sign up SIGN UP

7 Tips Pilih Masker Anti Maskne, Dijamin Enggak Bikin Iritasi dan Jerawatan

Ayuliy Lestari | Jumat, 28 May 2021 08:30 WIB
7 Tips Pilih Masker Anti Maskne, Dijamin Enggak Bikin Iritasi dan Jerawatan
caption

Sudah lebih dari satu tahun, kita dihadapkan dengan aktivitas di tengah pandemi Covid-19, Ladies. Selain disarankan menjaga jarak dan mencuci tangan, masker juga merupakan salah satu item wajib yang perlu kamu pakai saat keluar rumah. Namun sayangnya menggunakan masker terlalu lama bisa menimbulkan jerawat yang biasa disebut istilah maksne.

Tentu saja penyebab utama timbulnya jerawat, karena area yang tertutup masker menjadi lembap dan memicu tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Tak hanya menggunakan produk skincare dan menjalani pola hidup sehat, untuk mencegah maksne, kamu perlu mencari masker yang tepat.

Berikut tips yang perlu kamu terapkan saat memilih masker agar terhindar dari maksne. Simak yuk!

1. Pilih Masker Berbahan Katun Agar Lebih Nyaman

tips memilih masker
tips memilih masker/freepik.com

Tips pertama agar kamu terbebas dari jerawat akibat terlalu lama memakai masker adalah dengan memilih bahan yang tepat. Masker berbahan katun lebih direkomendasikan karena bisa mengurangi terjadinya iritasi karena teksturnya yang lebih lembut dan menyerap keringat. Masker dengan bahan katun juga terkenal breathable sehingga pernapasan kamu terasa lebih lancar dan nyaman.

2. Gunakan Masker 3D

Face mask
Face mask/Instagram.com/hanabi_quinchi

Saat memilih masker, biasanya kamu berfokus pada model yang lebih pas pada wajah. Namun kamu juga perlu memilih model yang membuat kamu nyaman saat memakainya. Masker dengan model 3D sangat disarankan karena baik untuk pernapasan dan juga aman untuk kulit.

Masker dengan model 3D memberikan ruang di area bibir dan hidung sehingga meminimalisir terjadinya gesekan antara kulit dengan masker. Selain itu masker dengan model ini memiliki sirkulasi udara yang lebih baik sehingga kulit kamu tidak mudah lembap dan bakteri penyebab jerawat bisa dicegah.

3. Pilih Masker yang Minim Pewarna

tips memilih masker
tips memilih masker/freepik.com

Saat ini, masker bahkan dijadikan sebagai salah satu item fashion. Banyak sekali masker dengan bentuk dan motif yang cantik, mulai dari batik, floral, stripe, polka, hingga lace dan manik-manik. Meskipun terlihat fashionable namun masker dengan warna dan desain menarik tersebut bisa memicu timbulnya maksne.

Pewarna pada masker bisa menimbulkan iritasi dan menyumbat pori-pori. Jadi agar aman dan kulit kamu terbebas dari jerawat, kemerahan serta iritasi, sebaiknya pilih masker kain polos. Bahkan utamakan masker putih atau masker tanpa pewarna.

4. Cuci Masker dengan Benar

tips memilih masker
tips memilih masker/freepik.com

Kamu juga perlu mencuci masker dengan benar. Poin ini sangat penting untuk kamu yang memakai masker kain. Kamu perlu menghindari penggunaan deterjen atau pewangi secara berlebihan karena residunya bisa tertinggal di dalam masker sehingga hal tersebut memicu munculnya jerawat.

5. Selalu Bawa Masker Cadangan

tips memilih masker
tips memilih masker/freepik.com

Kamu juga perlu sering-sering mengganti masker yang sedang kamu pakai, Ladies. Apalagi jika kamu beraktivitas di luar ruangan yang membuat kulit terpapar keringat, debu dan kotoran. Sebaiknya jangan gunakan masker lebih dari 4 jam. Kamu bisa membawa masker cadangan agar lebih aman.

6. Utamakan Kualitas Dibanding Kuantitas

tips memilih masker
tips memilih masker/freepik.com

Saat membeli masker, terkadang kamu tertarik dengan harga yang lebih murah. Apalagi kamu perlu berganti masker untuk meminimalisir masalah kulit. Namun kamu juga perlu mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Pilih masker dengan model dan bahan yang tepat agar nyaman digunakan serta tidak menimbulkan iritasi dan jerawat.

[Gambas:Instagram]

7. Masker Sekali Pakai Lebih Aman

tips memilih masker
tips memilih masker/freepik.com

Sebenarnya dibanding dengan masker kain, masker sekali pakai lebih disarankan. Risiko terjadi jerawat pada kulit bisa diminimalisir karena kamu tidak perlu memikirkan deterjen yang tepat dan cara mencuci yang benar. Masker sekali pakai juga membuat kamu lebih bisa bernapas, ringan dan nyaman.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang mudah berjerawat karena masker. Semoga membantu, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id