5 Cara Ampuh Kerja Bareng Karyawan yang Perfeksionis, Jangan Sampai Frustasi!
Perfeksionisme adalah pandangan yang meyakini bahwa seseorang harus sempurna untuk mencapai hal terbaik dalam hidup. Orang yang perfeksionis akan selalu mencoba mengusahakan yang terbaik dan tidak suka jika hal-hal yang dilaluinya tak berjalan sempurna. Bahkan saat mencari lowongan kerja, ia selalu berusaha masuk di perusahaan terbaik.
Keunggulan orang yang perfeksionis adalah selalu kerja keras, teliti, kritis dan tak pernah membuang waktu. Sementara itu, kelemahannya adalah sering mengalami frustasi dan depresi jika mengalami kegagalan atau hasil kerja yang tidak maksimal. Jadi, menghadapi orang yang perfeksionis terbilang susah-susah gampang. Di lain sisi kita akan terbantu dengan etos kerjanya, tetapi juga bisa tertekan karena tuntutan yang terlalu tinggi.
Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 cara ampuh kerja sama dengan rekan kerja yang perfeksionis.
Tidak Bersantai di Depannya
![]() Karyawan/pexels.com/SHVETS production |
Jangan sekali-kali menunjukkan sikap kerja yang malas-malasan dan kelewat santai di hadapan karyawan yang perfeksionis. Sebab mereka bisa marah atau membenci sikapmu yang dinilai tidak optimal saat bekerja di kantor.
Sebaiknya saat hendak istirahat, kamu sudah menunjukkan hasil kerjamu pada karyawan perfeksionis. Sehingga mereka bisa memaklumi sikapmu sebab kamu sudah berupaya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.
Tunjukkan Niat dan Kerja Keras
Karyawan perfeksionis selalu menghargai orang-orang yang niat dalam bekerja dan mengerahkan segala kemampuannya. Untuk itu, saat bekerja sama dengan orang perfeksionis, kamu perlu menunjukkan niat dan kerja keras yang optimal.
Hal ini akan membuat orang perfeksionis mengagumi etos kerjamu di kantor. Selain itu, niat dan kerja kerasmu juga bisa memicu semangat pada orang yang perfeksionis. Tak hanya itu, suasana kerja juga jadi lebih produktif dan menyenangkan.
Hindari Kesalahan Fatal
![]() Karyawan/pexels.com/George Milton |
Karyawan perfeksionis cenderung tidak bisa menoleransi kesalahan, bahkan kesalahannya sendiri. Oleh sebab itu, tak jarang orang yang perfeksionis akan merasa terpuruk bahkan depresi saat menghadapi kegagalan.
Jadi usahakan untuk melakukan pekerjaan di kantor dengan sebaik mungkin dan hindari kesalahan fatal. Jika kamu mengalami kesalahan kecil, bersikaplah bijaksana untuk bertanggung jawab sepenuhnya dan memperbaiki hasil kerja tersebut dengan optimal.
Selesai Pekerjaan Tepat Waktu
Selanjutnya, penting untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu saat bekerja dengan karyawan yang perfeksionis. Sebab mereka juga memiliki etos kerja serupa, bahkan ia tak jarang memacu diri untuk menyelesaikan pekerjaan jauh sebelum deadline agar punya cukup waktu untuk mengevaluasi hasil kerja.
Kamu juga bisa mempertimbangkan opsi lembur di kantor jika pekerjaan terasa berat dan perlu segera diselesaikan. Hal ini bisa menjadi nilai plus bagi karyawan atau atasan yang perfeksionis. Namun, pastikan selama lembur di kantor, kamu berupaya bekerja dengan maksimal.
Rajin Evaluasi
![]() Karyawan/pexels.com/Ivan Samkov |
Terakhir, karyawan perfeksionis biasanya sering melakukan evaluasi. Bahkan sebelum mengumpulkan hasil kerja, ia selalu berusaha untuk mengecek hasil kerjanya berulang kali, hingga dipastikan tidak ada kesalahan sekecil apapun.
Jadi meskipun kamu punya rekan kerja yang perfeksionis, jangan sampai kerja asal-asalan karena merasa mereka akan memperbaiki hasil kerja tersebut. Tetaplah bekerja semaksimal mungkin dan melakukan evaluasi, jangan sampai menyesal saat diminta si bos cari lowongan kerja baru.


