sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Merawat Tanaman Alocasia Kalau Belum Tahu 5 Fakta Unik Ini

Dian Aprilia | Jumat, 02 Apr 2021 10:30 WIB
Jangan Merawat Tanaman Alocasia Kalau Belum Tahu 5 Fakta Unik Ini
caption

Tanaman Alocasia termasuk salah satu jenis tanaman hias yang baru-baru ini populer dan digemari banyak orang. Alocasia memiliki 70 jenis yang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tanaman hias ini memiliki daun yang indah serta harga yang masih terjangkau sehingga banyak dilirik orang untuk jadi hiasan di rumah.

Namun sebelum kamu membeli dan merawatnya, sebaiknya kamu perlu tahu karakteristik dan keunikannya, agar tanaman ini bisa tumbuh subur serta tidak mudah mati. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 fakta unik tentang tanaman Alocasia:

Kuping Gajah

Alocasia
Alocasia/pexels.com

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang unik dan lebar yang kerap disebut dengan kuping gajah. Warna daun dan tekstur daunnya juga cukup beragam, mulai dari hijau tua, hijau, silver dan lainnya. Testurnya ada yang halus, licin, dan juga beludru.

Karena daunnya yang cukup lebar maka rentan membuat debu dan kotoran menempel di permukaannya. Untuk itu kamu perlu rajin membersihkan permukaan daun dengan menyemprot atau mengelap dengan kain bersih.

Tidak Aman untuk Binatang

Kucing
Kucing/pexels.com

Nah bagi yang memelihara kucing di rumah, sebaiknya tidak merawat tanaman Alocasia. Sebab tanaman ini mengandung kalsium oksalat yang tidak bisa larut sehingga menyebabkan gagal ginjal pada kucing. Apabila kamu sudah terlanjur membelinya, sebaiknya jauhkan dari jangkauan kucing agar tak mengonsumsi tanaman ini.

Tempat Kesukaan Laba-laba

Laba-laba
Laba-laba/pexels.com

Tanaman ini juga seringkali jadi tempat favorit laba-laba untuk membuat sarang. Hal ini jika tidak segera diatasi, maka daun akan menjadi kuning dan layu. Untuk itu jika menemui sarang laba-laba, di tanaman Alocasia, sebaiknya langsung bersihkan daun dengan dicuci atau di lap bersih menggunakan detergen.

Sangat Suka Pupuk

Alocasia
Alocasia/pexels.com

Tanaman Alocasia juga dikenal sebagai tanaman yang rajin konsumsi pupuk. Sebaiknya kamu mempertimbangkan budget merawat Alocasia dengan memperhitungkan harga pupuk. Sebab, idealnya kamu memberikan pupuk organik cair selama seminggu sekali. Tak hanya itu, kamu juga perlu memberikan vitamin B1 setiap dua hari sekali agar Alocasia bisa tumbuh sehat dan rimbun.

Mudah Busuk Jika Perawatannya Salah

Alocasia
Alocasia/pexels.com

Tanaman Alocasia termasuk tanaman yang rentan busuk jika salah perawatan. Untuk itu, sebaiknya pilih jenis Alocasia yang berdaun tebal karena lebih tahan banting dan mudah dirawat. Alocasia daun tebal tersebut diantaranya adalah Alocasia Silver, dragon scale dan juga black velvet.

Jenis-jenis tersebut cenderung memiliki daya tahan yang lebih baik dan tidak mudah busuk dibandingkan jenis lainnya, sehingga sangat cocok bagi yang baru belajar merawat tanaman hias.

Itulah 5 fakta unik dari tanaman Alocasia yang banyak diminati saat ini. Semoga bisa menjadi panduan sebelum membeli dan merawat tanaman Alocasia.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id