sign up SIGN UP

5 Cara Agar Konsisten Menjalani Rutinitas

Diyah Wulandini | Jumat, 18 Jun 2021 19:15 WIB
5 Cara Agar Konsisten Menjalani Rutinitas
caption

Bila ada sesuatu yang mau kamu capai dan kamu sadar betul dalam mewujudkannya butuh konsistensi, maka itu sudah tepat, Ladies!

Masalahnya, terkadang tidak mudah juga begitu menjalaninya. Belum lagi rasa lelah dan jenuh yang bisa saja menghampiri kapan saja. Untuk itu diperlukan strategi khusus agar kamu bisa konsisten menjalani rutinitas yang sudah kamu susun.

Coba terapkan cara-cara di bawah ini untuk membantu kamu konsisten, yuk!

Buat Tujuan Spesifik

Menentkan sebuah tujuan dari rutinitas yang dilakukan dapat memompa semangat dalam menyelesaikan tanggung jawab.
Semangat menjalani rutinitas/foto: freepik.com

Coba ingat-ingat lagi cita-cita atau kehidupan nyaman seperti apa yang kamu inginkan. Ini bisa membakar semangat tiap kali kamu ingin bermalas-malasan atau menyerah. Misalnya, kamu berencana ingin melanjutkan S2 di luar negeri dengan beasiswa, sementara di waktu yang bersamaan kamu lagi full time bekerja kantoran.

Tentunya kamu sadar untuk bisa mewujudkannya, kamu butuh berlatih deretan tes yang akan diujikan nantinya, kan? Tujuan spesifik berupa ingin melanjutkan sekolah tersebut pun, bikin kamu bergairah lagi untuk berlatih sepulang bekerja.

Atur Perencanaan

Mengatur jadwal harian membantu memudahkan mengetahui apa saja yang perlu diselesaikan.
Membuat perencanaan/foto: freepik.com

Membuat perencanaan apa saja yang akan kamu lakukan hari ini, mulai dari bangun dari tempat tidur sampai nanti malam kamu kembali beristirahat, bisa membantu kamu jadi terorganisir.

Pastikan buat daftar yang tidak terlalu padat agar kamu tidak keburu merasa malas duluan, ya!

Reward dan Punishment

Berhenti sebentar dari rutinitas dan melakukan hal yang mampu menyenangkan diri sendiri tidak pernah salah untuk dilakukan.
Self Reward/foto: freepik.com

Kamu juga bisa membuat reward dan punishment untuk diri sendiri. Cara ini mampu memicu semangat agar mampu konsisten.

Berikan diri kamu sendiri reward tiap dalam satu minggu, kamu bisa memenuhi daftar yang sudah kamu susun. Sebaliknya, berikan punishment, misalnya berupa tidak makan ice cream favorit di hari Minggu, tiap daftar yang sudah kamu susun tak terpenuhi selama 2-3 hari berturut-turut.

Melakukan Evaluasi

Melakukan evaluasi sangat perlu dilakukan agar rutinitas yang dijalankan dapat diperbaiki.
Mengevaluasi diri/foto: freepik.com

Bukan hanya berfokus pada pencapaian apa yang akan dituju. Kamu juga harus siap apabila buah dari konsistensimu tidak selalu menyenangkan. Bila itu yang terjadi, ambil waktu sebentar untuk duduk dan merenungi apa yang sudah membuatmu mencapai situasi tersebut.

Menyempatkan diri melakukan evaluasi bisa mengubahmu menjadi pribadi yang lebih positif lagi, Ladies.

Miliki Istirahat Cukup

Jadwal istirahat perlu diseimbangkan dengan banyaknya tanggung jawab yang perlu diselesaikan.
Istirahat Cukup/foto: freepik.com

Bukan hanya membuat pertimbangan matang dan berjuang menekuni setiap urusan yang ada, jangan lupa kalau tubuhmu juga perlu istirahat. Ingat, kamu bukan robot yang bisa dijalankan kapan saja, Ladies.

Masukkan jadwal istirahat yang cukup dengan ketentuan yang tepat dari kesibukanmu setiap hari. Jangan sampai tubuhmu tumbang karena ambisi yang tidak ada habisnya. Love yourself first, Ladies!

Menyeimbangkan waktu dengan setiap tanggung jawab penting sekali diperhatikan. Kamu tidak bisa memilih condong pada salah satunya. Konsistensi menjalankan rutinitas akan membawamu pada langkah positif, bukan sebaliknya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id