sign up SIGN UP

LIFE

Bulk Store, Supermarket Kekinian yang Beri Pengalaman Berbeda Saat Berbelanja

Nisrina Salsabila | Kamis, 19 Nov 2020 14:30 WIB
Bulk Store, Supermarket Kekinian yang Beri Pengalaman Berbeda Saat Berbelanja
caption
Jakarta -

Tahukah Ladies, sekarang ini keberadaan sampah plastik di dunia sudah berada di ambang memprihatinkan bagi keberlangsungan bumi dan alam. Oleh karena itu, banyak inovasi dan kampanye gerakan hidup ramah lingkungan, hidup berkelanjutan, juga zero waste yang dilakukan oleh warga dunia.

Berangkat dari latar belakang tersebut, maka kemudian muncul lah konsep ide bulk store

Bulk store atau toko curah adalah sejenis toko grosir yang menjual barang dalam jumlah dan ukuran besar, namun tidak dijual dalam per kemasan plastik.

Layaknya supermarket biasa, bulk store juga menjual beragam kebutuhan dasar yang terbilang cukup lengkap, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, minyak, tepung, snack, shampoo, sabun, pembersih lantai, dan lain-lain.

bulk store, toko curah ramah lingkungan
Bulk store Selama di Bogor/Foto: Instagram/selama.ada.di.bumi

Lantas, apa, bedanya dengan pasar tradisional yang menjual produk curah/grosir? Keistimewaan bulk store terletak pada produk-produknya yang berasal dari bahan-bahan organik dan sebagian merupakan produk homemade yang ramah lingkungan dari bahan-bahan alami.

Cocok banget, nih, buat kamu yang menerapkan gaya hidup vegan. Tak jarang, produk-produk di sini juga merupakan produk lokal dari UMKM, loh!

bulk store, toko curah ramah lingkungan
produk organik dan UMKM yang dijual di bulk store/Foto: Instagram/selama.ada.di.bumi

Kelebihannya lagi, produk-produk dalam toko ini tidak dikemas dalam kemasan sekali pakai lantaran mengusung tema zero waste shop. Alhasil mampu secara efektif mengurangi sampah kemasan produk berbahan plastik yang sulit terurai.

Pemilik toko mendapatkan barang dagangannya dari pemasok/agen yang mengemas barang di dalam kontainer besar seperti tong, jeriken atau karung. Nantinya, pasokan barang tersebut ditaruh di dalam wadah besar khusus.

Itulah mengapa produk-produk yang dijual di bulk store ditaruh di dalam toples kaca, kontainer besar, karung, botol, dispenser atau jeriken yang disesuaikan dengan jenis barangnya.

bulk store, toko curah ramah lingkungan
Bulk store Saruga di Bintaro/Foto: Instagram/sarugapackfreestore

Para pelanggan bulk store harus membawa wadah dan kantong belanja sendiri. Misalnya tote bag, produce bag, toples, atau tempat belanja lainnya. Jika tidak membawa wadah sendiri, maka pelanggan bisa meminjam dari toko tersebut dengan membayar deposit yang bisa kamu ambil di transaksi selanjutnya.

Opsi lain, kamu bisa membeli wadah yang dapat dipakai ulang yang tersedia di toko tersebut. So, pastikan kamu membawa tote bag berukuran besar, ya, seperti saat kamu berbelanja di supermarket biasa.

Keunikan lainnya, karena produk yang dijual tidak per kemasan, maka harga barang yang dibeli dihitung berdasarkan jumlah dan beratnya per satuan berat (gram) untuk benda padat dan volume (liter) untuk produk cair.

Makanya, pembeli harus tahu berat dan ukuran dari wadah yang mereka bawa. Kamu nggak perlu takut rugi dengan penghitungannya, sebab di sini harga barang dengan satuan berat dihitung berdasarkan berat bersih (neto) dari barang yang dibeli, tanpa perlu membayar berat wadahnya.

bulk store, toko curah ramah lingkungan
Kasir pada BulkSource by The Bulkstore&Co/Foto: Instagram/bulksource

Ada keseruan tersendiri saat kamu berbelanja di bulk store karena konsepnya berbeda dari pasar-pasar biasa. Lihatlah ke sekeliling dan rasakan pengalaman menjadi bagian dari gerakan zero waste. Bagi kamu warga Jakarta dan sekitarnya, yuk, coba kunjungi bulk store berikut ini:

  • BulkSource by The Bulkstore & Co di Menteng, Kemang, dan Darmawangsa
  • Alami Bulkshop di Srengseng Sawah
  • Naked Inc. di Kemang
  • Lulu Hypermart di Cakung, Jakarta Timur (sebagian produk berkonsep bulk store)
  • Saruga Package Free Shopping Store di Jalan Taman Bintaro 1, Sektor 1
  • Toko Curah SELAMA di Jalan Cikabuyutan, Bogor

Untuk info lebih lengkap, cek dan temukan bulk store terdekat di kotamu melalui situs Zerowaste

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id