sign up SIGN UP

LIFE

Jalan Ninja Hadapi Writer's Block Untuk Para Penulis

Soffya Ranti | Selasa, 12 Jan 2021 21:00 WIB
Jalan Ninja Hadapi Writer's Block Untuk Para Penulis
Cara Hadapi Writer's Block/ Foto: Freepik.com
Jakarta -

Apa itu writer’s block? Istilah ini memang tak asing lagi bagi para penulis. Untuk kamu yang baru saja mendengarnya, writer’s block merupakan kondisi penulis tidak dapat menuliskan apapun atau dapat dikatakan sebagai kebuntuan penulis. Dalam situasi writer’s block, biasanya penulis akan merasa kesulitan menuangkan ide tulisan maupun melanjutkan tulisan yang dibuatnya.

Bagi para penulis, hal tersebut benar-benar sangat menyulitkan sehingga terkadang akan membutuhkan waktu lama untuk menuangkan sebuah tulisan baru. Lantas, bagaimana cara menghadapi writer’s block yang biasa dialami banyak penulis? Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

Refreshing

Cara Hadapi Writer's Block adalah dengan Refreshing/Freepik.com
Refreshing/Freepik.com

Adakalanya kamu yang terlalu sibuk menulis berbagai konten sampai lupa refresh tubuh dan otakmu sehingga tiba-tiba kamu pun mengalami writer’s block. Sebenarnya, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah istirahat sejenak atau mengambil waktu untuk refreshing sekadar menonton film, pergi ke café, atau tidur agar otak dan tubuhmu merasa istirahat sehingga kamu pun dapat melanjutkan menulis kembali dengan pikiran yang lebih fresh, kreatif, dan optimal.

Membaca Buku

Cara Hadapi Writer's Block adalah dengan Membaca Buku/Freepik.com
Membaca Buku/Freepik.com

Hal selanjutnya kamu bisa lakukan adalah dengan membaca buku apa saja yang kamu gemari. Mulai dari komik, majalah, koran, atau novel. Hal tersebut dapat memberikan dirimu insight baru dengan bertemu berbagai kosa kata baru dari apa yang kamu baca.

Tulis Apa Saja

Cara Hadapi Writer's Block adalah dengan Tulis Apa Saja/Frepeik.com
Tulis Apa Saja/Freepik.com

Coba dengan melakukan corat coret kertas atau tulis apa saja yang ada di pikiranmu. Tulis apa saja atau kata-kata kunci yang terbesit di otakmu. Hal tersebut nantinya dapat kamu kembangkan sendiri dengan beberapa coretan yang kamu lakukan. Kamu juga bisa membuat kerangka dari beberapa coretan yang kamu buat.

Mendengarkan Lagu

Cara Hadapi Writer's Block adalah dengan Mendengarkan Lagu/Freepik.com
Mendengarkan Musik/Freepik.com

Salah satu mengatasi writer’s block dengan refreshing seperti mendengarkan lagu-lagu favoritmu. Kamu juga bisa dengan membuka lirik-lirik lagu yang kamu dengarkan. Dengan membaca lirik tersebut, secara tidak langsung kamu pun menemukan beberapa kosa kata baru dan dapat kamu tulis sementara yang nantinya bisa kamu kembangkan atau riset kembali.

Itulah 4 cara hadapi writer’s block yang cukup sering dialami para penulis. Jika kamu dapat menemukan cara lain, kamu bisa melakukannya Ladies sebagai upaya agar dirimu dapat kembali menuangkan ide-ide kreatif.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id