sign up SIGN UP

LIFE

4 Rekomendasi Novel Sastra Feminis Indonesia dengan Cerita yang Menarik

Soffya Ranti | Rabu, 14 Oct 2020 13:00 WIB
4 Rekomendasi Novel Sastra Feminis Indonesia dengan Cerita yang Menarik
Rekomendasi Novel Sastra Feminis Indonesia/Freepik.com
Jakarta -

Kamu hobi banget baca novel-novel sastra? Jika iya, tak lengkap rasanya jika belum membaca beberapa novel sastra bernuansa feminism ini. Kita sudah tidak asing lagi dengan istilah ideologi feminism yang seringkali disuarakan para aktivis perempuan di seluruh dunia. Terlebih lagi jika kamu salah satu yang tertarik dengan ideologi satu ini. Di Indonesia banyak sekali karya sastra yang seringkali dijumpai unsur feminis di dalamnya.  Nah kali ini, Beautynesia akan mengulas mengenai 4 rekomendasi novel sastra feminis Indonesia yang punya cerita menarik dan wajib kamu coba baca.

1.      Saman – Ayu Utami

Novel Saman Karya Ayu Utami/goodreads.com
Saman/goodreads.com

Saman merupakan novel pertama Ayu Utami yang terbit pada tahun 1998 berlatar orde baru, novel ini lebih dominan memiliki kisah dalam perspektif keperempuanan dan seksualitas. Walaupun tokoh utama dalam novel ini adalah seorang pria, tapi unsur feminis sangat melekat di novel ini. Terlihat pada keempat tokoh perempuan (Laila, Yasmin, Cok, dan Shakuntala) yang selalu ada di kehidupan Wisanggeni yang memiliki kisahnya masing-masing.


2.      Nayla – Djenar Maesa Ayu

Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu/goodreads.com
Nayla/goodreads.com

Novel-novel karya Djenar Maesa Ayu mayoritas memang tak lepas dari unsur keperempuanan dan seksualitas. Salah satunya novel Nayla yang terbit pada tahun 2006. Novel ini menceritakan tokoh Nayla yang merupakan perempuan dengan latar belakang masa kecil yang kelam. Tokoh Nayla dianggap melakukan perlawanan budaya patriarki yang terjadi pada dirinya.

3.      Pada Sebuah Kapal – NH Dini

Novel Pada Sebuah Kapal Karya NH Dini/goodreads.com
Pada Sebuah Kapal/goodreads.com

NH Dini merupakan salah satu penulis feminis di Indonesia. Karyanya kerapkali menceritakan tentang keperempuanan. Salah satunya adalah Pada Sebuah Kapal karya NH Dini yang terbit pertama kali pada tahun 1973 yang memiliki kisah rumah tangga tokoh utama perempuan bernama ‘Sri’. NH Dini menghadirkan seluruh kisah keperempuanan ‘Sri’ dalam novel Pada Sebuah Kapal.

4.      Raumanen – Marianne Katoppo

Novel Raumanen Karya Marianne Katoppo/goodreads.com
Raumanen/goodreads.com

Novel Raumanen ditulis oleh seorang penulis yang juga teolog feminis Marianne Katoppo. Terbit pertama kali pada tahun 1977, novel ini menceritakan tentang kisah perjuangan seorang perempuan yang berusaha mengkritik secara halus budaya patriarki dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Sangat menarik dibaca Ladies, terlebih lagi kamu yang sangat tertarik dengan feminism.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id