sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan 6 Trik Ini Biar Resolusi Tahun Barumu Gak Cuma Jadi Wacana

Anastasia Martina | Selasa, 12 Jan 2021 13:30 WIB
Lakukan 6 Trik Ini Biar Resolusi Tahun Barumu Gak Cuma Jadi Wacana
caption
Jakarta -

Apakah Ladies sudah membuat resolusi untuk tahun 2021 ini? Menjelang pergantian tahun, membuat resolusi pastinya menjadi kegiatan yang rutin dilakukan. Resolusi yang dibuat biasanya tidak jauh-jauh dari kesehatan, finansial, dan hubungan.

Di awal tahun, mungkin kamu masih semangat untuk menjalankan resolusi tersebut. Tapi kemudian kamu mulai kehilangan semangat beberapa bulan berikutnya sehingga resolusi yang telah dibuat hanyalah tinggal wacana semata.

Nah, untuk menghindarinya, cobalah trik-trik berikut biar resolusi tahun baru Ladies nggak berakhir jadi wacana lagi di tahun ini!

Buatlah resolusi yang spesifik

buatlah resolusi yang spesifik
buatlah resolusi yang spesifik/photo by Jonathan Cosens Photography on Unsplash

Resolusi yang terlalu muluk-muluk dan tidak terukur bisa menurunkan semangat untuk mewujudkannya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya buatlah resolusi yang spesifik dan terukur jangka waktunya. Ladies bisa menggunakan prinsip SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound) untuk membuat resolusi tahun baru yang lebih rinci.

Tuliskan resolusimu

tuliskan resolusimu
tuliskan resolusimu/photo by cathryn lavery on Unsplash

Dilansir dari huffpost.com, berdasarkan penelitian dari seorang profesor psikologi dari Dominican University of California, menuliskan goals dan mimpi membuat kemungkinan tercapainya sebesar 42% dibandingkan yang tidak menulisnya.

Menuliskan resolusi tahun baru bisa membuat kamu bersemangat sekaligus bertanggung jawab untuk merealisasikannya. Tulislah resolusi tahun barumu di tempat-tempat yang mudah terlihat seperti di dekat meja kerjamu atau bisa juga dituliskan di dalam jurnal pribadi yang sekaligus bisa dipakai untuk mengecek progressmu.

Visualisasikan pencapaianmu

visualisasikan pencapaianmu
visualisasikan pencapaianmu/fit body weight loss pinterest account

Setelah menuliskan resolusi yang ingin dicapai, selanjutnya buatlah vision board yang berisi gambar-gambar atau quotes yang mewakili goalsmu. Dilansir dari situs tonyrobbins.com, memvisualisasikan goals dapat meningkatkan fokus dan produktivitas sehingga goals kita lebih mungkin terwujud.

Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat

minta dukungan dari orang-orang terdekat
minta dukungan dari orang-orang terdekat/hancinema.net

Hal yang tak kalah penting agar kamu semangat mencapai resolusi tahun baru adalah dukungan dari orang-orang terdekat. Dukungan mereka sangat berarti untuk mendorongmu mencapai resolusi tahun barumu. Mereka juga bisa memotivasimu untuk bangkit kembali di saat kamu merasa gagal dalam mewujudkan resolusi tahun baru.

Rutin mengevaluasi progress

evaluasi rutin
evaluasi rutin/photo by william iven on unsplash

Langkah selanjutnya untuk mewujudkan resolusi tahun baru adalah dengan rutin melakukan evaluasi. Evaluasi ini sebaiknya dilakukan dalam jurnal pribadi. Dengan rutin mengevaluasi progress, kamu akan tahu pencapaianmu setelah waktu tertentu. Kamu juga bisa menilai manakah langkah yang efektif, apa yang harus ditingkatkan, dan apa yang dapat menghambat kamu dalam mencapai resolusi yang kamu buat.

Rayakan pencapaianmu sekecil apapun

rayakan pencapaianmu
rayakan pencapaianmu/photo by haley phelps on Unsplash

Saat kamu sedang giat-giatnya berusaha mewujudkan resolusi tahun barumu, jangan lupa untuk mengapresiasi dirimu yang telah berhasil membuat perubahan sekecil apapun. Hal ini juga sekaligus untuk memotivasi dirimu dan menentukan langkah selanjutnya untuk mencapai goalsmu. 

Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar resolusi tahun baru Ladies menjadi kenyataan di tahun baru ini. Semangat selalu, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id