sign up SIGN UP

Mengaku Sebagai Orang yang Introvert? Pasti Kamu Paham Sama Hal Ini

Astari Dewi Larasati | Kamis, 24 Dec 2020 16:30 WIB
Mengaku Sebagai Orang yang Introvert? Pasti Kamu Paham Sama Hal Ini
caption
Jakarta -

Introvert adalah seseorang yang mempunyai dunia sendiri, lebih nyaman menghabiskan waktu sendiri, hingga takut bersosialisasi dengan banyak orang. Mereka akan lebih sedikit berinteraksi sehingga cenderung menjauh dari kerumunan banyak orang.

Namun, tidak semua orang merasakan hal ini akan disebut sebagai seorang introvert. Ada beberapa gejala dan spesifikasi khusus yang harus dikonsultasikan bersama ahli. Berikut ini ada hal yang harus dipahami oleh orang introvert.

Waktu sendiri adalah kebutuhan dasar

Bagi introvert, waktu sendiri adalah kebutuhan dasar untuk bertahan hidup.
Waktu sendiri adalah kebutuhan dasar/freepik.com

Saat introvert berinteraksi dengan banyak orang biasanya akan merasa energi dalam tubuhnya terkuras. Hal ini membuat waktu sendiri adalah kebutuhan dasar untuk bertahan hidup. Selain itu, membuat energi tubuh terisi kembali seperti sedia kala. Jika tidak terpenuhi maka akan menyebabkan kelelahan, emosi yang tidak stabil, dan tidak mampu tampil di depan banyak orang.

Tidak suka menjadi pusat perhatian

Introvert tidak mampu untuk beradu argumen secara spontan dan bertukar pikiran.
Tidak suka menjadi pusat perhatian/freepik.com

Biasanya introvert akan membutuhkan waktu tenang untuk memproses pikiran, jadi mereka akan menghindar agar tidak menjadi pusat perhatian. Sehingga tidak mampu untuk beradu argumen secara spontan dan bertukar pikiran. Jika introvert sedang berada dalam suatu ruangan bersama banyak orang, maka mereka akan lebih memilih berada dalam sudut ruangan sambil memperhatikan atau menjadi pendengar yang baik.

Obrolan singkat dianggap melelahkan

Tidak heran apabila introvert menghindari banyak orang dan tidak pernah memulai pembicaraan.
Obrolan singkat dianggap melelahkan/freepik.com

Introvert merasa paling nyaman ketika berdiam dan tenggelam dalam pikirannya sendiri. Sedangkan jika harus mengobrol walaupun singkat, hanya akan membuat mereka stres dan tertekan. Bahkan mereka akan takut jika berhadapan dengan orang baru yang tidak pernah dikenal sebelumnya. Jadi tidak heran apabila introvert menghindari banyak orang dan tidak pernah memulai pembicaraan.

Panggilan telpon adalah mimpi buruk

Introvert lebih nyaman mengirim pesan dan kecepatan membalasnya sedikit lebih lama.
Panggilan telpon adalah mimpi buruk/freepik.com

Suara dering telpon akan membuat seorang introvert merinding sekaligus ketakutan. Seberapa pentingnya hal itu, mereka tidak akan mengangkat telpon dan berbicara dua arah. Padahal berbicara di telpon bukanlah interaksi langsung atau tatap muka. Introvert lebih nyaman mengirim pesan dan kecepatan membalasnya sedikit lebih lama.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id