sign up SIGN UP

LIFE

Anti Mager, Ini 5 Aktivitas Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Anindya Milagsita | Senin, 19 Apr 2021 13:30 WIB
Anti Mager, Ini 5 Aktivitas Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa
caption

Ladies, selama berpuasa tentu ada momen di mana tubuh terasa lemas dan enggan untuk melakukan apa-apa. Meskipun begitu, puasa bukan jadi alasan untuk kamu bermalas-malasan alias mager. Karena aktivitas fisik saat berpuasa penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan juga segar.

Enggak harus melakukan aktivitas yang menguras tenaga, kamu bisa melakukan hal-hal ringan yang memberi dampak baik bagi tubuh. Terus apa saja aktivitas fisik saat berpuasa yang bisa dilakukan tanpa membuat tubuh semakin lemas? Yuk cari tahu jawabannya lewat artikel berikut!

1. Berkebun

Berkebun untuk mengisi waktu luang saat tengah menjalankan ibadah puasa.
Aktivitas Fisik Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Siapa nih di antara kamu yang suka berkebun? Aktivitas menyenangkan yang satu ini bisa kamu lakukan saat berpuasa lho. 

Berkebun sendiri menjadi salah satu aktivitas berpuasa yang cukup ringan untuk dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan menyiram tanaman, membersihkan daun-daun berguguran di atas pot, dan aktivitas berkebun lain yang masih tergolong ringan.

2. Membersihkan Rumah

Mengisi aktivitas selama berpuasa dengan membersihkan rumah.
Aktivitas Fisik Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Tak hanya berkebun, buat mengisi waktu luang selama menjalankan ibadah puasa kamu juga bisa melakukan aktivitas dengan membersihkan rumah. Aktivitas fisik saat berpuasa yang satu ini cukup ringan untuk dilakukan kalau kamu melakukannya secara berkala, Ladies.

Kamu bisa memulai dengan membersihkan beberapa ruangan terlebih dahulu, kemudian melanjutkannya lagi nanti saat memiliki waktu luang yang lain. Pepatah 'kebersihan sebagian dari iman' bisa kamu terapkan sebagai aktivitas berpuasa untuk mengisi waktu luang.

3. Memasak Menu Berbuka

Memasak menu berbuka untuk mengisi aktivitas.
Aktivitas Fisik Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Next, momen bulan suci Ramadan bisa kamu jadikan sebagai kesempatan buat unjuk kebolehan saat memasak, Ladies. Kamu juga bisa eksplor lebih dalam lagi berbagai resep masakan baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. 

Waktu berbuka pun jadi timing yang pas buat kamu beraktivitas fisik saat berpuasa. Selain menambah referensi masakan, kamu juga mendapat manfaat baik saat melakukan aktivitas gerak.

4. Mencoba Resep Kue Kering

Mencoba berbagai resep kue kering untuk mengisi waktu luang selama berpuasa.
Aktivitas Fisik Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Sama seperti memasak menu berbuka, aktivitas fisik saat berpuasa lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba berbagai resep kue kering. Hari Raya Idul Fitri yang akan tiba setelah bulan Ramadan bisa kamu jadikan sebagai peluang untuk membuat berbagai jenis kue kering, Ladies.

Momen ini juga bisa kamu pilih sebagai quality time bersama si kecil lho. Kamu bisa mengajak si kecil untuk bersama-sama membuat kue kering. Aktivitas berpuasa pun terasa semakin menyenangkan.

[Gambas:Instagram]

5. Berbagi Takjil

Membagikan takjil sebagai salah satu aktivitas di bulan puasa.
Aktivitas Fisik Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Last but not least, buat kamu yang ingin beraktivitas sekaligus memberikan dampak baik bagi sesama, bisa bergabung dalam tim volunteer ataupun mengajak orang-orang terdekat untuk melakukan amal.

Aktivitas fisik saat berpuasa ini bisa dilakukan dengan membagikan takjil sebagai menu berbuka puasa bagi orang lain. Tak hanya tubuh yang lebih sehat, pahala pun bisa mengalir saat melakukan aktivitas berpuasa yang satu ini. Selamat mencoba ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id