sign up SIGN UP

LIFE

Sembunyikan Aib Lama, Ini 4 Tips Hapus Jejak Digital di Internet

Izzul Millati Umami | Jumat, 24 Jul 2020 02:00 WIB
Sembunyikan Aib Lama, Ini 4 Tips Hapus Jejak Digital di Internet
caption
Jakarta -

Ladies, di era teknologi saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial yang berisi postingan foto maupun video. Teknologi memang memudahkan orang untuk berkomunikasi. Tapi, tahu kah kamu apa yang diposting di media sosial akan meninggalkan jejak digital bahkan hingga bertahun-tahun mendatang? Bahkan, banyak orang yang telah menjadi korban penyalahgunaan akun media sosial dengan mengakses identitas diri mulai dari media sosial maupun emailmu. So, jangan gegabah ya dan bijak lah menggunakan media sosial! Tapi, jangan cemas, Ladies! Berikut 4 cara menghilangkan jejak digital di media sosial:

1. Hapus Akun di Internet dengan Deseat.me

Hapus akun di Internet
Hapus akun di Internet/Sumber:Pixabay.com

Aplikasi yang diluncurkan oleh Wille Dhlbo dan Linus Unneb ck ini cukup mudah loh untuk menghapus jejak digital. Kamu hanya perlu membuka website www.deseat.me di browsermu, kemudian login dengan akun google. Ikuti petunjuknya dan klik Add Delete Queue untuk menghapusnya, jika ingin dibiarkan, cukup klik Keep. Tunggu sampai selesai hingga jejak digitalmu di website maupun aplikasi sudah terhapus. 


2. Hapus Postingan Facebook dengan Exfoliate

Hapus Video
Hapus Video/Sumber:Pixabay.com

Ladies pernah mengunggah foto dan video konyol di akun Facebook? Tau nggak sih kalau postingan yang terlalu konyol bisa bikin boomerang kalau atasanmu melihat postingannya? Nah, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus postingannya di Facebook. Lewat aplikasi exfoliate ini, Ladies dapat menghapus postingan di Facebook berupa foto, likes, komentar, lokasi unggahan, dan waktu posting. Cukup dengan mengunduh aplikasinya saja, loh. Bahkan data terlama yang pernah kamu unggah juga bisa dihapus.

3. Hapus Kicauan di Twitter

Hapus Tweet
Hapus Tweet/Sumber:Pixabay.com

Kamu cukup aktif di Twitter? Aplikasi dengan logo burung ini sering dimanfaatkan oleh warganet untuk membahas isu tertentu. Kalau kamu pernah mengeluarkan kicauan negative di Twitter, kamu bisa loh memanfaatkan website Tweetdelete untuk menghapus jejak digitalmu di Twitter. Buka websitenya lalu pilih jejak digital tahun berapa yang akan kamu hapus di Twitter. 

4. Hapus Akun Pribadi dengan JustDelete.me

Hapus Akun Medsos
Hapus Akun Medsos/Sumber:Pixabay.com

Jika kamu punya akun pribadi di media sosial maupun website dan ingin mendeletenya, Ladies bisa, loh memanfaatkan layanan JustDelete.me. Di sini, Ladies bisa memilih akun yang akan dihapus. Bahkan, sejauh ini telah ada 40 situs layanan web ataupun email yang telah resmi terdaftar. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id