sign up SIGN UP

Lakukan 4 Hal Ini Agar WhatsApp Kamu Lebih Aman dari Peretasan

Hijria Khatimi | Senin, 23 Aug 2021 08:00 WIB
Lakukan 4 Hal Ini Agar WhatsApp Kamu Lebih Aman dari Peretasan
caption

Kasus peretasan akun WhatsApp belakangan ini marak terjadi. Mulai dari orang awam hingga figur publik pernah menjadi korbannya. Aplikasi WhatsApp yang memiliki begitu banyak pengguna, menjadi salah satu alasan mengapa para penjahat siber kerap mengincarnya.

Sebagai pengguna WhatsApp, tentunya kamu nggak mau kan, kalau sampai jadi korban selanjutnya? Agar akun WhatsApp kamu lebih aman dari aksi peretasan, ini 4 cara yang perlu kamu terapkan.

1. Aktifkan Two Step Verification

Two step verification whatsapp
Two step verification whatsapp/techadvisor.com

Two Step Verification adalah fitur yang mengharuskan pengguna memasukkan kode enam angka setiap kali nomor WhatsApp didaftarkan ke perangkat baru. Jika kode enam angka tersebut tak dimasukkan, maka proses login akun WhatsApp di perangkat baru akan gagal.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa melalui menu Setting > Account > Two Step Verification. Pilih opsi Enable, kemudian tentukan enam angka untuk jadi kode rahasia. Disarankan untuk memasukkan email juga, agar bisa melakukan pemulihan jika kamu lupa dengan enam angka yang telah kamu jadikan kode rahasia.

2. Nyalakan Notifikasi Keamanan

Notifikasi keamanan whatsapp
Notifikasi keamanan whatsapp/Foto: Freepik/rawpixel.com

Dengan menyalakan notifikasi keamanan, WhatsApp akan memberitahu kamu jika ada perubahan pada kode keamanan enkripsi WhatsApp. Seperti yang dikutip dari laman resmi whatsapp.com, enkripsi berfungsi untuk mengamankan pesan, foto, video, dokumen, pembaruan status, dan panggilan agar tak jatuh ke tangan yang salah.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara yang mudah, Beauties. Kamu cukup menuju menu Setting > Account > Security. Klik pilihan ‘show security notifications’ hingga tuas yang tersedia berubah menjadi warna hijau.

3. Hindari Memakai Aplikasi WhatsApp yang Tidak Resmi

Whatsapp diretas karena virus
Whatsapp diretas karena virus/Foto: Freepik/rawpixel.com

Saat ini mulai banyak bermunculan aplikasi WhatsApp tak resmi yang dimodifikasi dengan fitur-fitur menarik yang tak dimiliki WhatsApp resmi. Semenarik apapun fitur yang ditawarkan, sebaiknya tak perlu menggunakannya untuk mencegah akun WhatsApp kamu diretas.

Mengutip thesun.co.uk, aplikasi tersebut bisa jadi berisi virus seperti malware atau spyware yang otomatis terpasang di gawaimu. Jika virus sudah terpasang, peretas bisa melancarkan aksinya untuk mengambil alih akun WhatsApp kamu.

4. Jangan Berikan Kode OTP dari WhatsApp kepada Siapapun

Rahasiakan kode otp whatsapp
Rahasiakan kode otp whatsapp/Foto: Pexels/cottonbro

Kode OTP biasanya digunakan sebagai proses verifikasi ketika seseorang berusaha masuk ke suatu akun. Kode ini biasanya dikirimkan melalui SMS ke nomor yang terhubung dengan WhatsApp. Melansir dari CNBC Indonesia, menurut Alfons Tanujaya yang merupakan Pengamat Keamanan Siber dari Vaksincom, peretas akan berusaha mendapatkan kode OTP tersebut.

Menurut Alfons, peretas akan melakukan beberapa cara seperti mengirimkan tautan ke nomor korban, dan mengajak korban untuk mengklik tautan tersebut. Metode lainnya, biasanya peretas akan menelepon korban, berbohong bahwa sang korban telah menang undian, kemudian membujuknya agar menyebutkan kode OTP dari WhatsApp.

Menjaga keamanan akun WhatsApp memang penting banget, Beauties. Mulai sekarang, kamu bisa lebih perhatikan 4 hal di atas agar akun WhatsApp lebih aman dari peretasan.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id