sign up SIGN UP

LIFE

5 Tanaman Hias yang Bahaya Disimpan dalam Rumah

tyana | Jumat, 11 Jun 2021 15:00 WIB
5 Tanaman Hias yang Bahaya Disimpan dalam Rumah
Foto: Ilustrasi Tanaman Hias/instagram.com/houseplusplant/

Memenuhi rumah dengan tanaman membuat suasana lebih sejuk. Selain itu, tanaman dipercaya membawa energi positif yang menjadikan kita lebih rilex, sehat, dan semangat.

Tak hanya di luar rumah, tanaman hias saat ini menghiasi ruangan karena memiliki manfaat yang baik untuk sirkulasi udara. Namun ada beberapa tanaman hias yang sering dijadikan dekorasi ruangan memiliki racun, hingga berakibat buruk pada kesehatan.

Hal tersebut karena beberapa tumbuhan memerlukan karbondioksida dan mengeluarkan oksigen di siang hari dan sebaliknya menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida pada malam hari. Berikut tanaman hias yang sebaiknya dihindari disimpan di dalam rumah.

Caladium

5 Tanaman Hias yang Tak Boleh Disimpan di Dalam Rumah
Caladium/instagram.com/urbanjungling/

Caladium menjadi salah satu tanaman hias yang populer belakangan ini. Memiliki motif cantik dengan warna yang menarik membuat jenis tanaman ini disukai. Banyak juga yang memilih menjadikan tanaman jenis keluarga talas ini sebagai tanaman hias indoor yang menghiasi pojokan rumah. 

Sayangnya kecantikan tanaman hias ini dapat menjadi mimpi buruk untuk para penghuni rumah. Hal ini dikarenakan tanaman ini dapat menyebabkan pembengkakan pada dinding saluran pernafasan karena dapat menutup jalan keluar masuk udara. Tak hanya itu daun tanaman ini juga apabila tertelan atau digosokkan ke tangan dapat menyebabkan iritasi, infeksi dan gatal-gatal. Untuk itu sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Sansevieria

5 Tanaman Hias yang Tak Boleh Disimpan di Dalam Rumah
Sanseviera/instagram.com/jardinamazonas/

Sansevieria atau tanaman lidah mertua merupakan tanaman yang disukai karena merawatnya yang mudah, tidak memerlukan banyak sinar matahari dan menyerap polusi udara ataupun asap rokok sehingga membuat lingkungan rumah menjadi lebih segar. 

Sayangnya, menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animal (ASPCA) dapat berbahaya untuk peliharaan kita di rumah. Tak hanya itu tanaman ini juga mengandung saponin yang bersifat beracun bagi mahkluk hidup dan menyebabkan gastronomi seperti muntah-muntah ataupun diare. 

Dieffenbachia

5 Tanaman Hias yang Tak Boleh Disimpan di Dalam Rumah
Dieffenbachia/instagram.com/jardinamazonas/

Memiliki daun yang besar dengan motif cantik, membuat tanaman hias ini seringkali menjadi hiasan di pojok rumah. Tanaman ini juga banyak diincar oleh para kolektor karena dipercaya dapat menarik kebahagiaan. Sayangnya dilansir dari Detikhealth, tanaman hias ini pernah dilaporkan menyebabkan keracunan pada seorang anak. 

Di dalam tanaman hias ini mengandung enzim proteolitik yang dapat menyebabkan gatal dan bengkak. Tak hanya itu tanaman hias beracun ini juga mengandung zat aktif kristal kalsium oksalat yang dapat berpotensi menyebabkan keracunan. Untuk itu apabila kamu tertarik untuk menanam tanaman ini sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan agar tidak terjadi keracunan karena tak sengaja tertelan.

Philodendron

5 Tanaman Hias yang Tak Boleh Disimpan di Dalam Rumah
Philodendron/instagram.com/hello_happy_plants/

Tanaman hias berdaun hijau memang dapat membuat sekeliling rumah tampak lebih sejuk dan segar. Tanaman hijau juga dapat membuat pikiran tenang dan lebih enak dilihat oleh mata.

Memiliki daun berbentuk hati dengan warna hijau, membuat tanaman philodendron banyak dipilih sebagai tanaman hias di dalam rumah. Sayangnya sama halnya dengan tanaman dieffenbachia, tanaman ini dapat membuat seseorang keracunan apabila tak sengaja termakan. Oleh karena itu untuk tetap aman memajang tanaman hias ini pastikan tidak terjangkau anak-anak ataupun hewan peliharaan. 

[Gambas:Instagram]

Zanzibar Gem

5 Tanaman Hias yang Tak Boleh Disimpan di Dalam Rumah
Zanzibar Gem/instagram.com/hello_happy_plants/

Zanzibar Gem atau dikenal tanaman dollar ataupun ZZ plant pernah menjadi rebutan banyak kolektor. Bentuknya yang cantik seperti koin membuat banyak orang menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di dalam rumah. Sayangnya, penempatan tanaman hias ini di dalam rumah dapat berbahaya apabila tidak sengaja termakan oleh anak ataupun hewan peliharaan.

Sama halnya dengan tanaman Dieffenbachia, tanaman ini juga mengandung zat aktif kristal kalsium oksalat pada bagian daun dan batangnya. Untuk itu pikirkan kembali untuk menyimpan tanaman hias ini di dalam rumah. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id