sign up SIGN UP

LIFE

Istirahat Sejenak dari Media Sosial, 4 Manfaat Positif akan Kamu Rasakan

Ade Irma Suryani | Selasa, 28 Jul 2020 07:00 WIB
Istirahat Sejenak dari Media Sosial, 4 Manfaat Positif akan Kamu Rasakan
caption

Di zaman yang teknologinya sudah serba canggih seperti saat ini, hadirnya berbagai sosial media (medsos) dapat menghibur dan membuat aktivitas lebih mudah. Meskipun begitu, terlalu sering menggunakan medsos atau bahkan hingga kecanduan juga dapat menimbulkan masalah serius pada kesehatan, seperti stres, gangguan mental, dan gangguan tidur. 

Nah Ladies, jika kamu sudah mulai merasakan banyak toxic yang diakibatkan karena terlalu sering bermain medsos, mulailah untuk beristirahat sebentar dari medsos. Karena akan ada beberapa manfaat positif yang bisa kamu dapatkan seperti berikut ini. 

1. Jadi Lebih Percaya Diri

Rehat sebentar dari sosmed akan membuat lebih percaya diri.
Jadi Lebih Percaya Diri/Foto: Freepik.com

Tak bisa dipungkiri dengan kenyataan saat ini, terlalu sering bermain media sosial seringkali membuat seseorang terjebak oleh rasa iri karena melihat kebahagiaan orang lain. Ketika seseorang merasa dirinya kurang beruntung dan tidak sebahagia dengan keadaan orang lain yang tampak di medsos, maka ia akan kerap membanding-bandingkan hidupnya dengan kehidupan orang lain.


Nah Ladies, jika kamu mengalami hal semacam ini dan mencoba untuk rehat sejenak dari medsos, maka percayalah bahwa hidupmu akan jauh lebih tenang. Kamu pun akan lebih percaya diri dan merasa bersyukur dengan kehidupan saat ini, sehingga kamu tidak ada waktu lagi untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain.  

2. Lebih Produktif dalam Pekerjaan

Dengan mencoba istirahat sebentar dari sosmed, maka dapat lebih produktif dalam pekerjaan.
Lebih Produktif dalam Pekerjaan/Foto: Freepik.com 

Apa selama ini kamu sering merasa pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik sesuai waktunya? Selain mungkin karena banyaknya pekerjaan, coba cek Ladies, jangan-jangan selama ini banyak waktumu yang tercuri karena asik melihat medsos atau meng-update status.

Tak bisa diremehkan, meskipun hanya sekedar mengecek dan melihat-lihat timeline di medsos saat sedang bekerja, hal ini sendiri bisa menyita waktu secara tidak disadari. Tentu saja ini dapat mengganggu produktivitas dalam bekerja, sehingga pekerjaan menjadi lama terselesaikan. 

Dengan mencoba istirahat dari medsos, tentunya kamu akan menjadi lebih produktif dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, hasil pekerjaanmu pun juga akan jauh lebih baik.

3. Interaksi Sosial Lebih Hidup

Istirahat dari sosmed dapat membuat interaksi dengan orang sekitar lebih baik.
Interaksi Sosial Lebih Hidup/Foto: Freepik.com

Adalah sesuatu yang begitu umum saat ini ketika orang-orang lebih banyak berinteraksi di medsos daripada dengan orang di sekitarnya. Tak jarang, saat berkumpul dengan keluarga, teman-teman atau bahkan pasangan, banyak yang lebih sibuk dan asyik dengan gadget masing-masing. Padahal selain dapat mengurangi keintiman, keadaan semacam ini juga dapat merenggangkan hubungan dengan orang di sekitar.

Jika kamu tanpa sadar sering melakukan kebiasaan semacam itu, ada baiknya kamu bisa beristirahat sebentar dari medsos. Saat dirimu lebih fokus dengan quality time bersama orang-orang terdekatmu, maka interaksi sosial yang terjadi akan jauh lebih hidup. Tentunya, kebahagiaan yang kamu dapatkan dari berinteraksi dengan orang-orang sekitar jauh lebih berarti dibandingkan dengan bermain medsos lho, Ladies.

4. Waktu Tidur Lebih Berkualitas

Mencoba untuk istirahat dari sosmed akan membuat waktu tidur lebih berkualitas
Waktu Tidur Lebih Berkualitas/Foto: Freepik.com

Barangkali mungkin kamu cukup sering mengecek notifikasi atau men-scroll beranda medsos sebelum tidur. Padahal tanpa sadar kebiasaan ini bisa saja menghabiskan waktu lebih dari satu jam meski hanya sekadar membalas chat atau melihat status dan postingan orang lain. Tentu saja hal ini juga dapat mengganggu kualitas tidur. 

Di saat kamu mulai beristirahat dari aktivitas medsos yang kurang penting, maka waktu tidurmu di malam hari akan lebih nyenyak dan berkualitas. Disamping itu, kamu pun akan lebih bersemangat bangun pagi dengan tubuh yang bugar. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id