sign up SIGN UP

LIFE

Mitos dan Fakta Seputar Puasa di Bulan Ramadan

ira syafira | Selasa, 20 Apr 2021 10:30 WIB
Mitos dan Fakta Seputar Puasa di Bulan Ramadan
caption
Jakarta -

Umat Muslim sudah dipertemukan Kembali dengan bulan Ramadan, dimana pada bulan ini umat Muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Berpuasa sendiri memiliki beragam manfaat untuk Kesehatan, lho.

Kamu pasti sering mendengar berbagai nasihat dari orang mengenai puasa, tentang hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Namun, kebanyakan nasihat tersebut hanya sebatas mitos belaka yang kemudian dipercaya banyak orang tanpa tahu latar belakang kebenarannya. Banyak mitos yang beredar bahwa puasa bisa berdampak buruk bagi Kesehatan tubuh kita. Apa mungkin itu semua benar?

Nah, supaya kamu bisa menjalankan puasa dengan lancar dan tenang, sebaiknya kamu mengetahui benar atau tidaknya mitos-mitos seputar puasa tersebut. Berikut beberapa mitos dan fakta yang telah dirangkum oleh Beautynesia, yuk cek kebenarannya disini.

1. Tidak Melakukan Olahraga Saat Sedang Berpuasa

foto: Olahraga saat puasa/freepik.com
foto: Olahraga saat puasa/freepik.com

Tidak berolahraga di bulan puasa hanyalah sebuah mitos belaka. Faktanya, tubuh yang tidak bertenaga selama bulan puasa memang seringkali membuat kira malas untuk berolahraga. Tidak jarang yang menyarankan untuk mengurangi aktivitas fisik untuk sementara selama berpuasa.

Namun, anjuran tersebut tidak bisa dibenarkan. Berolahraga selama puasa masih bisa kamu lakukan, asal kamu sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh kamu. Pilihlah olahraga yang ringan dan kamu sukai, atau bisa berolahraga dengan teman agar lebih bersemangat dan menyenangkan. Untuk waktunya, kamu bisa lakukan olahraga menjelang waktu berbuka atau 3-4 jam usai sahur.

2. Berbukalah dengan yang Manis

foto: Berbuka dengan yang Manis/instagram.com/emmahakim7
foto: Berbuka dengan yang Manis/instagram.com/emmahakim7

Kamu pasti sering mendengar di iklan di televisi yang mengatakan, “berbukalah dengan yang manis”. Tapi tunggu, kamu harus perhatikan seberapa banyak makanan manis yang kamu konsumsi. Ketika puasa, kadar gula darah memang cenderung menurun. Jika kamu berbuka dengan makanan bersantan seperti kolak pisang, bisa-bisa lambungmu akan kaget karena bukan hanya manis, tapi juga mengadung lemak dan karbohidrat yang tinggi.

Jadi hal ini hanya mitos saja, ya.  Sebaiknya memang lebih aman jika kamu berbuka dengan segelas air putih hangat, agar sistem tubuhmu bekerja dengan baik. Kemudian dilanjut dengan sebutir kurma, lalu bebas mengonsumsi makanan lainnya.

3. Tidak Sahur, Tidak Jadi Masalah

foto: Tidak Sahur Tak Apa/freepik.com
foto: Tidak Sahur Tak Apa/freepik.com

Hal ini sering terjadi, banyak orang menyepelekan sahur ketika berpuasa. Alasannya pun beragam, padahal akibatnya dapat mempengaruhi nutrisi dalam tubuh. Membekali diri ketika sahur dapat membangun metabolism dan kecukupan oksigen, sehingga tubuh memiliki cukup energi untuk beraktivitas.

Jika kamu melewatkan sahur, maka tubuh akan kekurangan energi serta nutrisi, dimana badan akan menjadi mudah lelah, tak bertenaga, mengantuk, dan akhirnya produktivitas harimu saat itu menurun.  Selain itu, kamu pun juga lebih berisiko jatuh sakit. Jadi, jangan pernah lewatkan sahur ketika berpuasa.

4. Berbuka dengan Minuman Dingin

Foto: Air Dingin/freepik.com
Foto: Air Dingin/freepik.com

Sebagian orang pasti ingin berbuka puasa dengan minuman dingin, karena menganggap itu akan terasa lebih segar untuk melepas dahaga. Akan tetapi hal ini tidak dianjurkan. Perbedaan suhu air dingin dengan air tubuh akan berakibat buruk, tubuh membutuhkan  waktu untuk menyeimbangkan suhu air terlebih dahulu.

Suhu tubuh ketika berpuasa cenderung lebih hangat, jadi sebaiknya batalkan puasa dengan air biasa atau air hangat. Air putih hangat bisa langsung diserap oleh sel tubuh dan tidak akan berdampak buruk. So, biasakan berbuka dengan air hangat mulai sekarang ya!

5. Tidak Perlu Mengonsumsi Suplemen Selama Puasa

foto: Konsumsi Suplemen/id.pinterest.com
foto: Konsumsi Suplemen/id.pinterest.com

Konsumsi suplemen ketika berpuasa bukanlah hal yang salah. Ketika kamu sering melewatkan waktu sahur dan tidak mengatur pola gizi seimbang, tubuh akan berisiko kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi dapat membuat tubuh melemah, kurang produktif, dan mudah sakit. Ditambah lagi dengan kegiatan harianmu yang mungkin terlalu padat.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen. Seperti suplemen yang mengandung vitamin B kompleks (terdiri dari B1, B2, B3, B6, B7, B9, dan B12), serta vitamin C untuk lambung tetap terjaga. Suplemen-suplemen ini akan membatu tubuhmu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sakit perut hingga menjaga kesehatan jantung.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id