sign up SIGN UP

5 Hal yang Bisa Mempengaruhi Mood Tanpa Kamu Sadari, Salah Satunya Faktor Makanan

Octaviani | Rabu, 11 Aug 2021 09:00 WIB
5 Hal yang Bisa Mempengaruhi Mood Tanpa Kamu Sadari, Salah Satunya Faktor Makanan
caption

Suasana hati atau mood dapat berubah-ubah kapan saja, terlebih saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Secara umum, perasaan ini ada dua, yaitu suasana hati yang sedang baik (good mood) dan suasana hati yang sedang tidak baik (bad mood).

Saat seseorang sedang dalam keadaan bad mood, perasaan yang dirasakan menjadi lebih sulit untuk mengontrol emosi, perasaan yang tidak karuan, tidak bergairah, hingga sulit berkonsentrasi saat melakukan sesuatu.

Girl in bad mood
Girl in bad mood/freepik.com

Terkadang kamu juga bisa merasakan mood swing, yakni kondisi ketika sedang bahagia terus tiba-tiba sedih atau sebaliknya. 

Namun kamu perlu tahu bahwa segala sesuatu bisa menjadi faktor yang bisa mempengaruhi mood kamu. Hal-hal yang biasanya dianggap sepele, ternyata sangat besar pengaruhnya pada baik atau buruknya mood kamu tanpa disadari.

Apa saja sih yang bisa mempengaruhi suasana hati kamu?

1. Makanan

Percaya nggak, makanan yang kamu konsumsi itu sangat berpengaruh untuk suasana hati dan pikiran, lho. Dikutip dari Times of India, makanan yang kita makan bisa berdampak pada pemikiran dan perasaan.

Teori ini disebut Nutritional Psychiatry atau psikiatri gizi. Kelebihan konsumsi tepung, gula dan garam juga kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi asupan makanan bergizi dan lezat, selain menjadikan tubuh kita lebih sehat juga dapat meningkatkan hormon kebahagiaan atau disebut serotonin.

Makanan sehat buat good mood
Makanan sehat buat good mood/freepik.com/drobotdean

2. Waktu Tidur

Penelitian dari jurnal Sleep telah menemukan, bahwa orang yang kurang tidur dapat menjadi kurang ramah, kurang empati dan membuat suasana hati yang kurang baik pada keesokan harinya.

Untuk itu, sesibuk apapun kamu, usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup ya, Beauties!

3. Media Sosial

Ternyata timeline media sosialmu dapat menjadi faktor yang bisa mempengaruhi suasana hatimu, lho. Menurut sebuah studi dari Cornell University, ketika teman kamu memposting sesuatu yang bahagia, hal itu bisa membuatmu merasa bahagia juga atau bahkan juga sebaliknya.

Belum lagi pada kondisi pandemi sekarang di mana banyak orang mengunggah kabar duka. Kamu mungkin akan ikut merasa sedih dan tidak bergairah.

Jadi sesekali perlu juga untuk melakukan 'puasa' media sosial demi menjaga kesehatan mentalmu. Setuju, Beauties?

4. Cuaca

Pernahkah kamu merasakan perasaan sedih ketika hujan? Kalau iya, itu bukan sepenuhnya salahmu. Sebaliknya, kamu akan sangat mungkin merasa hangat fisik dan hati ketika berjemur di pagi hari.

Mengutip dari laman Healthline, sinar matahari bisa meningkatkan kadar serotonin yang dapat mendukung peningkatan suasana hati, juga dapat memberikan ketenangan dan fokus.

Jadi, selain baik mendapatkan vitamin D, berjemur di bawah sinar matahari juga membantu menaikkan mood kamu.

Melankolis saat hujan
Melankolis saat hujan/pexels.com

5 Kurang Bergerak

Seberapa banyak kamu bergerak, rupanya dapat mempengaruhi mood juga nih, Beauties.

Olahraga diketahui dapat meningkatkan hormon kebahagiaan. Oleh karena itu, cobalah cari kegiatan yang membuatmu banyak bergerak, seperti zumba atau sekadar berjoget mendengarkan musik dari idola favorit kamu.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id