sign up SIGN UP

Bosan Belajar Online di Rumah Selama Pandemi? Atasi dengan Tips Ini

Shinta Nikmah | Kamis, 01 Jul 2021 12:00 WIB
Bosan Belajar Online di Rumah Selama Pandemi? Atasi dengan Tips Ini
caption

Seperti yang kita tahu, pandemi corona yang belum berakhir ini memaksamu untuk masih beraktivitas di dalam rumah, termasuk sekolah atau belajar online. Hal tersebut tentu bisa membuatmu merasa bosan, karena tidak bisa berinteraksi langsung dengan guru dan teman, layaknya yang dilakukan ketika pembelajaran berlangsung di sekolah.

Nah, untuk mengatasi kebosananmu saat belajar secara daring, Beautynesia punya tips yang bisa kamu ikuti, nih.

Tambahkan Dekorasi di Meja Belajar

Daring
Dekorasi meja belajar saat belajar online/ Foto: freepik.com

Ketika belajar online, kamu akan sering duduk di meja belajar sambil menatap laptop atau handphone. Padahal terlalu sering menatap layar bisa membuatmu lelah dan bosan. Nah, agar suasana belajar lebih fresh, kamu bisa tambahkan dekorasi dengan meletakkan beberapa tambahan seperti tanaman hias, mood board, hingga wallpaper lucu di dalam ruang belajar.

Bukan sekadar pajangan belaka, tanaman hias juga bisa menyaring udara sehingga suasana di dalam ruang belajar lebih segar, dan membantu memunculkan emosi positif.

Sementara mood board, bisa kamu gunakan untuk menempelkan catatan kecil seperti deadline tugas atau quote kesukaanmu agar lebih semangat.

Keep In Touch dengan Teman

virtual
Berinteraksi Secara Virtual/ Foto: freepik.com

Meski kamu tidak bisa bertemu dengan teman-teman seperti ketika belajar di sekolah, kamu harus tetap berinteraksi dengan mereka meski secara tidak langsung. Kamu bisa jadwalkan bertemu secara virtual di luar jam belajar online, sehingga bisa ngobrol dan bercerita tentang hal apapun. 

Berinteraksi dengan teman bisa menghindarkanmu dari stres selama belajar online, lho. Ngobrol dengan teman juga akan membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasimu selama pandemi.

Berlatih Manajemen Waktu yang Baik

Catatan
Menuliskan catatan/ Foto: freepik.com

Ketika belajar daring, kamu pasti juga memiliki tanggung jawab sebagai pelajar seperti mengerjakan tugas atau mengerjakan tes. Nah, agar kamu tidak kesulitan membagi waktu dan bisa menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, kamu harus me-manage waktu dengan baik.

Jangan terlalu terlena dengan deadline tugas yang masih lama. Jika kamu punya waktu untuk segera mengerjakan tugas, maka optimalkan waktu tersebut untuk mengerjakan tugas. Sebab ketika tugas sudah menumpuk dan deadline sudah terlalu mepet, biasanya kamu akan terburu-buru atau justru malas mengerjakannya. Nah, bila pola ini terus-menerus dilakukan, tentunya selain lelah, kamu juga akan merasa bosan untuk merasa 'dikejar-kejar' terus, kan?

Pilih Metode Belajar yang Sesuai

Musik
Mendengarkan musik/ Foto: freepik.com

Belajar sendiri di rumah memang terasa lebih sulit sebab kamu harus melakukan semuanya sendiri termasuk memahami materi dan mengaplikasikan materi. Namun sisi baiknya, kamu bisa bebas memilih metode belajar yang disesuaikan dengan keinginanmu.

Kamu mungkin lebih nyaman belajar sambil mendengarkan musik atau belajar melalui video pembelajaran dari internet. Kamu juga bisa melakukan inovasi dalam belajar seperti mencatat rumus-rumus penting dari buku materi, atau mempraktekkan langsung ilmu yang baru saja kamu dapat agar terhindar dari kebosanan.

Jangan Lupa Refreshing

Camping
Camping di halaman rumah/ Foto: freepik.com

Setelah melewati minggu yang penuh pembelajaran, kamu berhak melakukan kegiatan yang bisa me-refresh pikiran. Refreshing perlu kamu lakukan agar terhindar dari stres selama belajar daring. Berhubung kondisi tidak memungkinkanmu untuk melakukan kegiatan refreshing di keramaian, maka kamu tetap bisa refreshing di halaman rumah atau alam terbuka, namun yang jauh dari keramaian dan minim bertatap muka dengan orang lain. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id