sign up SIGN UP

LIFE

Biar Gak Boros, Begini Cara Berhenti Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Jovita | Sabtu, 07 Nov 2020 13:45 WIB
Biar Gak Boros, Begini Cara Berhenti Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan
caption

Perkembangan teknologi dan internet membuat berbagai aspek dalam kehidupan menjadi lebih mudah, seperti kegiatan berbelanja. Saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk belanja online daripada berbelanja langsung di toko.

Beberapa faktor yang mendorong hal tersebut, yaitu karena kondisi pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Ada pula banyak promosi besar-besaran yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan belanja online

Tak jarang besarnya promosi yang ditawarkan membuat Beautynesian lupa cara hemat dan tergiur untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Karena itu, Beautynesia akan berbagi cara agar kamu bisa mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

1. Belajar untuk menahan keinginan 

Menahan Keinginan/ Foto: Pexels.com
Menahan Keinginan/ Foto: Pexels.com

Jika Beautynesian adalah pembeli impulsif yang mudah terbuai untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan, maka cobalah untuk menahan godaan dan keinginan mulai dari sekarang. Jangan biarkan dirimu terlalu sering terpapar oleh iklan maupun media belanja online.

Saat kamu sangat ingin membeli barang tersebut, coba tahan hingga beberapa hari. Setelah beberapa hari, coba pikirkan kembali apakah kamu hanya menginginkannya atau benar-benar membutuhkannya?

Selama masa tunggu ini, Beautynesian juga bisa tanyakan beberapa pertanyaan pada diri sendiri, seperti apakah aku perlu ini? Mengapa aku harus membeli ini dan apakah aku akan menggunakan ini selama sekitar 6 bulan dari sekarang? Biasanya setelah proses berpikir ini, keinginan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan akan menghilang begitu saja.

2. Buat daftar belanja beserta anggarannya

Buat Daftar Belanja dan Budgetnya/ Foto: Pexels.com
Buat Daftar Belanja dan Budgetnya/ Foto: Pexels.com

Cara terpenting untuk berhenti membeli barang yang tidak diperlukan adalah dengan membuat daftar belanja beserta anggarannya. Jika Beautynesian memiliki daftar barang yang dibutuhkan sebelum memulai belanja online, maka pengeluaran bisa jadi lebih ditekan. Kamu akan lebih fokus pada barang-barang yang ada dalam list dan mengabaikan barang lain.

Setiap awal bulan, duduklah di tempat tenang dan buatlah daftar kebutuhanmu, kemudian tetapkan anggaran bulanan untuk kebutuhan tersebut. Ingat, anggaran tidak boleh lebih dari seperempat gaji Beautynesian. Hal ini juga akan merupakan salah satu cara hemat yang ampuh. Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran di bulan tersebut dan lakukan pengecekan ulang di akhir bulan, pastikan semuanya masih sesuai dengan budget.

3. Belanja sekali dan sekaligus

Belanja Sekali Tapi Sekaligus/ Foto: Pexels.com
Belanja Sekali Tapi Sekaligus/ Foto: Pexels.com

Penyebab kamu boros dan menghabiskan uang untuk barang yang tidak penting adalah karena kamu terbiasa untuk belanja beberapa kali dalam sebulan. Padahal belanja beberapa kali dalam sebulan akan mengeluarkan uang lebih boros dibandingkan belanja sekali namun sekaligus.

Biasanya orang memecah belanjaannya menjadi beberapa kali agar nominal yang dikeluarkan jadi lebih kecil. Sayangnya, hal ini justru menimbulkan persepsi bahwa nominal yang dikeluarkan masih kecil sehingga kamu masih punya ruang untuk berbelanja barang lain. Kemudian saat dihitung di akhir bulan, barulah terasa bahwa tagihanmu sudah hampir meledak.

Jadi sebaiknya, tetapkan tanggal untuk berbelanja di setiap bulan. Setelah itu, periksa kembali daftar belanja dan budget yang sudah kamu buat sebelumnya. Baru kemudian kamu belanja sekaligus semua barang yang dibutuhkan pada tanggal yang sudah ditetapkan.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id