sign up SIGN UP

LIFE

Hindari Penipuan Online Shop Abal-Abal, Simak 5 Tips Berikut Ini Ladies!

Izzul Umami | Rabu, 01 Jul 2020 06:00 WIB
Hindari Penipuan Online Shop Abal-Abal, Simak 5 Tips Berikut Ini Ladies!
Penipuan Online Shop/Sumber:Pexels.com
Jakarta -

Ladies, sering dengar modus penipuan abal-abal yang sering terjadi? Hati-hati, loh. Makin menjamurnya online shop di luaran sana, bikin kamu kudu waspada. Nggak semua online shop bisa kamu percayai gitu aja, loh.

Banyak banget nih di antara kita yang susah membedakan online shop abal-abal dan enggak. Nih, ada 5 tips yang bisa kamu coba agar nggak terkena modus penipuan online shop abal-abal, ya!


1. Online Shop Abal-abal Menghindari Transaksi Via WhatsApp

Online shop abal-abal menghindari WhatssApp
WhatsApp/Sumber:Pexels.com

Online shop yang abal-abal lebih sering menghindari transaksi secara lebih personal via WhatsApp. Online shop ini juga bakalan menghendaki transaksi via aplikasi media sosial, loh!

Kalau dipikir-pikir, nggak masuk akal juga di zaman sekarang orang nggak punya WhatsApp. Biasanya, para penipu online takut nomer ponsel mereka dilacak nomor IP nya! Waspada, ya!

2. Cek Nama Kontak Online Shop di Aplikasi Get Contact

Tampilan website aplikasi Getcontact
Getcontact/Sumber:getcontact.com

Sekarang melacak penipu online makin mudah dengan aplikasi Get Contact, loh! Aplikasi ini sudah tersedia di platform android dan IOS. Tinggal search nomor kontak yang tersedia dan dapatkan informasi seperti apa nomor tersebut dinamai. Tentunya sih, kalau sudah ada riwayat menipu, nama kontaknya bakalan dinamai ‘penipu’ juga loh.

3. Cek Juga Rekening Online Shop Via Website Cekrekening.id

Website cekrekening.id
Cek rekening/Sumber:cekrekening.id

Sebelum melakukan transaksi, sebaiknya kamu juga cek nomor rekening yang digunakan pelaku. Siapa tahu nih nomor rekening yang digunakan merupakan bekas penipuan.

Kunjungi aja website cekrekening.id, dan input nomor rekening yang ingin kamu ketahui detailnya. Bila sudah pernah ada riwayat menipu, nomor rekening akan tertulis ‘pernah dilaporkan'.

4. Cek Seberapa Sering Akun Berganti Nama

Tampilan fitur instagram 'About This Account'
About this account/Sumber:instagram.com

Sudah tahu belum fitur instagram yang berfungsi banget untuk cek apakah suatu online shop abal-abal atau enggak? 

Sayangnya, fitur ini hanya muncul di akun dengan follower besar. Cukup buka profil akun online shop yang ingin kamu cek, klik tanda titik tiga di bagian atas, kemudian pilih ‘About This Profile’.

Online shop yang ketahuan sering berganti nama dengan username yang nggak wajar bisa mengindikasikan penipuan loh.

Gimana nih Ladies, sudah tahu kan cara cek online shop abal-abal atau enggak? Lebih berhati-hati saat berbelanja online, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id