sign up SIGN UP

LIFE

Agar Tampak Instagramable, Yuk Simak Tips untuk Menjaga Dapur Tetap Rapi

Rumaysha Milhania | Rabu, 07 Oct 2020 12:00 WIB
Agar Tampak Instagramable, Yuk Simak Tips untuk Menjaga Dapur Tetap Rapi
caption
Jakarta -

Dibandingkan dengan bagian rumah lainnya, dapur menjadi salah satu jantung rumah yang menjadi tempat beraktivitas paling sering. Di sanalah keluarga biasanya akan berkumpul, bercerita, berbincang sambil memasak atau menyantap makanan bersama. Bahkan, sebagian besar keluarga tidak menghabiskan waktu di ruang keluarga melainkan di dapurnya. 

Dibandingkan dengan bagian rumah lainnya, dapur menjadi salah satu jantung rumah yang menjadi tempat beraktivitas paling sering.
Dapur/ Sumber: Freepik.com

Tidak hanya itu, bagi mereka yang memiliki hobi memasak, tentu memiliki dapur yang cantik dan nyaman adalah sebuah impian. Lalu, bagaimana caranya untuk bisa memiliki dapur yang rapi dan Instagramable. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memiliki dapur yang rapi dan tertata.

1. Tentukan Nuansa Dapur yang Diinginkan

Memiliki dapur dengan nuansa yang jelas akan membantumu menciptakan dapur yang rapi. Kamu bisa mengaturnya dengan memilih perlengkapan dapur yang satu tema. Misalnya, kamu dapat memilih piring, gelas, toples, hingga wadah-wadah dengan nuansa warna yang senada. Untuk yang lebih ekstrim, kamu juga bisa mencoba mengubah interior dapur untuk tampilan yang lebih total.


2. Buatlah Kompartemen yang Jelas

Jangan biarkan dapurmu berantakan dengan peletakan barang yang sembarangan dan menumpuk di counter top dapurmu. Jadi, buatlah kompartemen yang jelas untuk alat makan, piring, mangkuk, panci dan wajan, hingga lap-lap yang kamu miliki. Dengan begitu, dapur akan terlihat lebih rapi.

Jangan biarkan dapurmu berantakan dengan peletakan barang yang sembarangan dan menumpuk di counter top dapurmu.
Menata Dapur/ Sumber: Freepik.com

3. Ketahui Cara Penyimpanan Bahan Makanan yang Tepat

Selain itu, hindari menyimpan bahan makanan sembarangan. Jangan sampai kamu menyimpan bahan makanan yang mudah busuk dan terlupakan begitu saja. Ini berisiko menyebabkan dapurmu cepat kotor dan bau. Begitu pula dengan penempatan bahan makanan di lemari es. 

4. Miliki Kebiasaan Masak dengan Rapi dan Bersih

Saat masak, jangan biarkan sampah-sampah bekas bahan masakanmu berserakan. Ketahui cara masak dengan lebih rapi. Misalnya, kupaslah sayur dan buah-buahan di atas wadah untuk mengumpulkan semua sampah. Siapkan selalu lap dan tisu untuk membersihkan kotoran yang sekiranya akan susah dihilangkan jika dibiarkan terlalu lama.

Siapkan selalu lap dan tisu untuk membersihkan kotoran yang sekiranya akan susah dihilangkan jika dibiarkan terlalu lama.
Merapikan Dapur/ Sumber: Freepik.com

5. Bersihkan Secara Teratur

Terakhir, pastikan untuk selalu membersihkan dapur secara teratur. Idealnya, dapur seharusnya dibersihkan dua atau tiga minggu sekali. Untuk lemari es dan rak-rak dapur, kamu harus mencoba merapikannya setidaknya satu atau dua bulan sekali. Rutinitas ini akan membuat dapurmu terjaga tetap rapi dan bersih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id