sign up SIGN UP

LIFE

Mau Basmi Tikus di Rumah dengan Tuntas? Begini Caranya!

Anisalestari | Minggu, 13 Sep 2020 19:00 WIB
Mau Basmi Tikus di Rumah dengan Tuntas? Begini Caranya!
Membasmi Tikus di Rumah/ Foto: Pexels.com

Tikus merupakan hewan yang kotor dan perlu dibasmi. Keberadaannya di rumah dapat menjadi sumber penyakit, Ladies.

Berbagai bakteri yang terdapat di dalam tubuh tikus dapat menimbulkan berbagai masalah. Di antaranya mengontaminasi makanan, merusak sumber air, dan berbagai penyakit-penyakit lainnya, terutama yang berasal dari urin dan feses tikus.

Nah, apabila sudah terdeteksi ada tikus di rumahmu, segera basmi, ya. Berikut cara ampuh melakukannya!  


Gunakan Bahan Alami 

Bawang menjadi salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membasmi tikus
Gunakan Bahan Alami/Foto: Freepik.com

Ternyata, membasmi tikus di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, Ladies. Salah satunya adalah merica. Bau merica yang pedas dan menyengat akan membuat tikus terganggu sehingga membuatnya pergi.

Kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami lainnya seperti cengkeh, kulit durian, bawang, hingga bubuk kopi. Bahan-bahan ini sensitif untuk penciuman tikus, bahkan membuat mereka mengalami iritasi dan gangguan pencernaan yang akan membuatnya keluar dari rumah. 

Manfaatkan Minyak Esensial 

wanginya yang menyegat membuat tikus tidak suka dengan peppermint
Peppermint oil/ Foto: Freepik.com

Untuk membasmi tikus di rumah, kamu juga dapat memanfaatkan minyak esensial. Pilihlah minyak esensial dengan aroma peppermint karena tidak disukai oleh tikus.

Kamu dapat menyebarkan aromanya menggunakan alat diffuser atau dengan mencelupkan kapas pada minyak esensial, lalu dioleskan pada beberapa area yang sering dilalui oleh tikus. Selain dapat membasmi tikus, minyak esensial juga dapat membuat hunian menjadi wangi dan segar. 

Kapur Barus 

Wanginya yang cukup menyegat membuat kapur barus tidak disukai tikus
Kapur Barus/ Foto: instagram.com/pecintawangikapurbarus

Kapur barus sudah lama dipercaya dapat membasmi tikus di rumah. Letakkan beberapa kapur barus di setiap sudut yang sering dilintasi oleh tikus. \

Agar aman, sebaiknya gunakan sarung tangan saat memegang kapur barus. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan setelah memegang kapur barus ya, Ladies

Gunakan Pembasmi Kimia 

Bila bahan alami tak bisa menumpas tikus gunakan pembasmi kimia seperti racun tikus
Pembasmi Kimia/ Foto: Pexels.com

Ketika bahan alami tidak mampu mengusir tikus di rumah, saatnya kamu beralih menggunakan pembasmi tikus berbahan kimia. Produk ini banyak dijual di pasaran. Kamu bisa menggunakan racun tikus atau lem tikus yang dapat membuat tikus terperangkap.

Gunakan Jasa Profesional 

jasa pembasmi hama profesional memang menjadi solusi untuk membasmi tikus di rumah
Jasa Profesional/ Foto: Freepik.com

Terakhir, jika jumlah tikus sudah parah dan sulit dibasmi, maka sebaiknya gunakan jasa profesional untuk mengusir tikus di rumah. Sebagai hama, tikus berpotensi membuat penghuni di rumah mudah terserang penyakit karena kotoran hasil buang air tikus. Kamu bisa mencari jasa pembasmi tikus atau hama melalui internet maupun media sosial dengan mudah. Dicoba, ya! 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id