sign up SIGN UP

5 Manfaat Menulis Bagi Kesehatan, Bisa Hilangkan Depresi!

Izzul Millati Umami | Sabtu, 14 Nov 2020 11:00 WIB
5 Manfaat Menulis Bagi Kesehatan, Bisa Hilangkan Depresi!
caption
Jakarta -

Ladies, menulis merupakan kegiatan berekspresi melalui rangkaian kata-kata. Yups, bagi sebagian orang menulis merupakan kegiatan yang rumit dan membosankan. Namun, ladies perlu bersyukur jika memiliki hobi menulis baik itu curhatan atau diary, esai, jurnal, artikel, dan lain-lain.

Disadari atau tidak, menulis tak hanya mendatangkan kepuasan tersendiri bagi penulisnya. Kegiatan mengutarakan perasaan dan pikiran lewat kata-kata ini tak hanya sekedar menuangkan gagasan atau ide tapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental maupun fisik. Berikut 5 manfaat menulis bagi kesehatan:

Memperkuat Imunitas Tubuh

manfaat menulis
manfaat menulis/sumber:pixabay.com

Aktivitas menulis dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan mood, hingga menurunkan tekanan darah. Akibat kepuasan yang diperoleh dari menulis ini, maka seseorang akan merasa lebih bahagia. Nah, hal ini justru akan berdampak baik bagi kesehatan. Sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat dan tubuh pun jarang sakit.

Mencegah Stress

Banyak orang yang memilih memendam emosinya. Namun, justru hal ini tak baik bagi kesehatan mental dan kesehatan fisik. Yups, cobalah untuk menulis karena aktivitas tersebut dapat membantu seseorang meluapkan emosinya seperti marah, kecewa, dan sedih. Dengan begini, ladies akan jauh lebih tenang dan terhindar dari kecemasan.

Melegakan Perasaan Hati

perasaan hati
perasaan hati/sumber:pixabay.com

Tahukah kamu? Almarhum Bj Habibie pernah tenggelam dalam kesedihan teramat dalam karena kehilangan istrinya, Ibu Ainun. Bj Habibie menyembuhkan pengalaman traumatisnya dengan menuangkannya dalam kata-kata dan akhirnya sembuh dari depresinya. Hal ini membuktikan bahwa menulis dapat melegakan perasaan hati.

Memperkuat Daya Ingat

daya ingat
daya ingat/sumber:pixabay.com

Kebiasaan menulis tangan di buku atau kertas perlahan-lahan ditinggalkan banyak orang karena beralih pada media tulis digital. Padahal, menulis menggunakan tangan dapat mempertajam daya ingat dan mengasah kemampuan berpikir.

Ya, menulis atau mencatat di kertas dapat membuat kemampuan berpikir semakin terasah dan menciptakan potensi-potensi baru.

Membantu Tidur Nyenyak

tidur nyenyak
tidur nyenyak/sumber:pixabay.com

Tidur adalah kebutuhan manusia untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Namun, tak semua orang mudah memejamkan matanya untuk tidur, banyak orang yang juga mengalami insomnia. Salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan tidur adalah dengan menulis.

Coba luangkan waktu beberapa menit untuk menulis sebelum tidur. Cara ini dipercaya dapat memberikan ketenangan dan membuat orang lebih mudah untuk tidur.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id