sign up SIGN UP

LIFE

Jenis Tanaman Hias di Dalam Rumah Ini Dijamin Bikin Ruanganmu Instagramable

Nisrina Salsabila | Rabu, 04 Nov 2020 09:00 WIB
Jenis Tanaman Hias di Dalam Rumah Ini Dijamin Bikin Ruanganmu Instagramable
caption
Jakarta -

Tak hanya menampilkan keindahan dengan suasana hijau, tanaman hias juga dapat memberi perasaan tenang dan kesejukan udara. Ada beberapa tips and tricks dalam memilih tanaman hias di dalam rumah. Pertama, tentukan penempatan tanaman hias, seperti pada meja, rak bufet, dekat jendela, pojok ruangan, bahkan menggantungnya di tembok. Kedua, pilih jenis tanaman hias yang membutuhkan sedikit cahaya matahari dan tumbuh tidak terlalu tinggi. Kemudian, kalau kamu kreatif, kamu bisa memanfaatkan wadah bekas semacam botol, kaleng, gelas atau toples untuk dikreasikan sebagai pot tanam. Namun, yang terpenting dari itu semua adalah, kamu harus tetap berkomitmen untuk merawat tanamanmu. Yuk, simak rekomendasi tanaman hias di dalam rumah berikut ini!

1. Monstera

Tanaman hias di dalam rumah
Tanaman monstera/Foto: Pinterest

Tanaman yang daunnya kerap dijadikan properti saat berfoto ini rupanya juga memiliki manfaat bagi kesehatan, loh, Ladies. Monstera dapat menyerap CO2 atau karbon dioksida dan melepaskan oksigen dengan baik saat malam hari. Sehingga, ruangan akan terasa lebih segar di pagi hari. Selain CO2, tanaman ini juga dapat menyerap zat berbahaya lain, salah satunya formalin.

2. Peace Lily

Tanaman hias di dalam rumah
Tanaman peace lily/Foto: Pinterest

Bunga peace lily yang cantik merupakan salah satu tanaman hias terbaik yang cocok untuk dekorasi dalam rumah. Selain penampilan bunganya yang cantik berwarna putih, tanaman ini juga mampu untuk membersihkan udara. Faktanya, peace lily dapat tumbuh subur di bawah cahaya neon, sehingga cocok ditaruh di kamar yang tak terkena sinar matahari.

3. Lidah Mertua

Tanaman hias di dalam rumah
Tanaman lidah mertua/Foto: Pinterest

Ladies tentu sering menjumpai tanaman yang satu ini, kan? Tanaman lidah mertua ini mudah dirawat karena tidak memerlukan sinar matahari langsung dan juga bentuk daunnya memanjang vertikal, sehingga cocok untuk menjadi penghias dalam rumah tanpa memakan ruang. Cukup letakkan lebih dari satu tanaman lidah mertua, maka tanaman ini akan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Pasalnya, tanaman berdaun panjang ini mampu menyerap beberapa racun meliputi trichloroethylene, formaldehyde, toluene, benzene, dan xylene.

4. Lucky Bamboo

Tanaman hias di dalam rumah
Tanaman lucky bamboo/Foto: Pinterest

Tanaman yang batangnya bisa dihias serupa anyaman ini dapat tumbuh di media tanah maupun air. Kalau kamu memilih menumbuhkannya di air, pastikan untuk mengganti airnya setiap 7-10 hari, gunakan air yang disaring bila memungkinkan. Namun jika kamu mengunakan media tanah, cukup siram tanaman ini ketika tanahnya mulai kering. Konon, sesuai namanya, lucky bamboo dapat membawa keberuntungan dan menyeimbangkan 5 elemen feng shui.

5. Dracaena

Tanaman hias di dalam rumah
Tanaman dracaena/Foto: Pinterest

Sama seperti tanaman lidah mertua, dracaena adalah jenis tanaman penyerap debu yang dapat menangkal formalin, trikloroetilen (TCE), toluena, benzena, dan xylol. Tanaman ini berdaun panjang lancip dan umumnya memiliki tepian berwarna putih atau merah. Akan tetapi, dracaena dapat beracun bagi kucing atau hewan peliharaan yang juga tinggal di dalam rumah.

6. Lavender

Tanaman hias di dalam rumah
Tanaman lavender/Foto: Pinterest

Tanaman dengan bunga berwana ungu ini terkenal dari dulu mampu menghalau nyamuk. Selain itu, zat yang dikeluarkan oleh lavender memberikan efek relaksasi sehingga cocok untuk kamu yang sering kesulitan tidur dan sakit kepala. Karena alasan tersebut, lavender ini pun cocok untuk diletakkan di salah satu sudut kamar tidur ataupun ruang bersantai.

7. Tanaman Sukulen

Tanaman hias di dalam rumah
Tanaman sukulen/Foto: Pinterest

Sukulen adalah istilah yang merujuk pada tanaman yang memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jumlah banyak sehingga dapat bertahan pada kondisi kering. Contohnya yaitu kaktus, lithops, echeveria, jade plant, haworthia, dan baby toes. Karena bentuknya yang cantik dan mungil tanaman ini cocok ditempatkan di atas meja. Tanaman bersifat sukulen sangat mudah dirawat karena tidak perlu banyak air dan ditempatkan tidak langsung terkena sinar matahari. Tanaman sukulen kaktus ternyata juga dapat mengurangi efek radiasi pada alat elektronik di sekitarnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id