sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Merawat Indoor Plant agar Tak Mudah Layu dan Tetap Subur

Dian Aprilia | Sabtu, 05 Jun 2021 13:00 WIB
5 Cara Merawat Indoor Plant agar Tak Mudah Layu dan Tetap Subur
caption

Merawat tanaman indoor plant memang terbilang susah-susah gampang. Sebab pemilik harus benar-benar memastikan kebutuhan cahaya, air, suhu ruangan dan segala hal cukup. Mengingat tanaman diletakkan di dalam rumah sehingga tidak terkena cahaya matahari langsung dan tidak mendapatkan air secara alami dari hujan.

Berikut beautynesia  telah merangkum 5 cara merawat indoor plant agar tak mudah layu dan tetap subur:

1. Letakkan di Ruangan yang Tepat

ruangan yang tepat
Ruangan yang tepat/pexels.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk merawat indoor plant adalah menempatkan tanaman di ruangan yang tepat. Sebelum melakukannya kamu perlu tahu karakteristik tanaman tersebut. Mulai dari kebutuhan air, kebutuhan cahaya, masalah yang sering dialami, sensitivitas tanaman terhadap berbagai hal dan lainnya.

Informasi tersebut akan membantumu untuk meletakkan indoor plant di ruangan yang tepat. Ada tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar mandi, di kamar tidur, di ruang tamu, dapur dan lainnya.  

2. Berikan Pencahayaan yang Cukup

Cahaya yang cukup
Cahaya yang cukup/pexels.com

Meskipun indoor plant, tanaman juga tetap membutuhkan pasokan cahaya yang cukup untuk menghasilkan energi dan memaksimalkan tumbuh kembangnya. Kamu bisa melakukan pergantian tempat tanaman secara berkala. Misalnya seminggu di dalam ruangan, kemudian beberapa hari di luar ruangan. Pastikan kamu tidak meletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung secara menyeluruh.

Sementara itu untuk indoor plant yang diletakkan di ruang ber-AC, kamu bisa meletakkannya di dekat jendela kaca dan terkena cahaya matahari dari jendela. Hal ini guna menjaga agar tanaman tetap bisa berfotosintesis dengan baik.

3. Siram dengan Air yang Cukup

Siram dengan air yang cukup
Siram dengan air yang cukup/pexels.com

Tidak seperti halnya outdoor plant yang bisa mendapatkan air hujan, tanaman hias dalam ruangan sangat tergantung dengan air yang cukup dari pemilik. Jadi jika kamu lupa menyiramnya, maka tanaman hias bisa layu dan mati.

Tidak harus setiap hari, kamu bisa menyiram tanaman hias sesuai kondisinya. Jika media tanam masih lembab, kamu tidak perlu menyiramnya. Sebab jika terlalu lembab atau banyak air, justru bisa merusak tanaman dan membuat terjadinya pembusukan akan. Sebaiknya segera siam tanaman hias, jika tanah terlihat mulai mengering.

4. Berikan Suplemen untuk Tanaman

Tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com

Selanjutnya kamu perlu memberikan vitamin/pupuk/serum tanaman dan pestisida secara rutin dan berkala. Tambahan nutrisi ini bisa memenuhi kebutuhan tanaman sehingga tanaman hias bisa tumbuh subur dan kuat serta tidak mudah terserang hama.

5. Pangkas Tanaman Secara Berkala

Pangkas tanaman secara berkala
Pangkas tanaman secara berkala/pexels.com

Tanaman hias di dalam ruangan biasanya digunakan untuk dekorasi dan dinikmati keindahannya. Untuk itu kamu perlu memastikan agar tanaman hias tidak terlalu tinggi yang bisa menyebabkan ruangan terlihat sempit dan berantakan.

Caranya adalah cukup dengan memangkas bagian tanaman secara berkala dan rutin. Pemangkasan juga berperan untuk menjaga kesehatan tanaman dengan memotong bagian tanaman yang terkena hama agar tidak menjalar ke bagian lainnya.

Itulah 5 cara merawat indoor plant agar tidak mudah layu dan tetap subur. Selamat mencoba, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id