sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Langkah Tepat Merawat Kulit Maskne, Gak Ganggu Lagi!

Novianty Aulia | Senin, 05 Apr 2021 19:15 WIB
6 Langkah Tepat Merawat Kulit Maskne, Gak Ganggu Lagi!
caption

Adakah dari kamu yang menyadari kulit wajah menjadi mudah iritasi? Atau bahkan jerawat muncul lebih parah dari biasanya? Jika merasakan hal ini, kemungkinan besar kamu sedang mengalami kondisi mask acne.

Istilah mask acne atau disingkat maskne menggambarkan suatu kondisi dimana wajah kamu menjadi iritasi karena adanya pergesekan antara permukaan masker dengan kulit wajah yang menimbulkan datangnya jerawat. Hal ini tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri karena masker yang seharusnya menjadi pelindung diri dari berbagai virus malah mengundang datangnya permasalahan lainnya.

Tetapi kamu tidak perlu bingung ladies, karena masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi serta merawat kulit kamu dari masalah maskne. Berikut Beautynesia akan membagikan 6 tips yang perlu kamu perhatikan untuk merawat kulit wajahmu agar jauh dari mask acne. 

1. Selalu Bersihkan Wajah Sebelum dan Selalu Memakai Masker

Bersihkan Wajah selalu sebelum dan sesudah memakai masker.
Rutin membersihkan wajah/Freepik.com


Walaupun kamu menggunakan masker selama beraktivitas bukan berarti segala macam kotoran, debu ataupun bakteri jahat lainnya tidak dapat menempel di wajah kamu lho. Kondisi wajah yang kotor tentunya memudahkan timbulnya jerawat.

Oleh karena itu pastikan kamu selalu membersihkan wajahmu baik sebelum ataupun sesudah menggunakan masker. Hal ini dilakukan sebagai langkah mengurangi risiko tertinggalnya kotoran serta bakteri yang dapat menyebabkan jerawat di wajah kamu.

Selain itu, disarankan kamu menggunakan produk pembersih wajah yang lembut dan tidak menggandung bahan yang keras untuk wajah. Dikhawatirkan dengan adanya kandungan yang keras, kulitmu malah menjadi sangat kering dan mudah iritasi.

2. Hindari Makeup Secara Berlebihan

Penggunaan riasan yang berlebihan juga meningkatkan resiko munculnya mask acne.
Ilustrasi beragam riasan wajah/Freepik.com


Tak hanya bakteri serta debu yang dapat memicu timbulnya jerawat, ternyata riasan yang kamu gunakan juga bisa menjadi faktor munculnya berbagai permasalahan di wajah lho.

Penggunaan riasan yang terlalu tebal nyatanya tidak terlalu baik untuk kondisi wajah kamu lho, terlebih pada kondisi saat ini dimana kamu menggunakan masker dalam waktu yang cukup lama. Kondisi seperti ini dapat membuat pori-pori di wajah kamu menjadi tersumbat dan malah memperburuk kondisi jerawat di wajah.

Sebaiknya gunakan riasan wajah dengan secukupnya ya Ladies, dan jangan lupa untuk memastikan selalu kebersihan segala alat riasan wajah kamu.

3. Kunci Kelembapan Kulit dengan Moisturizer

Wajahmu bisa kering karena memakai masker, oleh karenanya kamu butuh sentuhan moisturizer
Ilustrasi Produk pelembab untuk wajah/Freepik.com


Terperangkap lama dalam balutan masker bisa membuat wajah kamu menjadi sangat kering dari biasanya, apalagi jika kulit wajahmu tergolong sensitif. Tak hanya itu, gesekan antara masker dengan permukaan wajah juga bisa bikin kulitmu iritasi lho.

Langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kulit wajah yang kering ialah senantiasa menggunakan pelembab atau moisturizer. Dengan mengaplikasikan pelembab, kadar air dalam wajahmu akan terkunci dan kulitmu akan senantiasa lembap dan jauh dari kata kering. Penggunaan moisturizer secara rutin juga dapat membuat kulitmu senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit lho.

[Gambas:Instagram]

4. Rutin Mengganti Masker

Selalu mengganti masker yang telah kamu pakai sebelumnya.
Buanglah masker yang telah dipakai/Freepik.com


Meskipun masker kamu terlihat bersih, bukan berarti bakteri ataupun kuman tidak menumpuk di permukaan masker. Apalagi, jika kamu terbiasa memakai masker yang sama lebih dari dua kali. Bisa dibayangkan segala macam bakteri bisa berpindah dan menempel di wajah.

Jadi, saat kamu menggunakan masker sekali pakai, buanglah dan ambil masker yang baru untuk dipakai beraktivitas keesokan harinya. Kamu juga bisa memakai masker berbahan kain tetapi jangan lupa untuk dicuci dan pakai kembali ketika sudah bersih.

5. Pertimbangkan Bahan atau Jenis Masker yang Digunakan

Pertimbangkan kembali segala jenis masker yang kamu gunakan karena dapat memicu timbulnya mask acne
Ilustrasi beragam jenis masker/Pinterest.com/refinery29


Memilih bahan masker sepertinya bukan menjadi prioritas utama jika dibandingkan dengan model serta corak menarik dari masker tersebut. Padahal, jenis atau bahan masker yang kamu gunakan juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah kamu lho.

Perlu kamu ketahui bahwa tak semua jenis masker efektif dalam menangkal bakteri ataupun kotoran yang dapat menempel di wajah. Selain itu, banyak masker berbahan dasar kain yang tidak terlalu ramah jika dibiarkan lama bergesekkan dengan kulit wajah.

Carilah masker dengan lapisan bahan yang memudahkan kamu untuk bernafas, salah satunya ialah katun. Bahan dasar katun terbukti lebih lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada wajah. Hindari uga masker kain yang kasar karena tak hanya dapat menimbulkan iritasi, kain kasar dapat membuat keringat menumpuk pada wajah dan menimbulkan jerawat.

6. Konsumsi Makanan Bervitamin

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah
Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi/Freepik.com


Bukan hanya beragam obat jerawat ataupun pencegahan dari luar, kamu juga perlu memperhatikan segala makanan yang kamu konsumsi di setiap harinya.

Mulailah rutin untuk mengkonsumsi segala makanan yang penuh dengan kandungan nutrisi serta vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dengan menerapkan kebiasaan ini, tak hanya kulit sehat yang kamu dapatkan tetapi juga meningkatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi beragam virus berbahaya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id