sign up SIGN UP

5 Manfaat Menulis Tangan Bagi Kesehatan Otak yang Sering Tak Disadari, Cek di Sini...

Ruhil Anadiah Sabrina | Senin, 22 Nov 2021 06:15 WIB
5 Manfaat Menulis Tangan Bagi Kesehatan Otak yang Sering Tak Disadari, Cek di Sini...
5 Manfaat Menulis Tangan Bagi Kesehatan Otak yang Sering Tak Disadari/Foto: Pexels.com/LinkedIn Sales Navigator

Menulis oleh sebagian orang dianggap suatu kegiatan yang membosankan. Sehingga sedikit orang yang memiliki hobi satu ini.

Banyak dari mereka menganggap menulis hal yang susah, karena nggak semua orang mampu mencurahkan perasaan lewat tulisan. Padahal nggak banyak diketahui menulis ternyata mendatangkan banyak manfaat bagi otak lho. Berikut 5 manfaat menulis tangan bagi kesehatan otak yang harus diketahui. Simak yuk!

1. Dapat Meningkatkan Daya Ingat 

Dapat Meningkatkan Daya Ingat
Dapat Meningkatkan Daya Ingat/pexels.com/@lilartsy

Kamu sering menulis kegiatan atau daftar panjang di sebuah catatan agar tidak cepat lupa? Ternyata kurangnya daya ingat diakibatkan oleh otak yang jarang berpikir sehingga membuat otak jadi kurang terlatih.

Oleh sebab itu, dengan menulis dan berpikir membuat kinerja otak menjadi lebih aktif dan mampu meningkatkan ketajaman dalam berpikir. Dengan otak yang aktif bekerja, membuat daya ingat semakin kuat dan tidak cepat pikun.

2. Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan

Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan
Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan/pexels.com/@judi peter

Banyak orang menganggap menulis hal yang sulit karena otak harus berimajinasi, hingga kesulitan untuk mengungkapkan apa yang dipikirkan. Sebetulnya menulis itu mudah kok, dengan menulis kamu tentunya akan berimajinasi yang akan membuat otak berpikir lebih cepat dari sebelumnya. Sehingga antara otak kiri dan otak kanan bisa seimbang. 

3. Menulis dapat Membuat Jiwa Lebih Tenang

Menulis dapat Membuata Jiwa Lebih Tenang
Menulis dapat Membuata Jiwa Lebih Tenang/pexels.com/@LinkedIn Sales Navigator

Manfaat selanjutnya yaitu membuat jiwa kita merasa tenang. Saat sedih, pikiran sedang sumpek, dan perasaan sedang gundah, nggak ada salahnya kok mencurahkan apa yang kamu rasa lewat tulisan.

Hal itu tentunya lebih baik daripada kamu umbar-umbar di media sosial. Selain bisa membuat jiwamu lebih tenang, kamu juga bisa belajar untuk lebih mengontrol emosi. 

4. Menulis dengan Tangan dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar

Meningkatkan Kemampuan Belajar
Meningkatkan Kemampuan Belajar/pexels.com/@vlada karpovich

Zaman sekarang orang lebih suka mencatat dan menulis sesuatu lewat handphone atau laptop karena lebih mudah dan cepat. Tapi asal kamu tahu, menulis dengan tangan dapat membuat kita lebih ingat dalam pelajaran lho.

Suatu penelitian mengungkapkan fakta bahwa, pelajar yang sering mencatat tulisan dengan tangan akan lebih cepat memahami suatu pelajaran, dibandingkan mereka yang mencatat lewat smartphone atau laptop.

5. Meningkatkan Daya Kreativitas

Meningkatkan Daya Kreatifitas
Meningkatkan Daya Kreatifitas/pexels.com/@monstera

Manfaat kelima menulis tangan bagi otak adalah dapat meningkatkan daya kreativitas. Jika kamu sudah terbiasa menulis otakmu akan terbiasa untuk berpikir sehingga dapat meningkatkan daya kreativitas. Dengan menulis secara otomatis bahasa kamu akan menjadi bagus sehingga akan mudah dalam mencari ide atau gagasan yang sesuai dengan pemikiran versi kamu sendiri.

Itulah 5 manfaat menulis dengan tangan bagi otak. Yuk, mulai sekarang tingkatkan kualitas dan daya otakmu dengan menulis.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id