sign up SIGN UP

Kabar Baik, Peraturan Naik KRL Terkini Semakin Dipermudah Hanya dengan Sertifikat Vaksin!

Rini Apriliani | Sabtu, 11 Sep 2021 19:47 WIB
Kabar Baik, Peraturan Naik KRL Terkini Semakin Dipermudah Hanya dengan Sertifikat Vaksin!
Foto: Kabar Baik, Peraturan Naik KRL Terkini Semakin Dipermudah Hanya dengan Sertifikat Vaksin!/Pradita Utama/Detikcom
Jakarta -

Sejak mengalami kelonjakan kasus Covid-19 yang begitu tinggi pada Juli 2021 lalu, berbagai peraturan pun mengalami perubahan, salah satunya perjalanan naik KRL. Jika sebelumnya kita diwajibkan untuk menunjukkan surat tugas atau surat tanda registrasi pekerja ketika harus melakukan perjalanan, kini semakin dipermudah hanya dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi saja.

Peraturan terbaru ini mulai ditetapkan Sabtu, 11 September 2021. Dimana untuk penumpang yang ingin menaiki KRL cukup dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama di awal pintu masuk stasiun atau dengan melakukan scan kode QR di aplikasi PeduliLindungi. 

Suasana pengecekan sertifikat vaksin Corona di Stasiun Pasar Minggu (Annisa-detikcom)Pengecekan Sertifikat Vaksin di Stasiun/ Foto: Annisa/detikcom

Peraturan ini disampaikan langsung oleh Anne Purba, selaku VP Corporate Secretary KAI Commuter. 

"Hari Jumat (10/9) ini merupakan hari terakhir sosialisasi pemberlakuan wajib vaksin bagi pengguna KRL. Mulai besok seluruh pengguna KRL diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama atau dengan melakukan scan kode QR di aplikasi PeduliLindungi saat akan naik KRL," ujarnya.

Syarat naik KRL terbaru ini sesuai dengan Surat Edaran dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 tentang perubahan ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19.

Anne pun kembali mengatakan jika saat ini STRP, surat keterangan dari instansi atau perusahaan, ataupun dokumen lainnya sudah tidak lagi berlaku. Ia berharap jika penumpang atau pengguna KRL dapat mulai menyiapkan sertifikat vaksin dan kartu identitas lain yang dibutuhkan saat akan masuk ke stasiun.

Penumpang KRL ramai di Stasiun Bekasi, Kamis (12/8/2021) pagi.Penumpang KRL/ Foto: Yogi Ernes/detikcom

Untuk bentuk sertifikat vaksin yang ingin ditunjukkan kepada petugas di stasiun pun dapat beragam bentuk. Baik itu cetak, digital, ataupun melalui scan kode QR dengan aplikasi PeduliLindungi diperbolehkan. 

Walau tak lagi diperketat dengan STRP, namun Anne kembali mengingatkan jika protokol kesehatan secara ketat masih berlaku di stasiun. Seperti penumpang harus melalui pengukuran suhu tubuh, memakai masker ganda, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, lalu tetap jaga jarak dengan pengguna lainnya.

"KAI Commuter kembali mengingatkan kepada para pengguna bahwa aturan mengenai pembatasan jumlah pengguna yang dapat naik KRL masih berlaku. Petugas akan melakukan penyekatan dan antrean di stasiun guna mencegah kepadatan di dalam KRL," kata Anne. 

Dilansir dari Detikcom, terakhir Anne menyarankan untuk penumpang KRL berpergian di luar jam sibuk dan tetap membuka aplikasi KRL Access untuk mengetahui informasi kepadatan di stasiun ataupun posisi kereta terkini.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id