sign up SIGN UP

LIFE

Decluttering 101: Tren Bersih-bersih Kekinian Ini Berikan Perubahan Besar pada Hidupmu!

Nisrina Salsabila | Sabtu, 14 Nov 2020 20:45 WIB
Decluttering 101: Tren Bersih-bersih Kekinian Ini Berikan Perubahan Besar pada Hidupmu!
caption
Jakarta -

Mengingat tinggal satu bulan lagi menjelang akhir tahun, amat menyenangkan bila kita bisa membuat suatu perubahan di sekitar untuk membuang energi negatif dan menyambut tahun yang baru dengan energi positif. Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan decluttering pada kamar tidurmu!

Decluttering ialah kegiatan membersihkan dan menyingkirkan barang-barang yang tidak menambah nilai atau memberikan manfaat kepada pemiliknya. Selain menghemat tempat, decluttering juga menghemat waktu dan energi karena ada lebih sedikit barang yang harus dibersihkan.

Pada dasarnya kamar tidur adalah area untuk melepaskan penat dan mengisi ulang tenagamu. Maka, alangkah baiknya jika kamu memiliki ruang yang cukup lega saat menghabiskan waktu di kamar tidur.

Yuk, cari tahu step by step danĀ tips decluttering pada kamar tidurmu!

Langkah 1: Sortir Barang ke Dalam Tiga Kotak

langkah-langkah decluttering
Kategorikan barang-barang ke dalam tiga kotak/Foto: Pinterest

Gunakan metode tiga kotak untuk membantumu memutuskan barang-barang yang akan disimpan, dibuang atau didonasikan. Untuk setiap barang yang disimpan, kategorikan sesuai fungsi atau warna. Tentukan tempat peletakkannya, seperti laci atau kotak penyimpanan, dan beri label pada semua wadah agar mudah mencarinya.

Untuk barang yang dibuang, pastikan kamu membuangnya sesuai jenis sampah (plastik/non plastik).

Prinsipnya, jika kamu tidak menggunakan suatu barang selama berbulan-bulan, maka sebaiknya simpan barang tersebut di boks atau didonasikan. Bagi barang-barang yang jarang atau tidak pernah kamu pakai dan masih dalam kondisi bagus, ada baiknya kamu pisahkan untuk dijual menjadi barang preloved maupun dihibahkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Langkah 2: Atur Lemari dan Laci Kamarmu

langkah-langkah decluttering
Mengatur tata letak isi lemari dan laci lebih mudah dengan bantuan kotak atau penyekat/Foto: Pinterest

Pakaian, tas, sepatu, buku, dan aksesori adalah jenis-jenis barang yang cenderung banyak dibeli dan bisa dikurangi. Kamu bisa buat daftar peringkat barang yang paling banyak disimpan di kamarmu untuk menentukan barang prioritas yang harus dikurangi.

Lemari pakaian yang rapi akan mempermudahmu dalam memilih pakaian. Taruh baju kotor di tempat cucian dan taruh kembali baju yang telah disetrika ke lemari. Kamu dapat menggunakan kotak kecil atau sekat pemisah untuk menaruh barang-barang kecil, memanfaatkan penyimpanan di belakang pintu, dan gantungan baju yang dapat menampung lebih dari satu pakaian.

Apabila kamu memiliki banyak tas, taruh satu tas di dalam tas lainnya sehingga setiap barang juga berfungsi sebagai unit penyimpanan sendiri.

Langkah 3: Ciptakan Ruangan yang Terasa Lebih Besar

langkah-langkah decluttering
Ruangan yang terasa lega tanpa banyak printilan/Foto: Pinterest

Putuskan dengan baik barang esensial yang akan menjadi item dekorasi untuk ruang tidurmu. Pasalnya, terlalu banyak furnitur hiasan hanya akan menjadi sarang debu.

Pilihlah dekorasi yang memberi efek relaksasi dan kehangatan seperti, lilin aroma terapi, lampu tidur hias, pajangan motivasi, foto bersama orang-orang terdekat hingga tanaman dalam rumah yang bisa menyerap racun.

Langkah 4: Bersihkan Setiap Sudut Kamar

langkah-langkah decluttering
Bersihkan kamar secara rutin minimal 1 bulan sekali/Foto: Pinterest

Setelah ruangan rapi, saatnya untuk bersih-bersih! Bereskan tempat tidur setiap pagi, cuci sprei, sarung bantal, selimut, dan gorden secara rutin, sedot debu pada kasur, bantal, dan karpet.

Kemudian bersihkan semua permukaan di kamar tidur termasuk tempat-tempat yang sulit terjangkau, seperti meja-meja cermin, rak, kaca jendela, bagian atas lemari, hingga langit-langit kamar.

langkah-langkah decluttering
Foto sebelum dan sesudah melakukan decluttering/Foto: Pinterest

ProsesĀ decluttering memang sebaiknya dilakukan secara bertahap sedikit demi sedikit. Kemudian, meminta pendapat orang lain untuk menentukan barang yang harus disingkirkan akan membantumu untuk bisa lepas dari nilai-nilai sentimental yang seringkali melekat pada barang yang sebenarnya tidak terlalu berguna.

Hal yang seru dari kegiatan decluttering adalah kamu bisa membuat foto perbandingan keadaan sebelum dan sesudah dibersihkan. Perasaanmu kelak akan terpuaskan begitu melihat sendiri area yang bisa menjadi rapi dan enak dipandang setelah dibersihkan.

Hal ini akan mendorong kita untuk menjauhkan gaya hidup konsumtif dan pembelian secara impulsif. Semangat melakukan decluttering, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id