sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Menjadi Wanita Mandiri Walaupun Sudah Memiliki Pasangan

Penny Fatikasari | Minggu, 13 Sep 2020 07:30 WIB
5 Cara Menjadi Wanita Mandiri Walaupun Sudah Memiliki Pasangan
caption
Jakarta -

Walaupun sudah memiliki pasangan, bukan berarti kamu tidak bebas untuk terus berprestasi atau memiliki karir. Hal ini bukan berarti kamu tidak puas dengan rezeki yang dimiliki dan tidak ingin bergantung dengan pasangan. Walaupun demikian, kamu pun tetap bisa tumbuh menjadi wanita mandiri dan bahagia dengan 5 cara ini, lho!

Pandai Mengelola Keuangan

pandai mengelola keuangan
Pandai Mengelola Keuangan/Freepik.com

Wanita yang mandiri secara finansial dan dewasa akan pandai mengatur keuangan, ia akan memprioritaskan mana kebutuhan yang sangat diperlukan dibandingkan kebutuhan yang hanya diinginkan semata. Jika ia sudah terbiasa dengan hal ini, maka hingga berumah tangga kelak pun ia akan pandai mengatur kebutuhan yang lebih rumit nantinya. Maka dari itu, mulai sejak dini bekali dirimu dengan keahlian finansial yang lebih baik, ya Ladies? Supaya kamu enggak kaget ketika berumah tangga kelak.


Dapat Menyelesaikan Masalah

dapat menyelesaikan masalah
Dapat Menyelesaikan Masalah/Freepik.com

Jika kamu masih sedikit-sedikit galau dan mempostingnya di sosial media, maka hal itu menandakan bahwa dirimu belum cukup dewasa. Wanita mandiri yang dewasa juga bisa dilihat pada saat ia dapat mengambil solusi dengan bijak dalam menyelesaikan permasalahan dan bersikap tenang dihadapkan dengan situasi yang enggak nyaman sekalipun.

Tidak Menuntut Pasangan

tidak menuntut pasangan
Tidak Menuntut Pasangan/Freepik.com

Sebelum memutuskan untuk menikah, kamu dan pasangan pastinya sudah saling mengenal kepribadian masing-masing. Bahkan kamu sudah siap untuk menerima segala kekurangan yang ada pada dirinya. Jika kamu menginginkan pasanganmu untuk berubah menjadi lebih baik, maka kamu berhak untuk mendukungnya tanpa harus menuntut secara berlebihan. Ingatlah, untuk memperbaiki kekuranganmu dahulu sebelum merubah orang lain. Dengan begitu, kalian akan bisa saling menghargai satu sama lain.

Jangan Ubah Dirimu

jangan ubah dirimu
Jangan Ubah Dirimu/Freepik.com

Tak hanya menuntut pasangan, sebaiknya kamu pun tidak mengubah siapa dirimu. Jadi, jangan ubah dirimu hanya untuk dicintai dan mendapat pengakuan dari orang lain. Ketika kamu berhasil menemukan pasangan, maka minta ia jangan mengubah dirimu sesuai apa yang ia inginkan. Bukankah pasangan yang baik bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan diri kalian masing-masing?

Hargai Kehidupan Pribadi

hargai kehidupan pribadi
Hargai Kehidupan Pribadi/Freepik.com

Entah itu sudah menikah maupun masih menjalin hubungan pacaran, bukan berarti kamu selalu berpihak dan bergantung kepada pasanganmu kemanapun dan dimanapun bukan? Memang benar, cinta bisa membuat seseorang menjadi buta bahkan takut untuk kehilangan dirinya. Pasanganmu sekalipun tentunya ingin menikmati kehidupan sosialnya bersama sahabat, rekan kerja maupun keluarganya. Jadi, berikanlah ia ruang untuk menghargai kehidupan pribadinya ataupun menjalankan hobi dan kesenangannya tanpa harus diatur sedemikian rupa. Begitupun hal nya dengan dirimu, kamu pun ingin melakukan hal-hal yang bisa membuat waktumu terasa berharga bukan?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id