sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Dipendam, Bilang NO! Buat Hal yang Enggak Kamu Suka

Astari Dewi Larasati | Selasa, 23 Feb 2021 16:30 WIB
Jangan Dipendam, Bilang NO! Buat Hal yang Enggak Kamu Suka
Belajar mengatakan tidak untuk hidup sejahtera/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Hidup tidak enakan akan membuat diri sengsara karena terlalu memikirkan perasaan orang lain tanpa mempertimbangkan perasaan sendiri. Salah satu hal paling penting agar hidup selalu sejahtera dan sehat adalah mengatakan ‘tidak’ pada permintaan yang tidak mendukung dan menginspirasi.

Saling tolong menolong sesama manusia memang perlu, namun hal ini semua tergantung pada situasi. Semua tindakan seseorang harus berdasarkan naluri serta inisiatif. Pada akhirnya, individu proaktif menentukan waktu, perhatian, dan perbuatan yang akan digunakan.

Ketika ada kesempatan untuk membantu orang lain, tanyakan pada diri sendiri “apakah permintaan ini membuat saya merasa bersemangat atau mencapai tujuan hidup?”. Jika menyetujui permintaan yang membuat kesal, inilah saatnya menemukan cara terbaik untuk mengatakan tidak.

Namun, untuk melakukannya butuh usaha dan sulit dicoba. Khususnya wanita yang biasanya harus mengatakan iya, jika menolak akan terkesan sombong, dingin serta kasar. Maka dari itu, perlu melakukanya dengan baik sehingga tidak menyinggung lawan bicara.

Ada cara untuk menolak tanpa membuat orang lain tersinggung serta tetap dihargai dan didengar. Berikut tiga jawaban “tidak” yang ramah.

Tidak dengan cara ini

Coba sesuaikan dengan kemampuan dan jangan langsung menyetujui.
Freepik.com

Terkadang pertolongan seseorang terlalu sulit untuk ditangani. Mulai dari tidak punya waktu, sumber daya, atau minat. Dalam situasi ini, coba sesuaikan dengan kemampuan dan jangan langsung menyetujui. Cara lain untuk mengatakan tidak, bisa dijelaskan dengan merujuk orang tersebut dengan alternatif lain. Siapkan beberapa rencana cadangan untuk menangani masalah.

Tidak sekarang

Jadi prioritaskan segala kebutuhan pribadi terlebih dahulu dibanding orang lain.
Freepik.com

Pilihan lain saat mengatakan tidak adalah dengan mengatakan “jangan sekarang”. Jika sedang sibuk dan tidak bisa diganggu, maka segera tolak. Karena tiap orang mempunyai kesibukan dan tanggung jawab masing-masing. Jadi prioritaskan segala kebutuhan pribadi terlebih dahulu dibanding orang lain. Kalau urusan pribadi selesai, baru bantu orang sekitar.

Tidak, terimakasih

Tidak perlu memberikan alasan yang rasional atau melakukan kebohongan putih.
Freepik.com

Dan terakhir serta paling penting, tidak apa-apa untuk mengatakan “tidak”. Tidak perlu memberikan alasan yang rasional atau melakukan kebohongan putih. Namun, bisa berterimakasih kepada mereka yang telah meminta pertolongan pada kamu. Pastikan jawaban tidak terlalu ramah, penuh perhatian, dan sebisa mungkin membantu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id