sign up SIGN UP

5 Cara Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Pikiran

Rumaysha Milhania | Jumat, 18 Sep 2020 20:00 WIB
5 Cara Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Pikiran
caption
Jakarta -

Penat dengan banyaknya kegiatan dan aktivitas sehari-hari? Simak 5 cara mendapatkan ketenangan jiwa dan pikiran berikut ini!

1. Detoksifikasi Media Sosial

Salah satu penyebab yang mengganggu ketenangan batin di era sekarang adalah media sosial. Media sosial adalah platform yang paling mudah memunculkan tekanan karena kamu mulai membandingkan hidup satu sama lain. Terutama di Instagram, di mana semua seperti kompetisi sorotan dalam hidup. Namun, yang gagal kamu sadari adalah tidak ada yang pernah memposting momen yang biasa dan normal. Orang-orang memposting momen terbaik mereka di media sosial dan bukan momen terburuk mereka. Jika kamu selalu berada di media sosial, ini dapat membuat kamu cemas dan merasa bahwa kamu tidak menjalani kehidupan terbaikmu. Jadi, hentikan semua itu dan lakukan detoksifikasi dengan mengurasi akses bermain media sosial.

Membandingkan hidup satu sama lain. Terutama di Instagram, di mana semua seperti kompetisi sorotan dalam hidup.
Kedamaian Batin/ Sumber: Freepik.com

2. Berlatih Mencintai Diri Sendiri

Sadarilah bahwa dunia menjadi lebih damai jika kamu mencintai diri sendiri. Salah satu aspek yang mengganggu kedamaian batin kita adalah tekanan dan tuntutan terus-menerus yang kita miliki di dalam diri kita sendiri. Dengan mempraktikkan cinta diri, kamu akan mengintegrasikan kedamaian batin dalam hidupmu. Kamu dapat secara aktif mempraktikkan cinta diri dengan melakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia dan membangkitkan semangat. 

Terkadang sudah menjadi sifat kita untuk lebih memikirkan hal-hal negatif daripada yang positif. Ini termasuk menjauhi pikiran buruk tentang diri sendiri dan menjauhi orang-orang yang membawa dampak negatif dalam dirimu.
Ketenangan Batin/ Sumber: Freepik.com

3. Jauhi Hal-Hal Negatif

Ini adalah hal paling mendasar namun bisa menjadi hal tersulit untuk dilakukan. Tentu saja, tidak ada orang waras yang menginginkan hal-hal negatif dalam hidup mereka. Namun, terkadang sudah menjadi sifat kita untuk lebih memikirkan hal-hal negatif daripada yang positif. Ini termasuk menjauhi pikiran buruk tentang diri sendiri dan menjauhi orang-orang yang membawa dampak negatif dalam dirimu.

4. Hindari Mengasihani Diri Sendiri

Mengasihani diri sendiri berarti kamu terjebak dalam pikiran buruk tentang dirimu sendiri. Ini juga berarti kamu memvalidasi pikiran negatif tentang dirimu. Mengasihani diri sendiri juga dapat membuat kamu semakin jauh dari rasa cinta dan syukur atas dirimu sendiri. Jika dibiarkan ini akan berdampak serius pada rasa kepercayaan diri dan motivasi untuk terus lebih baik.

5. Jangan Memaksakan Diri

Terakhir, sadari batasan diri. Jangan pernah memaksakan diri untuk masuk dalam lingkungan yang memang tidak sesuai dengan dirimu. Ini juga berarti kamu memaksakan diri untuk melakukan hal yang tidak kamu senangi. Jika dibiarkan, kamu tidak akan pernah mencapai ketenangan batin dan pikiran seperti yang. kamu inginkan.

angan pernah memaksakan diri untuk masuk dalam lingkungan yang memang tidak sesuai dengan dirimu. Ini juga berarti kamu memaksakan diri untuk melakukan hal yang tidak kamu senangi.
Kebahagiaan/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencapai ketenangan dan kedamaian batin. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id