sign up SIGN UP

LIFE

Coba Bangkit Kembali dengan Cara Mempraktekan Self Care Selama Masa Sulit

Astari Dewi Larasati | Jumat, 11 Sep 2020 15:30 WIB
Coba Bangkit Kembali dengan Cara Mempraktekan Self Care Selama Masa Sulit
caption
Jakarta -

Saat ini self care sedang menjadi topik yang hangat dibicarakan di media sosial. Namun mempraktekannya tidak semudah memposting, karena kesehatan mental bisa jadi terabaikan dan dianggap sepele. Sehingga hal ini akan menjadi beban pikiran masing-masing orang dan semakin menumpuk jika tidak diselesaikan.

Self care berarti mengisi ulang energi dan memprioritaskan kesehatan mental tidak hanya untuk diri sendiri melainkan orang di sekitar. Ada beberapa cara untuk bangkit kembali dengan cara mempraktekan self care selama masa sulit sebagai berikut ini.

Tetapkan batasan

Menetapkan batasan hidup sangat penting untuk hidup sehat.
Tetapkan batasan/freepik.com

Menetapkan batasan hidup sangat penting untuk hidup sehat. Berpegang pada batasan tertentu dapat membantu meningkatkan harga diri, memenuhi kebutuhan diri sendiri, dan mengutamakan diri sendiri dibandingkan orang lain. Ketahui kemampuan diri dengan mencari banyak pengalaman, karena batas emosional seseorang tidak bisa terlihat dan hanya diri sendiri yang bisa mengetahui. Mulailah dengan mempertimbangkan apa yang bisa ditoleransi hingga beristirahat dari media sosial. Hal ini akan menghemat energi secara emosional maupun fisik.

Bergerak

Olahraga secara mental yang membantu meredakan stress.
Bergerak/freepik.com

Bergerak yang dimaksud di sini adalah bukan berolahraga fisik melelahkan. Namun olahraga secara mental yang membantu meredakan stress dan hanya perlu lakukan beberapa jenis gerakan setiap harinya. Cobalah aktivitas menenangkan yang berfokus pada relaksasi pikiran dan mengatur pernapasan dengan baik. Seperti berjalan dengan memandang pemandangan yang menjernihkan mata.

Meditasi

Karena meditasi secara efektif untuk perawatan diri karena meditasi mengalihkan fokus dari sekitar.
Meditasi/freepik.com

Ada alasan mengapa meditasi begitu populer dan paling dibicarakan banyak orang. Karena meditasi secara efektif untuk perawatan diri karena meditasi mengalihkan fokus dari sekitar dan memberikan efek rileksasi. Menarik napas secara harfiah menyegarkan kembali pikiran dan bisa membantu kondisi lebih baik. Cobalah meditasi yang melibatkan gerakan kecil.

Istirahat

Tenangkan pikiran dengan beristirahat, namun bukan tidur.
Istirahat/freepik.com

Berisitirahat sangat penting untuk kesehatan mental, spiritual, emosional, dan fisik. Namun yang disarankan disini adalah beristirahat, bukan tidur. Melainkan tidak melakukan sesuatu, tidak bermain handphone, memprirotaskan kedamaian diri, duduk dalam keheningan, dan tidak melakukan hal apa-apa. Setiap bergerak lakukan hanya satu aktivitas dan hindari banyak kegiatan. Bisa juga melakukan istirahat dengan mengisi hobi seperti mendengarkan musik hingga membaca.

Minta konsultasi

Lakukan konsultasi pada yang sudah ahli dan minta dukungan ke orang terdekat.
Minta konsultasi/freepik.com

Jika memang sudah memberatkan dan tidak bisa menangani sendiri, bisa lakukan konsultasi pada orang yang sudah ahli seperti terapis. Karena mereka bukan hanya mendengarkan, namun juga bisa menyembuhkan secara perlahan. Selain itu, mintalah pada orang-orang terdekat agar bisa mengerti bahwa pikiran sedang dalam kondisi sulit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id