sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati, 5 Tindakan Ini Masuk dalam Jenis Cyberbullying Lho!

Anindya Milagsita | Selasa, 16 Feb 2021 18:15 WIB
Hati-hati, 5 Tindakan Ini Masuk dalam Jenis Cyberbullying Lho!
caption

Berbagai bentuk bullying atau perundungan yang terjadi tak selalu berlangsung di dunia nyata, Ladies. Pada era digital yang serba canggih sekarang, perilaku ini juga marak terjadi lho. Fenomena ini disebut sebagai cyberbullying.

Dilansir dari UNICEF, cyberbullying merupakan perundungan dunia maya yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital. Perilaku ini bisa terjadi di berbagai platform seperti media sosial, aplikasi chatting, game, bahkan di ponsel. Enggak hanya antar individu, perilaku tak wajar ini juga bisa melibatkan kelompok lho.

Lalu seperti apa sih bentuk cyberbullying? Yuk cari tahu lewat artikel berikut!

1. Hate Speech

Mengenal berbagai bentuk cyberbullying yang ada di media sosial.
Jenis-jenis Cyberbullying/sumber: freepik.com/

Bentuk perundungan dunia maya yang satu ini tentu udah enggak asing lagi bagi kamu, Ladies. Jenis cyberbullying ini hampir setiap hari bisa kita temui saat berselancar di sosial media ataupun platform lainnya.

Mengirim pesan atau berkomentar dengan ujaran kebencian termasuk dalam jenis cyber bullying. Hate speech kepada orang lain bisa berpengaruh pada kondisi psikis dan juga mental lho.

2. Menebar Kebohongan

Mengenal bentuk cyberbullying yang terjadi di media sosial.
Jenis-jenis Cyberbullying/sumber: freepik.com/

Nah, jenis cyberbullying yang satu ini termasuk dalam perilaku hoax, Ladies. Menebar kebohongan di sosial media ataupun platform lainnya tentang seseorang yang berujung pada kerugian dari pihak korban, termasuk bentuk perundungan dunia maya lho. Bahkan memposting foto memalukan milik orang lain yang enggak disetujuinya bisa masuk ke dalam jenis cyberbullying.

3. Sengaja Mengucilkan

Mengenal bentuk cyber bullying yang terjadi lewat media sosial.
Jenis-jenis Cyberbullying/sumber: freepik.com/

Tak hanya di sosial media, perilaku cyberbullying juga bisa berjadi di grup chatting lho. Mengucilkan teman atau orang yang dikenal dari grup chat ternyata bagian dari bentuk perundungan dunia maya. Meski terdengar sepele, mengucilkan bahkan mengeluarkan orang lain dari grup chat bisa berdampak psikis bagi yang mengalaminya.

Tak hanya mengucilkan secara langsung, membuat grup chat khusus untuk menebar kebencian terhadap seseorang juga termasuk jenis cyberbullying, Ladies. 

4. Meniru Orang Lain

Mengenal berbagai bentuk perundungan lewat dunia maya.
Jenis-jenis Cyberbullying/sumber: freepik.com/

Maraknya penggunaan sosial media saat ini terkadang justru disalahgunakan oleh orang-orang tertentuSaat berselancar di Instagram, Facebook, Twitter, atau sosial media lain pernahkah kamu menemui sebuah fake account? 

Kalau pemilik fake account tadi meniru seseorang dan mencoba untuk berkomentar jahat bahkan mengancam, perilaku ini masuk dalam bentuk perundungan dunia maya lho.

5. Melakukan Ancaman

Mengenal berbagai jenis perundungan yang ada di dunia maya.
Jenis-jenis Cyberbullying/sumber: freepik.com/

Last but not least, bentuk perundungan dunia maya kali ini udah mencapai tahap meresahkan, Ladies. Mengirim pesan atau komentar dalam bentuk ancaman ternyata masuk dalam cyberbullying lho.

Tak hanya itu, memposting foto maupun video yang bersifat ancaman juga termasuk di dalam jenis cyberbullying. Perilaku ini tentu merugikan korban, baik secara psikis maupun mental. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id