sign up SIGN UP

Kreatif Banget, Recycle Botol Bekas Skincare yang Gampang Dilakukan

Cynthia Claudia | Selasa, 13 Jul 2021 14:30 WIB
Kreatif Banget, Recycle Botol Bekas Skincare yang Gampang Dilakukan
caption

Begitu banyak program cinta lingkungan yang dilakukan oleh berbagai brand untuk melestarikan lingkungan. Ini termasuk brand skincare ternama di Indonesia yang punya misi untuk menyajikan produk yang ramah lingkungan dan mengurangi limbah plastik untuk menghindari pencemaran lingkungan dengan cara menyajikan program recycle.

Kita sebagai pengguna skincare pastinya sadar bahwa setiap botol skincare yang habis digunakan merupakan limbah plastik yang cukup sulit untuk didaur ulang. Coba bayangkan, berapa banyak plastik yang harus dibuang setiap tahunnya ketika setiap orang di dunia menghabiskan produk skincare mereka? Sebagai individu yang peduli dan cinta lingkungan, yuk kita sama-sama membantu brand skincare yang kita gunakan untuk mengelola botol skincare yang sudah selesai digunakan agar tidak mencemari lingkungan!

Jadikan Pot Tanaman

Pot tanaman
Pot tanaman/ Foto: Pexels/Scott Webb

Cara pertama untuk mengelola botol skincare yang nggak terpakai adalah menjadikannya sebagai pot tanaman di rumah. Beauties bisa pilih tanaman yang tidak butuh perawatan yang ribet dan cocok disimpan di dalam ruangan, seperti kaktus atau sukulen. Tetapi sesekali, tanaman ini juga butuh sinar matahari di luar ruangan jadi sering-sering taruh tanaman ini di luar ya!

Sebelum menggunakan botol-botol skincare sebagai pot tanaman, pastikan kalian telah mencucinya hingga benar-benar bersih! Jika memang 1 botol skincare terlalu kecil untuk menampung sebuah tanaman, kalian bisa mengkreasikan beberapa botol skincare sekaligus untuk menampung satu tanaman dan pupuknya!

Sebagai Wadah Skincare DIY

Recycle sebagai Wadah Skincare DIY
Recycle sebagai Wadah Skincare DIY/ Foto: Pexels/Alesia Kozik

Apakah Beauties suka membuat skincare DIY dari sayuran dan buah-buahan? Jika iya, kalian bisa gunakan botol ataupun jar bekas untuk menyimpan hasil buatan skincare DIY kalian. Pasalnya, buah-buahan dan sayuran yang telah diolah dengan tepat akan memberikan nutrisi yang maksimal untuk kulit wajah kita.

Pastikan kalian memilih botol yang kondisinya masih bagus dan mudah dibersihkan ya, jangan sampai sisa-sisa skincare yang ada di dalam botol masih ada sehingga dapat bercampuran dengan hasil DIY kalian. Untuk botol ukuran kecil, kalian bisa tampung DIY scrub di dalam sana. Sedangkan yang ukurannya lebih besar bisa kalian pakai untuk DIY masker atau toner.

Recycle Kembali ke Brand Skincare Tersebut

Recycle kembali ke Brand
Recycle kembali ke Brand/ Foto: Pinterest

Banyak kumpulan brand di toko-toko retail yang menawarkan program recycle untuk customer-nya. Program ini biasanya memberikan reward bagi konsumen yang telah mengumpulkan botol-botol skincare kosong. Beberapa contoh brand yang menawarkan program ini adalah Kiehls, Innisfree, The Body Shop, dan lain-lain.

Hal yang kalian harus lakukan adalah cukup mengumpulkan botol kosong skincare yang sudah dicuci bersih dan kemudian bawa ke toko-toko retail tersebut. Biasanya konsumen akan menerima reward berupa free travel size produk tertentu (toner, masker, moisturizer, dan lain-lain) yang biasanya tidak dijual, seperti contohnya yang ditawarkan oleh Kiehls. Beauties yang langganan brand skincare tertentu bisa dukung usaha mereka dalam melestarikan lingkungan dan menggunakan produk yang ramah lingkungan, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id