sign up SIGN UP

LIFE

5 Tanda Self Love dan Me Time Berlebihan Sampai Bikin Nggak Produktif

Dian Aprilia | Sabtu, 29 May 2021 22:00 WIB
5 Tanda Self Love dan Me Time Berlebihan Sampai Bikin Nggak Produktif
caption

Saat sedang merasa suntuk, stres dan jenuh, me time terkadang menjadi solusi yang paling tepat untuk semangat lagi. Namun sayangnya, wujud konkret self love ini sering dijadikan pembenaran untuk malas-malasan dan lari dari tanggung jawab. Alhasil me time yang disebut-sebut sebagai cara untuk mengembalikan semangat justru bikin kamu terpuruk dan gagal produktif.

Hal ini menunjukkan perlunya ada keseimbangan dalam rutinitas sehari-hari. Terlalu banyak bekerja juga bukanlah hal baik, sementara terlalu beristirahat juga bisa berdampak negatif. Untuk bisa menghindarinya kamu perlu memahami 5 tanda self love dan me time berlebihan sampai bikin nggak produktif:

Mengambil Waktu Kerja untuk Me Time

Me time
Me time/pexels.com

Curi-curi waktu kerja untuk kesenangan pribadi termasuk salah satu tanda bahwa kamu mengambil waktu me time yang keliru. Hal ini kerap terjadi saat momen WFH atau bekerja di rumah. Karena minimnya pengawasan, sehingga membuat pekerja merasa bebas dan mengambil waktu me time sewaktu-waktu selama jam kerja.

Alhasil pekerjaan jadi tidak terselesaikan dengan baik, kalaupun dipaksa selesai maka hasilnya akan tidak se-kualitas jika dikerjakan dengan fokus. Mengambil waktu kerja untuk me time termasuk bentuk salah kaprah dalam menerapkan self love. Sebaiknya gunakan waktu me time saat usai kerja dan malam hari, dengan begitu pekerjaan tidak akan terganggu.

Bangun Kesiangan Demi Tidur yang Cukup

Bangun kesiangan
Bangun kesiangan/pexels.com

“Ah masih jam 4 pagi, aku hanya tidur 4 jam dong, tidur lagi ah”. Bangun kesiangan sering jadi pembenaran untuk memenuhi kebutuhan tidur. Padahal perilaku kesiangan sangat erat dengan kebiasaan begadang di malam hari. Sebelum cari pembenaran, coba cek apa yang kamu lakukan saat begadang.

Apakah untuk kegiatan yang tidak produktif seperti nonton drakor, overthinking, scroll media sosial terlalu lama dan lainnya? Jika masalah ini disebabkan perilaku tidak produktif di malam hari, maka kamu perlu mengubah kebiasaan tersebut, bukan malah membiarkan diri bangun kesiangan.  

Tidak Berani Keluar dari Zona Nyaman untuk Hindari Stres

Zona nyaman
Zona nyaman/pexels.com

Adakalanya self love yang terlalu besar membuatmu tidak berani keluar dari zona nyaman. Kamu merasa di kondisi saat ini, kamu sudah nyaman, bahagia dan tenang sehingga tak perlu susah payah mencapai hal yang lebih baik lagi.

Alhasil, kamu kesulitan untuk mengembangkan skill, pengetahuan dan juga karakteristikmu. Hal ini membuat pencapaianmu stagnan dan tidak menutup kemungkinan akan semakin menurun karena tak diimbangi dengan mengikuti perkembangan zaman.

Menunda-nunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan
Menunda pekerjaan/pexels.com

Menunda-nunda pekerjaan juga acapkali menjadi alasan untuk self love dan me time. Kamu merasa sudah bekerja dan mencapai target awal sehingga merasa santai dan tidak segera melanjutkan pekerjaan. Padahal, kebiasaan ini rentan bikin kamu kecanduan dan mengulanginya di waktu-waktu ke depan. Akibatnya kinerjamu kian memburuk dan bahkan tidak mampu mencapai target akhir yang ditetapkan.

Tidak Belajar Hal Baru karena Merasa Puas

Malas
Malas/pexels.com

Saat mencintai diri sendiri, seseorang bisa terjebak pada rasa puas yang terlalu besar. Pencapaian yang berhasil diraih, diapresiasi secara berlebihan. Bahkan tak jarang yang memilih berpuas diri dan berhenti mempelajari hal baru lagi untuk mengembangkan kemampuannya. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, kamu bisa tertinggal dengan perkembangan zaman dan kariermu bisa stagnan.

Itulah 5 tanda self love dan me time yang berlebihan sehingga rentan bikin nggak produktif. Usahakan untuk bekerja dan beristirahat yang cukup dan sewajarnya ya, agar tidak berakibat buruk pada masa depanmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id