sign up SIGN UP

LIFE

5 Jenis Tanaman Kaktus untuk Mempercantik Rumah

Friska NR | Kamis, 08 Apr 2021 16:00 WIB
5 Jenis Tanaman Kaktus untuk Mempercantik Rumah
caption

Tanaman kaktus masih banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias. Dengan bentuknya yang unik dan cara perawatannya yang simpel, tanaman khas gurun pasir ini tetap diminati untuk mempercantik rumah meski tren jenis-jenis tanaman hias baru bermunculan. 

Berikut 5 jenis tanaman hias yang cocok dijadikan dekorasi rumah!

1. Kaktus Candelabra

kaktus
Kaktus hias/Foto: instagram.com/kakamimigreenaery

Kaktus Candelabra memiliki nama latin myrtillocactus cochal. Kaktus jenis ini secara alami tumbuh di daerah lereng bukit dan bisa tumbuh mencapai tinggi 3 m. 

Dengan batangnya yang indah diselimuti duri abu-abu, kaktus cabdelabra menjadi salah satu jenis kaktus yang umum dijumpai sebagai tanaman hias di rumah. Cara merawatnya pun mudah, yakni dengan memperhatikan proses penyiraman agar jumlah air tidak terlalu berlebihan. 

2. Kaktus Strawberry Hedgehog

kaktus
Kaktus hias/Foto: instagram.com/redhillsdesertgarden

Kaktus strawberry hedgehog sangat populer dijadikan tanaman hias di dalam pot maupun di halaman rumah. Kaktus bernama latin echinocereus engelmannii ini memiliki ciri khas batang yang pendek dan berkelompok dengan duri berwarna kekuningan. Kaktus ini juga dapat tumbuh bunga berwarna magenta di puncaknya.

Kaktus strawberry hedgehog banyak digemari karena mudah beradaptasi di segala iklim. Umumnya, kaktus ini ditanam dalam campuran media tanam pot yang sesuai, dengan drainase serta aerasi yang sangat baik.

3. Kaktus Uban

kaktus
Kaktus hias/Foto: instagram.com/evergreengreenville

Memiliki nama latin cephalocereus senilis, kaktus uban atau kaktus orang tua tumbuh dengan diselimuti rambut halus berwarna putih di seluruh bagiannya. Kaktus ini berhabitat asli di gurun yang kering, panas dan terpapar sinar matahari langsung sehingga rambut putihnya berfungsi untuk melindungi batang kaktus dari paparan iklim yang panas.

Tempat menanam kaktus uban yang paling baik adalah pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sedangkan untuk media tanam, kamu bisa menggunakan campuran pot pasir, perlit, dan tanah untuk lapisan atasnya.

Informasi selengkapnya bisa kamu KLIK di sini ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id