sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Usir Jauh Rasa Malas yang Mengganggu dan Rawan Bikin Mager Seharian

Dian Aprilia | Minggu, 06 Jun 2021 08:00 WIB
5 Tips Usir Jauh Rasa Malas yang Mengganggu dan Rawan Bikin Mager Seharian
Rasa malas/ foto: pexels.com

Rasa malas yang sudah muncul sejak pagi bisa bikin agenda seharian berantakan dan banyak target tidak tercapai. Hal ini otomatis akan mempengaruhi aktivitas dan jam biologis esok hari. Tak jarang, rasa malas yang dibiarkan bisa menjadi karakter dan membuatmu kesulitan untuk mengubahnya.

Untuk itu, kamu perlu tahu kiat-kiat mengusir jauh rasa malas yang mengganggu dan bikin mager seharian. Bila perlu segera atasi sedini mungkin rasa malas agar tidak terlanjur mendominasi harimu. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips usir jauh rasa malas yang mengganggu dan bikin mager seharian:

Ingat Alasan Melakukan Sesuatu Hal

Ingat alasan
Ingat alasan/pexels.com

Rasa malas sering mengganggu saat kita menjalani aktivitas yang penting seperti belajar, bekerja, atau ibadah. Tentu dibalik aktivitas tersebut kamu memiliki motivasi yang besar. Agar rasa malas tidak membuatmu lalai dengan aktivitas tersebut, kamu bisa mengingat alasan melakukan sesuatu hal.

Apa motivasi terbesarmu saat belajar, bekerja dan beribadah? Ingatlah motivasi tersebut sepanjang hari untuk menegur diri sendiri dan menghalau rasa malas. Semakin kamu mengingat dan memegang teguh motivasi tersebut, maka akan semakin sulit rasa malas datang mengganggu.

Beri Reward dan Punishment

Reward and punishment
Reward and Punishment/pexels.com

Cobalah dengan memberi reward dan punishment. Di awal proses membiasakan diri, reward dan punishment ini termasuk cara yang bagus dan cukup jitu. Namun sebaiknya kamu menghindari cara ini jika sudah mulai terbiasa, agar reward dan punishment ini tidak mengurangi atau bahkan mengubah niat atau motif dasar dalam melakukan kebaikan.

Misalnya ingin mendapatkan hadiah handphone baru setelah belajar dan dapat nilai bagus. Saat kamu sudah ketergantungan dengan cara ini, kamu kesulitan bersemangat menjalankan aktivitas tanpa iming-iming hadiah. Jadi penting untuk membatasi agar reward dan punishment tidak terlalu berlebihan.

Paksa Diri untuk Melakukan Sesuatu

Paksa diri
Paksa diri/pexels.com

Hampir sama dengan tips kedua, kamu perlu memaksa dirimu untuk melakukan sesuatu. Jika malas belajar, coba paksa dirimu untuk melakukannya. Awalnya, kamu bisa memaksa diri untuk melakukan kegiatan selama 5 menit, lalu berangsur-angsur meningkat hingga targetmu tercapai.

Memaksa diri memang cenderung dianggap negatif, tetapi bisa jadi langkah awal yang jitu untuk mengabaikan rasa malas. Namun meski begitu, kamu tetap perlu membangun kesadaran mengenai nilai penting dari kegiatan tersebut agar bersemangat dan tidak setengah hati dalam melakukannya.

Ingat Sosok Seseorang yang Memotivasimu

Sosok yang memotivasi
Sosok yang memotivasi/pexels.com

Setiap orang pasti memiliki sosok yang memotivasi dan menginspirasi. Bisa dari tokoh sejarah, selebritis, influencer, dan lainnya. Kamu bisa mengingat sosok tersebut agar semakin giat dalam melakukan aktivitas yang produktif. Pilih sosok yang memiliki moralitas baik seperti pekerja keras, tekun, peduli sosial dan optimis agar bisa membentukmu jadi pribadi yang bersemangat dan jauh dari rasa malas.

Ketahui Akibat Rasa Malas

Rasa malas
Rasa malas/pexels.com

Coba bayangkan akibat dari rasa malas jika dibiarkan dan malah diikuti. Bayangkan apa yang terjadi 1 bulan ke depan, 1 tahun ke depan bahkan 5 tahun mendatang pada dirimu jika kamu masih terus-terusan berlaku seenaknya sendiri dan malas-malasan.

Dengan begitu akan muncul hal-hal negatif seperti karier yang stagnan, nilai buruk, kesehatan fisik dan mental yang terganggu dan lainnya. Rasa takut akan bayangan tersebut bisa memicumu untuk terus maju dan bergerak.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id