sign up SIGN UP

Dear Kamu, Sebelum Beli Produk Asuransi Pahami Ini Dulu Biar Nggak Merasa Ditipu!

Fina Prichilia | Selasa, 12 Oct 2021 20:00 WIB
Dear Kamu, Sebelum Beli Produk Asuransi Pahami Ini Dulu Biar Nggak Merasa Ditipu!
caption
Jakarta -

Produk asuransi dapat dimanfaatkan untuk membantu penggunanya di masa yang mendatang. Apakah itu soal kesehatan serta jiwa.

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa seseorang yang sakit berat, biayanya tidak ia tanggung sendiri, melainkan ditanggung oleh asuransi.

Begitu juga asuransi jiwa, misal seorang ayah meninggal, maka anak yang menjadi tanggungannya itu sebagai ahli waris berhak mendapat uang pertanggungan. Sehingga kalau diibaratkan, anak tersebut jadi nggak perlu terpaksa putus sekolah dan biaya sehari-hari masih dapat teratasi, meski orang tuanya sudah tidak ada.

Kelihatannya, produk asuransi memang menarik ya, Beauties. Nah, namun sebelum beli produk asuransi, ada baiknya kamu memahami hal-hal ini dulu:

Penjelasan Selengkap-lengkapnya

AsuransiIlustrasi Asuransi/ Foto: Dana Aditiasari/detikFinance

Sebagai calon nasabah, kamu perlu mendapat penjelasan yang lengkap dari agen. Agen pun juga mesti menjelaskan secara detail.

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara mengungkap, calon nasabah pun dapat merekam penjelasan dari agen ketika ia presentasi produk.

"Saya usulkan kalau bisa semua pembicaraan direkamlah, jadi kalau ada masalah bisa didengarkan ketika agen menjelaskan dan terdengar juga jika calon nasabah sudah jelas dan menyetujui," katanya dikutip dari detikFinance.


Ya, rekaman bisa jadi alat bukti bila di kemudian hari terjadi sengketa, tetapi kamu juga mesti memahami produk yang akan dibeli, ya.

Waspada Mis-Selling!

Kepribadian manusia ini akan meluapkan kemarahannya dengan membentak orang tersebutIlustrasi marah merasa ditipu asuransi. /Foto: pexels.com/Liza Summer/ Foto: Aqida Widya


Ramai dibicarakan, banyak orang yang merasa tertipu dengan produk asuransi. Yakni tidak meng-cover seluruh biaya, ketika dana tersebut lagi dibutuhkan. Menurut pengamat asuransi Irvan Rahardjo, kecurangan yang dilakukan agen asuransi itu biasa terjadi lho, Beauties!

"Ya saya katakan kecurangan, atau bahasa halusnya mis-selling. Mis-selling itu pengelabuan agen atas ketidaktahuan nasabah terhadap produk asuransi. Alih-alih memberi penjelasan, memberi edukasi, memberi literasi kepada nasabah, yang terjadi sebagian besar unit link atau apapun produk asuransi yang berbasis investasi itu yang terjadi adalah mis-selling ya, mengelabui, tipu muslihat," kata dia kepada detikcom.

Rahardjo melanjutkan, biasanya praktik mis-selling dilakukan agen asuransi yang menawarkan produk asuransi berbasis investasi, Beauties. Ini dilakukan karena lagi mengejar target jualan.

Karena itu penting banget untuk kamu bertanya, bahkan nggak masalah deh kalau dibilang sangat cerewet demi sampai memahami produk yang akan kamu beli. Toh, demi kebaikan juga, kan!

------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id