sign up SIGN UP

LIFE

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Ini Cara Tepat untuk Menghindari Mimpi Buruk

Rumaysha Milhania | Jumat, 20 Nov 2020 02:00 WIB
Agar Tidur Lebih Nyenyak, Ini Cara Tepat untuk Menghindari Mimpi Buruk
Tips Tidur Nyenyak/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Mimpi buruk adalah mimpi yang dapat mengganggu pola tidur dan membuat kamu stress. Ini juga dapat menjadi bentuk dari kerja pikiran bawah sadar kita yang membuat kita ketakutan dan ketegangan saat kita tertidur dan beristirahat.

Mimpi buruk dapat mengganggu dan membuat tertekan dan terkadang menyebabkan sulit tidur. Untuk menghindari mimpi buruk, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Langkah dasar yang perlu kita lakukan untuk menghindari mimpi buruk adalah dengan mengetahui penyebab kita bermimpi buruk.

Mimpi buruk adalah mimpi yang dapat mengganggu pola tidur dan membuat kamu stress.
Mencegah Mimpi Buruk/ Sumber: Freepik.com

Berikut beberapa cara sederhana untuk mencegah mimpi buruk yang dapat mengganggu tidur kamu.

Siapkan Tempat yang Nyaman untuk Tidur

Pastikan kamu tidur di tempat tidur dan posisi tidur yang nyaman. Semakin nyaman kondisi kamar dan tempat tidur, semakin besar kemungkinan kamu akan menikmati tidur dan tidur terlelap tanpa mimpi buruk. Ketahui juga posisi tidur yang baik yang membuat kamu nyaman saat kamu tertidur.

Tambahkan Wewangian di Kamar

Simpan bunga segar di kamar tidur kamu, atau kamu juga bisa gunakan lilin aromaterapi dan diffuser di kamar tidur mu. Gunakan minyak aromatic seperti lavender di bantal kamu. Penelitian telah menunjukkan bahwa wewangian yang menyenangkan dapat memiliki efek positif pada mimpi kamu dan dapat menjauhkan mimpi buruk.

Makan malam yang dekat dengan waktu tidur dapat membuat kamu mimpi buruk, jadi cobalah untuk tidak melakukannya.
Makan Malam/ Sumber: Freepik.com

Perhatikan Asupan Makanan Sebelum Tidur

Makan malam yang dekat dengan waktu tidur dapat membuat kamu mimpi buruk, jadi cobalah untuk tidak melakukannya. Kamu juga harus menghindari minuman berenergi tinggi, minuman bersoda, alkohol, kopi atau teh, di malam hari. Minuman sejenis ini mengandung kafein yang akan membuat kamu terjaga sampai larut malam.

Hilangkan Stres dan Istirahatkan Pikiran

Jangan bawa stress masuk ke dalam kamar tidurmu. Melakukan aktivitas olahraga dua atau tiga kali seminggu akan membantu melepaskan ketegangan dan stress yang mungkin kamu bawa pulang dari aktivitasmu sehari-hari.

Jika kamu bukan tipe orang yang sporty, berjalan-jalanlah di luar pada malam hari dapat membantu menjernihkan pikiran mu. Membaca buku yang bagus adalah pilihan lain yang dapat membantu kamu bersantai dan menghilangkan stres.

Tetapi pastikan kamu hindari cerita horor, thriller, dan hal lain yang dapat menstimulasi imajinasi mu.

Jika kamu mengalami mimpi buruk, pastikan kamu menjauh dari gadget dan layar setelah jam 10 malam atau setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.
Mimpi Buruk/ Sumber: Freepik.com

Jauhkan Gadget Sebelum Tidur

Tahukah kamu jika blue light dapat memberikan efek buruk pada siklus tidur kita? Blue light  yang dipancarkan dari perangkat digital kamu dapat mengacaukan produksi melatonin - hormon yang mengatur kamu. Jadi, pastikan untuk menjauhi perangkat digital setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id