sign up SIGN UP

5 Alasan Penting Mengapa Kamu Perlu dan Harus Mengunduh Aplikasi 'Peduli Lindungi' di Smartphone

Allyoo Ri | Selasa, 17 Aug 2021 08:15 WIB
5 Alasan Penting Mengapa Kamu Perlu dan Harus Mengunduh Aplikasi 'Peduli Lindungi' di Smartphone
caption

Wabah Corona Virus Disease-19 atau Covid-19 yang semakin meluas, membuat semua orang semakin harus waspada. Beragam daya dan upaya dilakukan untuk mengatasi wabah yang tengah mengjangkiti seluruh dunia ini. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, menjadi tiga kebiasaan baru yang diterapkan dalam mencegah penularan Covid-19 yang lebih luas.

Sudah lebih dari setahun, Covid-19 masih belum juga selesai dan justru memerlukan penanganan yang lebih lanjut. Penanganan tersebut dilakukan dari berbagai sisi baik langsung maupun tidak langsung. Satu dari sekian bentuk penanganan yang dilakukan adalah dengan adanya aplikasi pedulilindungi.

Pedulilindungi adalah sebuah aplikasi yang dibuat dengan kerja sama dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kemenkes (Kementrian Kesehatan) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pernah mendengar namanya? Kalau belum, kamu harus segera mengenalnya dan pahami 5 pentingnya meng-install aplikasi pedulilindungi dalam menangani wabah Covid-19. Simak selengkapnya di sini yuk, Beauties!

1. Membantu Pelacakan Penyebaran Virus

Aplikasi pedulilindungi
Aplikasi Pedulilindungi di layar smartphone/CNN Indonesia by Eka Santhika

Melalui aplikasi pedulilindungi, pemeriksaan terkait swab antigen maupun PCR akan diinput dan tertera terkait tempat serta hasil dari test. Hal ini akan memudahkan dalam tracking penyebaran virus, sehingga membantu pemerintah dalam melacak dan menghentikan penyebaran Covid-19.

2. Informasi Zonasi dan Notifikasi Keramaian

Tanda stay safe
Tanda tetap aman/Photo by unsplash.com/@jannerboy62

Melalui aplikasi ini, kamu akan mendapatkan informasi terkait suatu zona. Berada dalam tingkat apa penyebaran virus di suatu zona sangat penting untuk diketahui agar kita dapat lebih waspada dan menghindari tempat tersebut untuk sementara waktu selama tingkat penyebarannya masih tinggi.

3. Pemeriksaan Kesehatan dan Vaksinasi

Disuntik vaksin
Seorang perempuan menerima vaksin/Photo by unsplash.com/@cdc

Terdapat layanan Teledokter yang dapat kamu gunakan untuk berkonsultasi dengan dokter. Tak hanya itu, kamu juga dapat melakukan registrasi program vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi pedulilindungi lho, Beauties!

4. Zona Risiko Paparan Covid-19 Terkini

Layar aplikasi pedulilindungi
Aplikasi Pedulilindungi/Detik.com

Tak hanya mendapat informasi, kamu juga dapat berbagi informasi terkait paparan Covid-19 di lokasi kamu berada. Hal ini akan membantu Pemerintah untuk mengawasi persebaran virus serta membantumu kalau sewaktu-waktu lokasimu masuk ke dalam zona merah.

Untuk penanganan yang cepat, dibutuhkan informasi terkini pula secepat mungkin, dan dapat dilakukan melalui pedulilindungi.

5. Check In-Out Lokasi Hingga Tiket Vaksinasi

Pemeriksaan untuk mencegah penyebaran covid 19
Pemeriksaan terkait pencegahan penyebaran Covid-19/Photo by unsplash.com/@matnapo

Ketika kamu telah mendapat vaksin Covid-19, kamu akan mendapatkan kartu atau QR Code tanda telah divaksin. Ini penting dan akan sangat berguna untuk kamu datang atau pergi ke tempat tertentu yang mulai dibatasi khusus untuk yang telah mendapat vaksin.

Aplikasi pedulilindungi dapat membantumu untuk memindai QR Code dan mengunduh tiket serta sertifikat vaksinasi Covid-19 milikmu.

Beauties, itu dia alasan kenapa kamu perlu dan harus mengunduh aplikasi pedulilindungi. Jangan sampai kamu melewatkan untuk mengunduh aplikasi penting yang satu ini ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id