sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Hentikan Keinginan Online Shopping

Rumaysha Milhania | Senin, 15 Jun 2020 12:00 WIB
5 Cara Hentikan Keinginan Online Shopping
caption

Berbelanja online kini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Kemudahan untuk melihat produk, diskon dan promo yang menggiurkan, dan kemudahan pengiriman membuat berbelanja menjadi salah satu gaya hidup yang dilakukan terus menerus. Bahkan, banyak pula yang mengaku ketagihan untuk berbelanja online. Sayangnya, kebiasaan ini tentu berdampak buruk pada masalah keuangan seseorang. Kebiasaan berbelanja online cenderung membuat seseorang menjadi kesulitan untuk bisa menabung. Untuk itu, simak 5 cara menghentikan kebiasaan belanja online berikut ini.

 

image
wanita berbelanja/freepik.com


Uninstall Aplikasi E-Commerce di Smartphone

Pertama, langkah besar yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan belanja online adalah dengan uninstall aplikasi e-commerce di smartphone. Kamu masih bisa berbelanja online sesuai dengan kebutuhan dengan membuka laptop dengan web browser. Cara ini lebih bisa membuatmu mengurangi kebiasaan membuka aplikasi belanja online yang dapat mendorong keinginan berbelanja.


 

image
belanja online/freepik.com


Siapkan Rekening Khusus Tabungan

Langkah kedua, pisahkan rekening harianmu dengan rekening tabungan. Cara ini bisa membatasimu untuk berbelanja karena kamu tidak bisa seenaknya menghabiskan uang. Pasalnya, rekening tabunganmu tentu tidak memiliki akses untuk melakukan transfer selain melalui teller di cabang terdekat. Ini akan membuatmu menjadi lebih malas untuk berbelanja.


Sisakan Uang di Rekening Keluar Masuk Secukupnya

Untuk berbelanja kebutuhan esensial, kamu bisa menyisakan uang secukupnya di rekening keluar masuk. Diperlukan perhitungan yang matang untuk bisa menentukan berapa kebutuhan uang per bulan yang diperlukan untuk berbelanja bahan makanan dan beragam kebutuhan lainnya. 

 

image
e-commerce/freepik.com


Buat Jadwal Belanja Rutin

Jika memang berbelanja dibutuhkan, buatlah jadwal khusus untuk belanja online. Kamu bisa melakukannya satu minggu sekali atau mungkin dua minggu sekali. Hindari mengikuti akun-akun online shop di media sosial karena ini bisa mendorong keinginan belanja online lebih besar lagi. Jika kamu memang ingin menghentikan kebiasaan belanja online, langkah-langkah besar ini harus mau kamu ambil.


Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Terakhir, pahami betul perbedaan kebutuhan dan keinginan. Jika kamu masih sering berbelanja baju setidaknya dua-tiga kali dalam rentang waktu satu-dua minggu, bisa dipastikan kamu masih tidak bisa menahan hasrat keinginan. Padahal, baju bukanlah kebutuhan pokok yang harus dibeli secara rutin tiap minggu atau tiap bulan. Menahan keinginan dan fokus pada kebutuhan bisa membantumu untuk lebih bisa mengatur pengeluaran dengan baik.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id