sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan 7 Hal Ini yang Akan Membuat Kamu Tetap Sehat dan Bahagia

Intan Dwi | Minggu, 04 Oct 2020 21:30 WIB
Lakukan 7 Hal Ini yang Akan Membuat Kamu Tetap Sehat dan Bahagia
caption

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan oleh orang-orang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan membuat diri sendiri merasa bahagia. Meskipun cara-cara ini terbilang sederhana, tapi masih banyak yang belum tahu kalo cara ini memiliki banyak manfaat yang baik.

Berikut ini, tujuh hal yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan hidup bahagia.

Tersenyum

Bahwa senyuman palsu sebenarnya bisa menipu otak untuk melepaskan hormon tertentu termasuk dopamin dan serotonin.
Tersenyum/unsplash.com

Meskipun hal ini terlihat sepele dan mudah dilakukan, tapi tahukah kamu kalau dengan tersenyum itu akan membuat kamu menjadi lebih baik? Melalui Byrdie, Emma Selby, seorang konsultan perawat klinis di Results Wellnes Lifstyle, mengatakan ada beberapa ilmu  menarik dari senyuman. Bahwa senyuman palsu sebenarnya bisa menipu otak untuk melepaskan hormon tertentu termasuk dopamin dan serotonin.

Hormon dopamin dapat meningkatkan perasaan bahagia kita, sementara pelepasan serotonin dikaitkan dengan berkurangnya stres. Bahkan senyuman yang dipaksakan bisa mengurangi perasaan stres dan kecemasan, sehingga membuat kamu merasa lebih baik.

Ubah Satu Menu Makanan

Jika kamu ingin mencoba makan-makanan yang lebih sehat, kamu enggak harus melakukannya sekaligus.
Mengubah Satu Menu Makanan/pexels.com

Jika kamu ingin mencoba makan-makanan yang lebih sehat, kamu enggak harus melakukannya sekaligus. Coba kamu fokuskan dengan membuat perubahan pada satu kali makan, seperti mengubah menu sarapan kamu.

Kalau biasanya kamu sarapan dengan semangkuk sereal, kali ini coba menukarnya dengan smoothie dengan banyak sayuran hijau. Sarapan yang enak dan sehat itu dengan mengkonsumsi sayuran hijau, serat dan protein. Nantinya lemak itu akan membuat kamu kenyang lebih lama dan tentunya itu akan membuat kamu bahagia.

Pergi ke Luar

Hanya sekedar jalan-jalan di pagi hari setelah kamu bangun dari tidur itu bisa membuat kamu lebih tenang dan sehat.
Pergi ke Luar/pexels.com

Hanya sekadar jalan-jalan di pagi hari setelah kamu bangun dari tidur itu bisa membuat kamu lebih tenang dan sehat. Sinar matahari alami penting untuk mengatur jam tubuh internal dan ritme sirkadian kita. Sehingga secara ketat dapat mengatur metabolisme, tidur dan hormon dalam tubuh kita. Saat siang harinya itu dapat menurunkan kadar melatonin (hormon tidur) dan meningkatkan sensitivitas insulin saat kita makan.

Menikmati udara di luar ruangan juga akan membuat kamu lebih sedikit mengalami kecemasan dan pikiran negatif. Setelah pergi ke luar kamu juga akan mengalami emosi yang lebih positif dan bekerja lebih baik.

Gunakan Visualisasi

Tapi daripada berfokus pada apa yang dirasakan saat ini, kamu bisa visualisasikan diri kamu yang lebih bahagia, sehat dan perhatikan bagaimana perasaan kamu saat ini.
Menggunakan Visualisasi/pexels.com

Cobalah sesekali meluangkan waktu untuk berfokus pada apa yang ingin kamu rasakan. Tapi daripada berfokus pada apa yang dirasakan saat ini, kamu bisa visualisasikan diri kamu yang lebih bahagia, sehat dan perhatikan bagaimana perasaan kamu saat ini.

Salah satunya dengan melakukan olahraga, jika kamu berolahraga secara rutin itu bisa membuat kamu kecanduan dengan perasaan yang kamu miliki. Selain itu kamu juga bisa visualisasikan diri kamu dengan melakukan hobi kesukaan, pokoknya lakukan hal untuk menciptakan kembali perasaan itu.

Lakukan Perawatan Diri

Kamu bisa manjakan diri sendiri dengan rutin melakukan perawatan diri, meluangkan wkatu untuk hal ini juga penting untuk kesehatan dan kebahagiaan kamu.
Lakukan Perawatan Diri/pexels.com

Kamu bisa manjakan diri sendiri dengan rutin melakukan perawatan diri, meluangkan waktu untuk hal ini juga penting untuk kesehatan dan kebahagiaan kamu. Merawat diri dengan serangkaian ritual skincare yang kamu miliki akan membantu kulit kamu tetap sehat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan batu Gua Sha saat malam hari sebelum tidur. Karena batu Gua Sha akan membantu membangunkan wajah yang tampak lelah, mengurangi bengkak bahkan membantu mengeluarkan racun secara alami dari tubuh.

Hidrasi Tubuh

Ini menjadi sesuatu yang sering diabaikan oleh banyak orang, yaitu menghidrasi tubuh.
Hidrasi Tubuh/pexels.com

Ini menjadi sesuatu yang sering diabaikan oleh banyak orang, yaitu menghidrasi tubuh. Dehidrasi ringan bisa memberikan dampak negatif pada konsentrasi, produktivitas, tingkat energi dan cenderung membuat kita makan berlebihan. Jadi, selalu konsumsi air minum sebanyak satu liter air sehari.

Mandi atau Berendam Saat Malam Hari

Lakukan ritual ini di malam hari untuk mengoptimalkan tidur kamu, saat berendam kamu bisa gunakan Epsom salt.
Mandi atau Berendam Saat Malam Hari/pexels.com

Lakukan ritual ini di malam hari untuk mengoptimalkan tidur kamu, saat berendam kamu bisa gunakan Epsom salt. Karena garam ini memiliki kandungan magnesium yang paling baik diserap melalui kulit, bekerja lebih cepat untuk menghasilkan serotonin. Nantinya itu dapat menenangkan kecemasan dan stres yang terjadi sepanjang hari.

Jadi buatlah tubuh kamu berelaksasi agar meningkatkan perasaan sehat secara keseluruhan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavender untuk mencapai titik perawatan diri.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id