sign up SIGN UP

LIFE

Aman dan Sehat, Ini 6 Tips Puasa untuk Ibu Hamil Agar Kuat Sampai Buka Puasa

Dian Aprilia | Senin, 19 Apr 2021 16:45 WIB
Aman dan Sehat, Ini 6 Tips Puasa untuk Ibu Hamil Agar Kuat Sampai Buka Puasa
caption

Aman gak sih jika ibu hamil tetap menjalankan puasa? Menjalankan puasa di saat sedang hamil memang memiliki manfaat dan resiko tersendiri.

Risiko yang bisa dialami diantaranya adalah tubuh terasa lemas, pusing, sakit kepala, dehidrasi bahkan pingsan. Sementara itu, manfaat yang bisa didapatkan adalah memperbaiki metabolisme tubuh, mengurangi risiko diabetes, menjaga kesehatan jantung dan mengontrol berat badan.

Risiko puasa saat hamil sebenarnya bisa diantisipasi jika ibu hamil menjalankan program puasa dengan disiplin, aman dan juga sehat. Berikut beautynesia.id telah merangkum 6 tips puasa yang sehat dan aman untuk ibu hamil agar kuat sampai buka puasa.

Sahur dengan Makanan Berkuah

Makanan berkuah
Makanan berkuah/pexels.com

Alih-alih memilih menu sahur yang berlemak dan bersantan, sebaiknya pilih menu berkuah yang sehat. Contohnya adalah sop, soto, sayur bening, sayur asam dan lainnya. Selain dipenuhi dengan sayuran yang sehat dan bergizi, sayuran ini juga bisa memasok kebutuhan cairan harian. Jadi ibu hamil akan terhindar dari dehidrasi saat siang hari.

Konsumsi Makanan Karbohidrat Kompleks

Nasi merah
Nasi merah/pexels.com

Selanjutnya pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Misalnya nasi merah, nasi cokelat, ubi, kentang, oat, gandum, dan kacang-kacangan. makanan karbohidrat kompleks ini mengandung lebih banyak serat, mineral dan juga vitamin untuk tubuh.

Sehingga bisa memberikan energi maksimal dan ekstra kepada ibu hamil. Jadi ibu hamil akan merasa kenyang lebih lama dan tetap berenergi selama berpuasa.

Penuhi Kebutuhan Protein

Telur
Telur/pexels.com

Kebutuhan protein harian saat sedang hamil adalah 40-70 gram. Jadi usahakan ibu hamil memenuhi konsumsi protein sejumlah kebutuhan tersebut. Kamu bisa memilih berbagai makanan seperti telur, tahu, seafood (ikan, kepiting, kerang), daging, ayam, dan kacang-kacangan.

Protein memiliki peranan penting untuk membuatmu tetap berenergi selama puasa. Sebab protein bisa membuatmu kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat atau makanan yang mengandung gula tinggi.

Hindari Makanan Manis dan Berlemak Saat Sahur

Ayam goreng
Ayam goreng/pexels.com

Usahakan untuk tidak makan makanan manis dan berlemak saat sahur. Sebab makanan berlemak bisa memicu masalah lambung seperti GERD. Sementara itu makanan manis bisa membuatmu merasa lemas, capek dan mudah mengantuk saat puasa. Jadi lebih baik, jadikan makanan manis dan berlemak sebagai menu buka puasa. Meski begitu sebaiknya batasi porsinya agar tidak berlebihan dan berakibat buruk pada kesehatanmu dan janin yang dikandung.

Konsumsi Camilan Sehat

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan/pexels.com

Ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang biasa. Untuk itu, selain menu makanan utama, sebaiknya lengkapi pula dengan konsumsi camilan sehat. Hal ini akan memasok energi cadangan selama berpuasa. Jadi membuatmu tidak mudah lemas, pusing atau bahkan pingsan.

Ada berbagai camilan sehat yang bisa kamu pilih, seperti halnya buah-buahan, kacang-kacangan, roti gandum dan lainnya. Sesuaikan dengan selera dan kesukaanmu.

Lengkapi dengan Susu

Susu
Susu/pexels.com

Ibu hamil memang tidak diwajibkan untuk minum susu, jika pola makan sudah sehat dan mencukupi. Namun apabila kamu masih ragu, menambahkan susu dalam menu harian juga bisa mendukung pemenuhan kebutuhan kalsium dan vitamin D.

Itulah tips puasa yang aman dan sehat untuk ibu hamil. Sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa atau tidak di bulan Ramadan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id