sign up SIGN UP

5 Macam Fobia Paling Aneh di Dunia, Ada yang Takut Perempuan Cantik Itu Beneran?

Ade Irma Suryani | Senin, 06 Sep 2021 18:30 WIB
5 Macam Fobia Paling Aneh di Dunia, Ada yang Takut Perempuan Cantik Itu Beneran?
caption

Mendengar istilah fobia tentu membuat kita sudah tidak asing lagi. Phobia atau fobia ialah bentuk ketakutan yang berlebihan dan tidak realistis terhadap sesuatu. Baik itu terhadap benda, hewan, orang, atau situasi. 

Ada berbagai macam fobia yang sering kita ketahui, seperti halnya takut gelap, ketinggian, ular, laba-laba dan sebagainya. Namun ternyata selain itu, ada juga beberapa fobia aneh, tak pernah terbayangkan dan cenderung tidak masuk akal. Apa saja kira-kira? Berikut informasinya di bawah ini, Beauties!

1. Xanthophobia (Takut dengan Warna Kuning)

Xanthophobia adalah fobia pada sesuatu berwarna kuning.
Takut dengan Warna Kuning/ Foto: pexels.com/Tim Samuel

Yups! Fobia satu ini memang terdengar cukup aneh. Pasalnya, seseorang yang mengalami fobia jenis ini akan merasa takut saat melihat sesuatu yang berwarna kuning. Baik itu gambar matahari, buah-buahan berwarna kuning, bunga kuning, cat kuning, mobil kuning, dan sebagainya. Bahkan, pengidap fobia ini juga bisa ketakutan mendengar kata 'kuning', lho!

Sama halnya seperti penyebab fobia lainnya, xanthophobia dapat terjadi lantaran dipicu oleh pengalaman traumatis di masa lalu yang berkaitan dengan warna kuning. 

2. Venustraphobia (Takut dengan Perempuan Cantik)

Venustraphobia adalah ketakutan terhadap wanita cantik.
Takut dengan Perempuan Cantik/ Foto: pexels.com/cottonbro 

Kebanyakan laki-laki tentu menyukai perempuan cantik dan senang berada di dekat perempuan-perempuan cantik. Tetapi tidak dengan laki-kaki yang mengalami venustraphobia, mereka justru takut dengan perempuan cantik. Venustraphobia atau yang dikenal juga caligynephobia adalah ketakutan yang berlebihan pada perempuan cantik.

Laki-laki yang mengidap fobia ini akan merasa takut dan cemas saat melihat, bertemu apalagi berdekatan dengan perempuan cantik. Sementara itu, penyebab dari fobia ini kemungkinan disebabkan oleh trauma masa lalu yang berhubungan dengan perempuan cantik. 

3. Trypophobia (Takut dengan Lubang Kecil yang Bertumpuk)

Trypophobia adalah takut dengan lubang kecil yang bertumpuk.
Takut dengan Lubang Kecil yang Bertumpuk/ Foto: pexels.com/icon0.com

Salah satu fobia yang juga cukup aneh adalah trypophobia. Bentuk dari fobia jenis ini ialah munculnya rasa takut atau tidak nyaman ketika melihat kumpulan lubang kecil yang bertumpuk. Seperti halnya sarang lebah, sarang semut, terumbu karang, dan kulit buah stroberi. 

Orang yang mengalami fobia ini akan merasakan gejala berupa cemas, jijik, mual, hingga gatal-gatal saat melihat lubang-lubang kecil. 

4. Claustrophobia (Takut Berada di Ruang yang Sempit)

Claustrophobia adalah takut berada di ruang yang sempit.
Takut Berada di Ruang yang Sempit/ Foto: pexels.com/MART PRODUCTION 

Claustrophobia adalah ketakutan yang berlebihan dan tidak beralasan pada ruang yang sempit atau tertutup. Orang yang memiliki fobia ini biasanya akan menghindari ruang sempit atau tertutup seperti lift, terowongan, gua, dan toilet umum. Selain itu, berada di tengah situasi yang ramai seperti konser atau pesta juga bisa memicu claustrophobia.

Ketika harus terjebak dalam situasi tersebut, seseorang yang mengidap claustrophobia akan mengalami gejala panik, cemas, detak jantung cepat, gemetar, pusing, dan sebagainya. Meski penyebab dari fobia ini belum diketahui pasti, namun claustrophobia sering dikaitkan dengan peristiwa traumatis di masa kecil. Seperti halnya pernah dikurung atau terperangkap di ruang sempit. 

5. Aquaphobia (Takut dengan Air)

Aquaphobia adalah takut dengan air.
Takut dengan Air/ Foto: pexels.com/Jill Burrow 

Tak kalah anehnya dengan beberapa fobia di atas, aquaphobia juga merupakan salah satu fobia yang cukup aneh. Aquaphobia sendiri ialah ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional terhadap air.

Orang yang mengidap fobia jenis ini akan mengalami ketakutan dan kecemasan saat melihat volume air dalam jumlah besar seperti laut, sungai, dan danau. Selain itu, kemungkinan orang yang mengalami fobia ini juga takut dengan volume air yang kecil, seperti halnya kolam renang atau bak mandi. Kemungkinan penyebab dari fobia ini disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang traumatis tentang air. Misalnya pernah hampir tenggelam dan sebagainya.  

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id