres. Jika sudah stres, kamu mungkin bingung cara mengatasinya.

Kamu mungkin mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog jika stres rasanya sulit dikendalikan, namun uang pas-pasan. Jangan khawatir karena kamu bisa mengatasi stres dengan mudah, Ladies.

Cara ini juga gratis. Yuk, simak!

Tidur siang satu menit

Atur alarm, tutup mata, ambil napas dalam, lalu terlelap.
Tidur Siang Satu Menit/ Foto: Freepik.com

Kebanyakan orang yang mengalami stres biasanya kurang istirahat. Ada baiknya kamu menyempatkan tidur siang selama satu menit untuk menghilangkan penat.

Atur alarm, tutup mata, ambil napas dalam-dalam, lalu tidur sebentar. Jika mempunyai waktu yang cukup luang, kamu bisa tidur lebih lama hingga lima menit. Namun, jangan terlalu lama karena akan membuat tubuh lemas.

Minum segelas air

Dengan air putih akan memulihkan kondisi tubuh seperti semula.
Minum Segelas Air/ Foto: Freepik.com

Tidak banyak yang tahu bahwa stres dapat menyebabkan dehidrasi. Meminum segelas air bisa menjadi solusi jangka pendek.

Biasanya orang stres akan mengabaikan kesehatan tubuh. Mengonsumsi air putih setidaknya akan sedikit memulihkan kondisi tubuh.

Rehat

Membuat diri lebih peka akan keadaan sekitar, menikmati setiap sensasi, bau, rasa, dan suara kehidupan.
Rehat/ Foto: Freepik.com

Stres bisa diakibatkan oleh kesibukan dan tidak adanya waktu untuk istirahat sama sekali. Walaupun terdengar sederhana, banyak orang belum bisa mengartikan rehat berkualitas.

Pejamkan mata, jauhkan teknologi dari jangkauan, nikmati seduhan kopi atau teh, hingga hirup udara segar bisa menjadi definisi rehat yang benar. Hal ini akan membuat diri lebih peka terhadap keadaan sekitar, menikmati setiap sensasi, bau, rasa, dan suara kehidupan.

Berbuat baik

Sikap baik paling sederhana adalah tersenyum, maka terapkan hal tersebut.
Berbuat Baik/ Foto: Freepik.com

Saat stres, biasanya emosi tidak bisa dikendalikan dan membuat diri menjadi lebih mudah marah. Namun, kamu perlu tetap berusaha memikirkan perasaan orang-orang sekitar.

Jika sudah meluapkan kemarahan, segera minta maaf setelah kondisi tenang. Cobalah untuk berbuat baik dan bantu orang lain, mulai dari yang kenal hingga yang tidak. Berbuat baik yang sederhana seperti tersenyum sebaiknya kamu lakukan. Berbuat baik akan membuat perasaanmu lebih baik.

Banyak bersyukur

Jika dibiarkan maka pola pikir akan berubah menjadi pesimis.
Banyak Bersyukur/ Foto: Freepik.com

Stres bisa menimbulkan pikiran negatif, misalnya kebencian, iri, hingga membandingkan. Manusia memang mempunyai rezeki serta takdir masing-masing, maka syukuri apapun yang kamu miliki.

Jika tidak, pola pikir akan berubah menjadi pesimis. Ingat, ada banyak orang di luar sana tidak seberuntung dan senyaman kamu. Jangan pula sibuk membandingkan hidupmu dengan orang lain hingga kamu lupa untuk menikmati hidupmu sendiri, ya.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id