sign up SIGN UP

LIFE

Ini Lho Cara Termudah Untuk Mengurangi Limbah Sampah Rumah Tangga

Astari Dewi Larasati | Kamis, 19 Nov 2020 22:30 WIB
Ini Lho Cara Termudah Untuk Mengurangi Limbah Sampah Rumah Tangga
Cara termudah untuk mengurangi limbah sampah rumah tangga/freepik.com
Jakarta -

Saat ini bumi sudah dipenuhi banyak limbah sampah dan sumbangan terbesar adalah dari rumah tangga. Hal ini berdampak sangat besar pada lingkungan sekitar.

Sudah banyak program untuk meminimalisir sampah termasuk bank sampah yang diadakan oleh pemerintah daerah. Namun ada beberapa cara lain untuk mengurangi limbah sampah rumah tangga seperti berikut ini.

Catat kebiasaan harian

Dengan melakukan daur ulang atau membuang sisa makanan untuk dijadikan sampah kompos.
Catat kebiasaan harian/freepik.com

Saat ingin mengurangi sampah, mungkin ada beberapa rutinitas dan kebiasaan yang membuat sampah menumpuk. Maka dari itu, ada baiknya untuk memerhatikan kebiasaan harian agar melihat perbedaan yang bisa dilakukan.

Misalnya dengan melakukan daur ulang atau membuang sisa makanan untuk dijadikan sampah kompos. Tentunya hal ini sangat berkontribusi mengurangi sampah rumah tangga.

Tetapkan batasan

Melakukan ini akan membantu bumi dari penumpukan sampah lho.
Tetapkan batasan/pinterest.com/kempiizero

Jika memang ingin mengurangi sampah limbah rumah tangga, maka dari berbelanja bulanan sudah bisa menetapkan batasan. Ada beberapa barang yang tidak hanya sekali pakai, namun bisa dipakai berkali-kali. Misalnya serbet kain, sikat gigi, pisau cukur, dan sponge.

Melakukan ini akan membantu bumi dari penumpukan sampah lho. Mulailah kebiasaan kecil ini tapi akan membuat dampak positif yang besar.

Simpan barang

Sebelum membuang barang ke tempat sampah, pikirikan terlebih dulu apa barang bisa digunakan kembali.
Simpan barang/pinterest.com/loryatdesign

Perhatikan barang belanjaan tiap pergi ke supermarket. Simpan barang jika bisa dipakai sampai beberapa kali, salah satunya kaleng kue yang bisa dijadikan toples. Jadi tidak perlu membeli toples lagi untuk menyimpan cemilan.

Sehingga menyimpan barang dapat bisa digunakan kembali lalu menghemat uang pula. Sebelum membuang barang ke tempat sampah, pikirkan terlebih dulu apa barang bisa digunakan kembali.

Beli sekali, pakai dua kali

Makanan tersebut akan terus bisa dikonsumsi hingga tidak tersisa.
Beli sekali, pakai dua kali/freepik.com

Untuk mengurangi sampah rumah tangga bisa juga diterapkan pada makanan yang dibeli. Khususnya bagi wanita yang mempunyai hobi memasak, karena cenderung membuang sampah lebih banyak.

Hal pertama yang dilakukan adalah jika ada makanan sisa jangan dibuang, namun simpan dalam kulkas. Keluarkan setiap kali sedang memasak lalu tambahkan sisa sayuran atau bumbu. Lalu makanan tersebut akan terus bisa dikonsumsi hingga tidak tersisa. Maka dari itu, jadilah kreatif agar sampah berkurang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id