sign up SIGN UP

LIFE

Menerima Body Image dengan Positif, Ini Tahap Awal yang Bisa Kamu Lakukan

Marly Azwar | Minggu, 29 Nov 2020 19:45 WIB
Menerima Body Image dengan Positif, Ini Tahap Awal yang Bisa Kamu Lakukan
caption
Jakarta -

Body image merupakan sebuah sikap bagaimana kamu melihat tubuh kamu secara fisik di kaca. Pikiran serta perasaanlah yang mempengaruhi cara pandang kamu. Banyak orang yang khawatir dengan body image-nya. Terkadang, hal ini juga dipengaruhi oleh lingkungan seperti bagaimana seorang teman memandang tubuh kamu. 

Kekhawatiran yang  muncul, umumnya fokus pada berat tubuh, kulit, rambut, bentuk, serta ukuran dari bagian tubuh tertentu. Namun, body image ini tidak hanya dipengaruhi oleh pikiran, perasaan, atau lingkungan saja. Dilansir dari nationaleatingdisorders.org, body image dapat dipengaruhi oleh kepercayaan, pengalaman, dan menggeneralisasikan suatu hal. 

Sepanjang sejarah, masyarakat memberikan seberapa pentingnya sebuah kecantikan pada tubuh seseorang. Masyarakat, media, media sosial, kultur yang populer seringkali membentuk pandangan ini, dan ini akan memberi dampak pada seseorang dalam melihat tubuhnya.

Body image hanya terbagi menjadi dua jenis, positif dan negatif. 

Bagi kamu yang memiliki body image yang positif, kamu akan mengerti dan mengetahui self-worth kamu itu tidak bergantung dengan bagaimana penampilanmu. Kamu merasa bahagia dan nyaman ketika bercermin karena kamu menerima kekurangan yang kamu miliki. Terlepas dari bagaimana masyarakat, media, ataupun keluarga harapkan. 

Dengan memiliki body image yang positif, mampu mempengaruhi kesehatan mental kamu menjadi lebih baik lagi, karena kamu akan merasa lebih bahagia. 

Sementara, bagi kamu yang memiliki body image yang negatif, kamu akan merasa kurang puas pada tubuh dan penampilan kamu. Kamu mudah membandingkan diri kamu dengan orang lain  yang membuat kamu kurang nyaman dan percaya diri terhadap tubuh kamu. 

Hal ini terjadi karena kamu belum bisa menerima kekurangan yang ada pada tubuh kamu. Kamu belum nyaman dan puas dengan bagaimana penampilanmu ketika dilihat oleh masyarakat. 

Jika body image yang negatif masih tertanam pada diri kamu, dapat membawa kamu pada isu kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan kesehatan mental lainnya.

Dilansir dari healthywomen.org, berikut beberapa tips untuk menciptakan body image yang baru, lebih sehat dan lebih realistis. 

1. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang positif. Orang -orang yang mengolok-olok atau secara terus-menerus mengkritik kamu akan memberi energi yang negatif pada kamu dengan mudah. Sehingga membuat kamu menjadi semakin kritis, tidak hanya pada yang lain, tapi pada diri kamu juga.

2. Ambil foto baru dirimu dan buang yang lama. Sementara foto lama akan mengingatkan kamu sudah sejauh apa dirimu melangkah, foto yang baru akan membantu kamu untuk melihat seperti apa kamu sekarang.

Foto yang kamu ambil sekarang, akan membuat kamu sadar seberapa jauh kamu melangkah jika dibandingkan dengan diri kamu yang dulu.
selfie/unsplash.com

3. Ganti pikiran negatif dengan pikiran yang positif. Kapanpun ketika kamu mulai memikirkan hal-hal yang negatif, seperti “Aku benci pahaku,” ganti dengan sesuatu yang kamu sukai pada diri kamu. Misalkan, “Aku terlihat bagus menggunakan rok ini”, atau, “Aku suka karena aku punya kaki yang kuat.”

4. Gunakan pakaian yang membuat kamu nyaman. Buang yang lama, pakaian yang sizenya lebih besar yang menyembunyikan tubuh kamu; sebagai gantinya, gunakan membuat bagian tubuh tertentu yang kamu sukai menjadi lebih menonjol.

gunakan pakaian yang membuat kamu merasa nyaman terhadap tubuh kamu.
comfortable clothes/unsplash.com

5. Perhatikan atas apa yang tubuh kamu dapat lakukan. Ketika berat tubuh kamu turun, perhatikan ketika kamu sedang melakukan hal yang terkesan menjadi lebih mudah.

6. Lakukan hal-hal yang baik pada tubuh dan pikiran kamu. Pergi ke spa, berendam di air hangat, gunakan pakaian yang bagus, atau gunakan parfum kesukaanmu.

Memanjakan diri kamu salah satu cara untuk memperbaiki body image.
go to spa/freepik.com

7. Berpartisipasi dalam aktivitas yang kamu senangi dan sukai. Kamu pantas untuk menikmati hidup secara menyeluruh.

8. Buat daftar hal-hal yang kamu sukai tentang tubuh dan diri kamu. Masukan hal-hal yang kamu butuhkan dan bacalah ketika sedang jatuh.

buat daftar tentang apa yang kamu sukai pada diri dan tubuh kamu.
to do list/freepik.com

9. Berhenti membandingkan diri kamu dengan orang lain. Cintai dan hargai tubuh kamu dan dengan itu hidup kamu akan menjadi lebih sehat. 

Ketika kamu memperbaiki body image-mu dan meningkat juga rasa percaya diri yang ada, kamu mungkin akan menemukan kedekatan yang luar biasa di hubunganmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id